Sepakbola
Share this on:

Timnas U-16 Segera Gelar Training Camp

  • Timnas U-16 Segera Gelar Training Camp
  • Timnas U-16 Segera Gelar Training Camp

JAKARTA - Sebagai persiapan menjelang turnamen AFF U-16, Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 bakal menggelar pemusatan latihan (pelatnas) atau training camp (TC). Menurut pelatih kepala Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti, pemusatan latihan untuk Garuda Jaya itu bakal segera digelar di lapangan National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, Bojongsari, Jawa Barat, pada Senin, 13 Mei 2019, mendatang.

"Iya, tanggal 13 kita sudah mulai menggelar pelatnas untuk Timnas Indonesia U-16 di Sawangan, Depok," ungkap Bima Sakti saat dihubungin Fajar Indonesia Network (FIN) melalui pesan singkat pada Kamis (9/5) kemarin.

Mantan pemain nasional Indonesia itu menyebutkan bahwa dirinya akan menggelar pelatnas dengan memanggil 45 pemain untuk tahap pertama TC. "Kami akan menyeleksi 45 pemain untuk tahap pertama TC. Namun, untuk nama-nama pemainnya kita akan umumkan lebih lanjut," tutur pelatih yang bernama lengkap Bima Sakti Tukiman itu.

Bima Sakti menjelaskan alasan dirinya belum bisa mengumumkan 45 pemain yang akan menjalani pelatnas tersebut. Menurutnya, saat ini tim pelatih yang dikepalai olehnya masih mempersiapkan para pemainnya terlebih dahulu.

Akan tetapi pelatih kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976 itu membocorkan bahwa para pemain yang akan diikuti sertakan dalam pelatnas sekaligus seleksi itu berasal dari kompetisi PSSI Elite Pro Academy U-16.

"Saat ini kita masih sedang mengumpulkan dan mempersiapkan nama-nama pemainnya terlebih dahulu. Akan tetapi, rata-rata pemain itu berasal dari kompetisi PSSI Elite Pro Academy U-16. Jadi untuk pemain, kita mendapatkan informasi dan masukan dari pelatih-pelatih lainnya," terang Bima Sakti.

Dalam ajang AFF U-16 yang bakal bergulir pada 27 Juli 2019, Indonesia sendiri tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina. Laga perdana skuat Garuda akan berhadapan dengan Vietnam pada tanggal 27 Juli 2019 mendatang.

Selain untuk turnamen AFF U-16 itu, Timnas Indonesia U-16 juga dipersiapkan untuk ajang Kualfikasi Piala AFC U-16 2020. Pada ajang ini, Indonesia sendiri bertindak sebagai tuan rumah.

Namun, dari hasil drawing atau undian pembagian grup yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5) kemarin, Indonesia tergabung dalam G bersama China, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepualauan Mariana Utara.

Grup yang diisi oleh lima tim akan memulai kualifikasi pada 14 September, diikuti oleh grup dengan empat tim pada 18 September. Semuanya fase kualifikasi berakhir pada tanggal 22 September. Nantinya juara grup dan empat runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020. Satu lagi negara peserta adalah tuan rumah yang lolos otomatis.

Menanggapi hasil drawing ini, Bima Sakti mengaku sangat mewaspadai seluruh lawan yang berada dalam grup G tersebut. Menurutnya, lawan-lawan timnya di Grup tersebut terbilang cukup merata. "Melihat hasil pengundian ini, saya rasa grup ini kompetitif. Semua lawan harus diwaspadai," tutur pelatih yang semasa karirnya sebagai pesepakbola bermain sebagai gelandang itu.

"Dalam grup ini tak ada satu-pun tim yang bisa diremehkan. Mereka semua memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, saya saat ini ingin fokus bagaimana membangun tim agar mampu bersaing di turnamen tersebut," sambung Bima Sakti.

Sebelum menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti pernah menanangani Timnas Indonesia senior babak penyisihan Grup B menuju semifinal Piala AFF 2018. Namun sayang dalam ajang tersebut Bima gagal mengejar perolehan poin yang dimiliki oleh Thailand dan Filipina di klasemen Grup B Piala AFF 2018 tersebut.

Alhasil skuad Garuda terhenti di ajang itu, Bima Sakti pun digantikan oleh Simon McMenemy. Namun, diwaktu bersamaan penunjukkan Simon sebagai pelatih Timnas Indonesia Senior, Bima Sakti diminta PSSI untuk menanganai Timnas Indonesia U-16.

Kesempatan yang diberikan induk sepak bola Tanah Air itu diakuinya akan dimanfaatkanya untuk bisa memberikan hasil yang maksimal. Bima pun mengaku akan memulai tahap demi tahap untuk membangun tim nasional U-16 yang solid.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan PSSI ini, saya akan memaksimalkan kepercayaan yang diberikan ini. Saya pikir ini hal baru untuk kami yang dipercaya untuk membentuk tim yang solid dari tahapan fisik ke tahapan berikutnya," tuturnya.

Oleh sebab itu, mantan asisten pelatih Persiba Balikpapan itu mengaku akan menggeber program pelatnas meski di bulan ramadhan ini. Menurutnya, bulan Ramadan tidak akan menganggu jadwal latihan yang telah disusunnya denga matang. "Bulan puasa saya rasa tidak menjadi halangan bagi kami untuk melaksanakan TC, saya sudah membuat jadwal latihan yang tepat untuk para pemain," tukas Bima Sakti. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pukul Bayu Gatra, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Senior

Pukul Bayu Gatra, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Senior

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia Simon McMenemy mengambil keputusan tegas.


Tiga Nama Bersaing Rebut Ballon d'Or

Tiga Nama Bersaing Rebut Ballon d'Or

Teka-teki siapa peraih gelar pemain terbaik Eropa atau Ballon d'Or di musim 2018-2019 sedikit demi sedikit terjawab.


Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas Indonesia U-18 bakal menghadapi Myanmar di laga terakhir babak penysisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (


Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 lagi-lagi meraih kemenangan pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18.


West Ham vs Man City, Laga 150 Juta Pound

West Ham vs Man City, Laga 150 Juta Pound

Mempertahankan gelar memang lebih sulit ketimbang merebutnya.


Timnas U15 Tak Ciut Nyali Hadapi Thailand U15

Timnas U15 Tak Ciut Nyali Hadapi Thailand U15

Timnas U-15 Akan Menghadapi Thailand U15 di semifinal Piala AFF U-15 2019.


Liverpool Harus Segera Berbenah

Liverpool Harus Segera Berbenah

Kekalahan Liverpool dari Manchester City di Community Shield menjadi tamparan keras bagi pelatih The Reds Jurgen Klopp.


Rumit dan Terlalu Mahal, Neymar Tetap di Paris

Rumit dan Terlalu Mahal, Neymar Tetap di Paris

Tak terbantahkan, saat ini Neymar Jr ingin segera hengkang dari klubnya Paris Saint Germain (PSG)


Atasi Filipina, Timnas U15 Wajib Menang di Laga Terakhir

Atasi Filipina, Timnas U15 Wajib Menang di Laga Terakhir

Timnas U15 berhasil mencabik-cabik Filipina lewat kemenangan telak empat gol tanpa balas alias 4-0.


Rotasi Pemain, Garuda Muda Bidik Kemenangan

Rotasi Pemain, Garuda Muda Bidik Kemenangan

Timnas U-15 bakal menjalani laga keempat babak penyisihan Grup A Pila AFF U-15 menghadapi Filipina U-15, Jumat (2/8) sore.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!