Sepakbola
Share this on:

The Citizen Dominan, Blaugrana Merata

  • The Citizen Dominan, Blaugrana Merata
  • The Citizen Dominan, Blaugrana Merata

LONDON - Laga final Piala Dunia 2018 baru dihelat 15 Juli. Namun, "juara" sudah bisa diketahui sejak sekarang. Ya, Inggris menjadi kampiun untuk ajang yang digeber di Rusia tersebut.

Tunggu dulu. Juara di sini bukan juara Piala Dunia. Melainkan empat klub Premier League masuk 10 besar klub penyumbang pemain terbanyak event empat tahunan itu. Manchester City jadi nomor satu dengan 16 pemain disusul Chelsea (12 pemain), Tottenham Hotspur (11), dan Manchester United (11).

Jumlah tersebut jauh lebih besar dari La Liga yang diwakili Real Madrid (15), Barcelona (14), dan Atletico Madrid (9). Padahal, Real dan Atleti adalah kampiun Liga Champions dan Liga Europa musim lalu.

Dilansir dari BBC, eks bek timnas Jerman dan Bayern Muenchen Philip Lahm mengatakan bahwa Pep Guardiola adalah otak dari dominasi City musim lalu yang berimbas kepada banyaknya pemain mereka ke Rusia. Menurut dia, Pep bisa membuat tim yang dipolesnya memilliki kemampuan ekstra untuk lebih siap menyongsong pertandingan.

''Idenya (untuk tim dan pertandingan, Red) luar biasa. Jujur, sangat menyenangkan pernah bisa bekerja sama dengannya,'' kata Lahm yang pernah dilatih Pep di Bayern pada 2013-2016.

Pernyataan Lahm memang benar. Hampir semua pemain City yang dipanggil timnas masing-masing adalah pilar inti Pep. Mungkin, hanya Leroy Sane pemain City yang moncer musim lalu namun gagal ke Rusia.

Beberapa pemain yang baru pulih dari cedera panjang seperti Ilkay Guendogan (Jerman), Benjamin Mendy (Prancis), dan John Stones (Inggris) juga berangkat ke Rusia. Bahkan, kapten Vincent Kompany yang masih cedera paha pun tetap disertakan pelatih Roberto Martinez ke Belgia.

Beda City, beda Barcelona. Meski "hanya" menempatkan 14 pemain di Piala Dunia, tim polesan Ernesto Valvered itu berhasil mencatatkan rekor luar biasa. Barca menjadi tim pertama dalam sejarah yang mengirimkan pemainnya menjadi wakil di delapan grup Piala Dunia.

Di grup A, ada Luiz Suarez bersama Uruguay. Berturut-turut ada Andres Iniesta, Sergio Busquets, Gerard Pique, dan Jordi Alba di grup B di Spanyol. Untuk grup C, nama Samuel Umtiti dan Ousmane Dembele untuk timnas Prancis.

Grup D terdapat dua penggawa yang mewakili Barca, yakni Messi di Argentina dan Ivan Rakitic bersama Kroasia. Grup E ada Paulinho dan Philippe Coutinho. Sedangkan untuk grup F, G, dan H masing-masing diwakili satu pemain, yakni Marc Andre Ter-Stegen (Jerman), Thomas Vermaelen (Belgia), dan Yerry Mina (Kolombia). Lima dari 14 pemain tersebut berstatus personel anyar Barca yang baru bergabung musim lalu, termasuk Coutinho dan Dembele.

''Dalam empat bulan terakhir, Coutinho sangat aktif di dalam tim. Namun, Dembele masih sangat muda dan memiliki talenta luar biasa yang semakin berkembang musim depan,'' puji presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. (io/jpg)

Berita Sebelumnya

Singo Edan Jauhi Zona Degradasi
Singo Edan Jauhi Zona Degradasi

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Langkah Awal Real Madrid Lampaui Blaugrana

Langkah Awal Real Madrid Lampaui Blaugrana

''Krisis Real Madrid hanya berlaku di Spanyol,'' ucap pelatih Kashima Antlers Go Oiwa dalam konferensi pers tadi malam.


Blaugrana Menangi Saga Transfer 11 Jam

Blaugrana Menangi Saga Transfer 11 Jam

AS Roma boleh saja jago dalam menjual pemain.


Der Panzer Antisipasi jika Oezil Cedera

Der Panzer Antisipasi jika Oezil Cedera

Lini tengah Jerman dihuni demikian banyak pemain berkualitas dan merata.


Persebaya Tumbang di Kandang

Persebaya Tumbang di Kandang

Penguasaan bola dominan dan peluang lebih banyak dengan catatan 18 tembakan, belum cukup membawa Persebaya Surabaya terhindar dari kekalahan.


El Barca Bisa Tanpa La Pulga

El Barca Bisa Tanpa La Pulga

Barcelona mencetak banyak gol tanpa Lionel Messi? La Blaugrana sudah mampu membuktikannya ketika mengalahkan Malaga 2-0 (10/3).


Kualitas Merata, Luis Milla Bingung Tentukan 23 Pemain

Kualitas Merata, Luis Milla Bingung Tentukan 23 Pemain

Kualitas para pemain Timnas U-22 yang mengikuti pemusatan latihan di Bali sejak 30 Juni lalu, ternyata sangat merata.


Jelang El Clasico, Barca Seri Lagi

Jelang El Clasico, Barca Seri Lagi

Barcelona dan Real Madrid akan melakoni laga El Clasico besok. Tensi laga ternyata menggoyahkan La Blaugrana (julukan Barca).


Selangkah Lagi, Moreno Menuju The Citizen

Selangkah Lagi, Moreno Menuju The Citizen

Sudah menjadi rahasia umum bila seorang pemain moncer di sebuah event akbar pasti akan menarik beberapa klub besar untuk merekrutnya.


Kekuatan Hunggaria Kini Lebih Merata

Kekuatan Hunggaria Kini Lebih Merata

Hungaria sudah lama sekali absen di pentas sepak bola mayor. Tepat tiga dekade silam, Hungaria kali terakhir tampil di Piala Dunia 1986 Meksiko.


Di Premier League, Guardiola Harus Lebih Tahan Banting

Di Premier League, Guardiola Harus Lebih Tahan Banting

Josep ?Pep? Guardiola pelatih hebat. Setidaknya dia sudah menguasai La Liga bersama Barcelona dan membawa Bayern Muenchen semakin dominan.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!