Sepakbola
Share this on:

Timnas Akan Maksimalkan Set Piece

  • Timnas Akan Maksimalkan Set Piece
  • Timnas Akan Maksimalkan Set Piece

JAKARTA - Kemarin pagi, skuad Garuda menjalani latihan pemungkas di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi. Sore harinya, Hansamu Yama Pranata dkk langsung bertolak ke Singapura untuk menjalani laga pertama menghadapi skuad asuhan Fandi Ahmad, Jumat (9/11) mendatang.

Pada latihan kemarin, Bima Sakti lebih banyak menekankan set piece. Dari sepak pojok, ataupun tendangan bebas, dari posisi bertahan maupun menyerang. “Tujuannya agar semua pemain mengerti posisinya sat ada situasi seperti itu, dan sudah ditentukan tanggung jawab masing-masing,” terang Bima.

Dari 23 pemain yang menjalani pelatnas kali ini, sebelumnya Stefano Lilipaly mengalami problem di tumitnya. Namun, tiga hari terakhir dia juga sudah intensif berlatih dengan pasukan Garuda yang lain. Dalam hal ini, Bima menyatakan sudah mendapatkan daftar 11 pemain utama yang akan diturunkan nantinya.

Demikian pula dengan posisi kapten. Komposisi skuad saat ini 80 persen merupakan skuad Asian Games. Saat itu, Hansamu didapuk pelatih Luis Milla memimpin skuad. Padahal di situ ada pemain senior macam Beto Goncalves, Stefano, ataupun Andritany Ardhiyasa.

Namun, Bima punya banyak opsi. Mantan gelandang Timnas itu menyebut beberapa nama lainnya, seperti Hansamu, Andritany, M. Fachrudin, Evan Dimas bahkan winger yang baru bergabung Andik Vemansah.

“Semua berpeluang, kami umumkan di Singapura,” bebernya.

Khusus untuk aspek set piece, Indonesia punya beberapa algojo tendangan bebas yang menjadi andalan. Hampir semua gelandang Timnas Garuda punya kualitas mumpuni menghandle tendangan bebas. Termasuk Andik, yang sempat menghebohkan dengan tendangan bebasnya di edisi 2012 lalu, saat menghadapi Singapura.

“Saya sampaikan ke pemain, harusnya setiap hari ada porsi latihan (set piece, Red),” sebutnya. Di sisi lain, postur tinggi beberapa pemain Singapura menjadi perhatian tersendiri. Di lini belakang ada Irfan Fandi yang punya postur 188 cm, juga bek veteran, Baihakki Khaizan dengan 190 cm.

Gelandang Timnas Garuda, Bayu Pradana merupakan salah satu pemain yang punya set piece bagus. Utamanya saat latihan kemarin. Namun, dia tetap memberikan respek kepada skuad Singapura. “Mungkin salah satu kelebihan mereka (Singapura, Red), mereka punya striker tinggi ya,” sebut gelandang dari Mitra Kukar tersebut. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Timnas U-23 Optimis Kalahkan Thailand U-23

Timnas U-23 Optimis Kalahkan Thailand U-23

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 bakal menjalani laga perdana babak Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 Grup K menghadapi Thailand U-23.


Belgia vs Rusia Buru Start Sempurna

Belgia vs Rusia Buru Start Sempurna

Belgia akan menjamu Rusia di pertandingan pertama Grup I kualifikasi EURO 2020 di King Baudouin Stadium, Brussels, Belgia, Jumat (23/3) dinihari pukul 02.45 WIB


Hari Ini, Indra Sjafri Coret Satu Pemain Timnas U-23 Lagi

Hari Ini, Indra Sjafri Coret Satu Pemain Timnas U-23 Lagi

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23, Indra Sjafri belum memutuskan 23 pemain yang akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.


Ujian Skuat Muda Jerman

Ujian Skuat Muda Jerman

Usai Piala Dunia 2018, Jerman akan memainkan laga internasional pertamanya.


Timnas U-23 Siap Terbang ke Vietnam

Timnas U-23 Siap Terbang ke Vietnam

Timnas Indonesia U-23 semakin matang. Saat ujicoba melawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (17/3), Timnas U-23 menang meyakinkan 3-


Milan Optimis, Inter Dibayangi Inkonsistensi

Milan Optimis, Inter Dibayangi Inkonsistensi

Stadion San Siro akan menjadi saksi laga Derby della Madonnina antara AC Milan vs Inter Milan pada dalam lanjutan pekan 28 Serie A, Senin (18/3).


Timnas Dapat Pelajaran Berharga dari Negeri Kanguru

Timnas Dapat Pelajaran Berharga dari Negeri Kanguru

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia senior melakukan persiapannya menjelang laga uji coba internasional menghadapi Myanmar 25 Maret 2019, mendatang.


Arsenal Optimis Kejar Agregat Dua Gol

Arsenal Optimis Kejar Agregat Dua Gol

Wakil Inggris Arsenal akan menjamu Rennes di Emirates Stadium pada leg kedua babak 16 besar Europa League, Jumat (15/3) dinihari, pukul 03.00 WIB.


Prediksi Bayern vs Liverpool, Waspadai Ledakan Lewandowski

Prediksi Bayern vs Liverpool, Waspadai Ledakan Lewandowski

Dua raksasa Eropa, Bayern Munchen dan Liverpool, akan kembali bersua menjalani laga kedua, babak 16 besar Liga Champions, Kamis (14/3) dini hari WIB.


Saddil Mulai Ikut Latihan, Egy Masih Ditunggu

Saddil Mulai Ikut Latihan, Egy Masih Ditunggu

Dua pilar Timnas U-23, Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri yang kini bermain di luar negeri siap membela Merah Putih.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!