Sepakbola
Share this on:

Timnas U-19 Masih Jauh dari Harapan

  • Timnas U-19 Masih Jauh dari Harapan
  • Timnas U-19 Masih Jauh dari Harapan

BOGOR - Timnas Indonesi U-19 harus segera berbenah menjelang Piala AFC U-19 2018 pada 18 November nanti. Pada laga terakhir PSSI Anniversary U-19 Tournament di Stadion Pakansari, Bogor, tadi malam, Garuda Nusantara kalah telak 0-3 oleh Tiongkok U-19.

Kelemahan Rachmat Irianto dkk terlihat betul tadi malam. Salah satunya adalah antisipasi bola mati. Itu terlihat dalam gol Guo Tianyu menit ke-38 dan Liu Chaoyang menit ke-44. Lalu, satu gol lainnya yang dicetak Wang Jingze pada menit ke-65 karena serangan balik.

Kekalahan itu jadi cambuk keras bagi pelatih timnas U-19 Indra Sjafri. Sebab, target tembus empat besar dan masuk Piala Dunia U-20 tahun depan di Polandia akan sulit terealisasi melihat permainan anak asuhnya tadi malam. Terlalu bertahan dan masalah penyelesaian akhir juga tidak kunjung terselesaikan dengan baik.

Indra pun mengakui hal tersebut. Dia memang meminta anak asuhnya bermain sedikit bertahan di area tengah. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi skill dan umpan-umpan terukur lawan. ’’Kami bertarung di daerah itu, rebut bola di situ. Sebab, kalau terlalu mundur lagi lebih berbahaya,’’ paparnya.

Pria berusia 55 tahun itu memang sengaja banyak menunggu. Strateginya tadi malam mengandalkan serangan balik efektif yang selama ini selalu diberikan kepada anak asuhnya ketika latihan. ’’Tapi memang belum maksimal di pertandingan ini,’’ jelasnya.

Indra menegaskan, pertandingan lawan Tiongkok U-19 memberinya banyak pelajaran. Salah satunya adalah waspada bola mati. Dua gol dari Tianyu dan Chaoyang berawal dari sepakan pojok. ’’Jangan banyak-banyak set piece dan corner kick. Lawan di Piala AFC nanti pasti lebih bagus untuk bola udaranya dibandingkan lawan tadi,’’ paparnya.

Selain itu, anak asuhnya juga terlalu lama memegang bola. Umpan-umpan pendek tidak berjalan dengan baik. Seharusnya, bola terus mengalir agar lawan tidak mudah merebutnya. ’’Ini menjadi evaluasi kami. Juga untuk memilih 23 pemain dari 30 pemain yang ada, Evaluasi tim yang benar-benar bagus sebelum Piala AFC,’’ tuturnya.

Pelatih Tiongkok U-19 Cheng Yaodong mengungkapkan Indonesia lawan cukup sulit. Dia benar-benar mendapat banyak pelajaran, walau malam kemarin menang telak. ’’Kami juga sadar lawan dari ASEAN akan sulit di Piala AFC nanti, tapi kami akan mempersiapkannya dalam 2-3 minggu terakhir,’’ ujarnya. (rid/ham/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Kali Pertama Messi Dukung Ronaldo
Kali Pertama Messi Dukung Ronaldo

Berita Sejenis

Indonesia Buta Kekuatan Vanuatu

Indonesia Buta Kekuatan Vanuatu

Timnas Indonesia bakal melakoni laga persahabatan FIFA A Match menghadapi timnas Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6) malam ini.


Imbangi Bali United, Skema Timnas U-23 Mulai Padu

Imbangi Bali United, Skema Timnas U-23 Mulai Padu

Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 gagal meraih kemenangan saat menjajal salah satu peserta klub Liga 1 Indonesia musim 2019, Bali United.


Jajal Bali United, Timnas U-23 Cari Komposisi yang Pas

Jajal Bali United, Timnas U-23 Cari Komposisi yang Pas

Menang telak 5-0 atas Filipina di laga terakhir Merlion Cup (9/6), belum memuaskan Indra Sjafri .


Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Kiprah Timnas Putri Thailand di fase penyisihan grup Piala Dunia Wanita 2019 berakhir tak mengenakkan.


Senyumi Rayuan dari CR7

Senyumi Rayuan dari CR7

Ternyata Cristiano Ronaldo memegang peran ganda di Estadio Do Dragao, Porto, Senin (10/6) dinihari WIB, lalu.


Gawat, Brasil Minus Neymar dan Arthur

Gawat, Brasil Minus Neymar dan Arthur

Jelang bergulirnya Copa America 2019, kabar buruk terus menimpa timnas Brasil.


Gagal Juara Lagi, De Ligt Kecewa

Gagal Juara Lagi, De Ligt Kecewa

Bintang timnas Belanda Matthijs De Ligt tak bisa menyembunyikan kekecewaannya usai final UEFA Nations League, Senin (10/6) dinihari, kemarin.


Tetap waspadai Estonia, Meski Bukan Lawan Sepadan

Tetap waspadai Estonia, Meski Bukan Lawan Sepadan

Timnas Jerman akan meladeni Estonia di Opel Arena, Mainz, dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2020 Grup C, Rabu (12/6).


Siap Akhiri Tren Negatif

Siap Akhiri Tren Negatif

Tim Nasional (Timnas) Indonesia bakal melakoni laga uji coba Internasional (FIFA Matchday) menghadapi Timnas Yordania, Selasa (11/6) malam ini.


Lloris Masih Dibayangi Trauma

Lloris Masih Dibayangi Trauma

Trauma Wanda Metropolitano, Madrid, kembali menghinggapi kiper sekaligus Le Capitaine timnas Prancis, Hugo Lloris.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!