Sepakbola
Share this on:

Timnas U-23 Belum Mampu Antisipasi Set Piece

  • Timnas U-23 Belum Mampu Antisipasi Set Piece
  • Timnas U-23 Belum Mampu Antisipasi Set Piece

HANOI - Timnas Indonesia U-23 gagal lolos ke putaran final Piala Asia U23 AFC 2020. Melawan Vietnam di laga Grup K di stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam tadi malam, Indonesia kalah dengan skor tipis 0-1.

Adalah Trieu Viet Hung yang menjadi mimpi buruk bagi Indonesia. Pemain timnas Vietnam U-23 itu melesakkan gol lewat sundulan di menit ke-90+3. Dengan kekalahan ini, membuat Indonesia belum mengoleksi satu poin pun dari dua laga Grup K dan harus tersingkir dari persaingan.

Pertandingan terakhir Indonesia kontra Brunei Darussalam pada Selasa (26/3) tidak akan berpengaruh. Pasalnya, Thailand dan Vietnam berada di puncak klasemen sementara setelah mengemas enam poin dari dua pertandingan yang memastikan mereka lolos ke Piala Asia U-23 tahun 2020.

Melawan Vietnam tadi malam, pelatih tim nasional U-23 Indonesia Indra Sjafri merotasi posisi kiper, bek hingga gelandang. Tak ada lagi nama kiper Awan Setho, Rachmat Irianto, kapten Andy Setyo, Saddil Ramdani dan Gian Zola yang bermain saat Indonesia kalah 0-4 dari Thailand, Jumat (22/3).

Mereka digantikan oleh Satria Tama, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho (kapten), Witan Sulaeman dan Sani Riski.

Sementara Vietnam, menurunkan pemain andalannya seperti kiper Bui Tien Dung, bek Nguyen Thanh Chung dan gelandang sekaligus Nguyen Quang Hai. Hasilnya, strategi Indra Sjafri ini tidak berjalan mulus. Indonesia justru tertekan sejak menit pertama oleh serangan-serangan Vietnam.

Namun, solidnya lini belakang Indonesia membuat Vietnam gagal membuat gol meski setidak-tidaknya mereka memiliki dua peluang emas. Garuda Muda juga mengalami hal yang sama.

Satria Tama dan kawan-kawan hanya membuat satu tembakan tepat sasaran sepanjang babak pertama yaitu melalui tendangan bebas Muhammad Luthfi Kamal di menit ke-31. Sayang, tembakannya berhasil diblok oleh kiper Vietnam yang juga bermain di Piala Dunia U-20 pada tahun 2017, Bui Tien Dung.

Setelah itu, bola banyak berkutat di lini tengah. Itu membuat skor 0-0 tetap bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda. Di babak kedua, baik Indonesia maupun Vietnam semakin menggencarkan serangan untuk menghadirkan gol. Namun, mesin gol mereka sama sama macet.

Garuda Muda tercatat hanya membuat dua tembakan tepat ke gawang di 45 menit kedua yaitu melalui percobaan Egy Maulana (54') dan Marinus Wanewar (61'). Di menit akhir pertandingan, pada menit ke-90+3, Vietnam akhirnya berhasil mencetak gol melalui sundulan gelandang Trieu Viet Hung memanfaatkan umpan tendangan sudut. Gol itulah yang kemudian mengubur mimpi Indonesia.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan, permainan Indonesia sebenarnya sudah seperti yang direncanakan. Dia menyayangkan gol Vietnam dari situasi bola mati.

"Ini pertandingan yang sangat menarik. Respons kami oke terhadap permainan Vietnam. Sayangnya kami kebobolan lewat set piece, bukan open play. Game plan kami sebetulnya berjalan baik, begitu juga dengan pergantian (pemain)," kata Indra Sjafri kepada wartawan. (wsa/fin/zul)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Indonesia Buta Kekuatan Vanuatu

Indonesia Buta Kekuatan Vanuatu

Timnas Indonesia bakal melakoni laga persahabatan FIFA A Match menghadapi timnas Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6) malam ini.


Imbangi Bali United, Skema Timnas U-23 Mulai Padu

Imbangi Bali United, Skema Timnas U-23 Mulai Padu

Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 gagal meraih kemenangan saat menjajal salah satu peserta klub Liga 1 Indonesia musim 2019, Bali United.


Jajal Bali United, Timnas U-23 Cari Komposisi yang Pas

Jajal Bali United, Timnas U-23 Cari Komposisi yang Pas

Menang telak 5-0 atas Filipina di laga terakhir Merlion Cup (9/6), belum memuaskan Indra Sjafri .


Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Kiprah Timnas Putri Thailand di fase penyisihan grup Piala Dunia Wanita 2019 berakhir tak mengenakkan.


Verratti Pastikan Italia Belum Pernah Kalah

Verratti Pastikan Italia Belum Pernah Kalah

Italia berhasil mempertahankan rekor sempurna dalam kualifikasi Euro 2020.


Gawat, Brasil Minus Neymar dan Arthur

Gawat, Brasil Minus Neymar dan Arthur

Jelang bergulirnya Copa America 2019, kabar buruk terus menimpa timnas Brasil.


Gagal Juara Lagi, De Ligt Kecewa

Gagal Juara Lagi, De Ligt Kecewa

Bintang timnas Belanda Matthijs De Ligt tak bisa menyembunyikan kekecewaannya usai final UEFA Nations League, Senin (10/6) dinihari, kemarin.


Tetap waspadai Estonia, Meski Bukan Lawan Sepadan

Tetap waspadai Estonia, Meski Bukan Lawan Sepadan

Timnas Jerman akan meladeni Estonia di Opel Arena, Mainz, dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2020 Grup C, Rabu (12/6).


Siap Akhiri Tren Negatif

Siap Akhiri Tren Negatif

Tim Nasional (Timnas) Indonesia bakal melakoni laga uji coba Internasional (FIFA Matchday) menghadapi Timnas Yordania, Selasa (11/6) malam ini.


Belum Layak Dihargai Rp1,8 Triliun

Belum Layak Dihargai Rp1,8 Triliun

Bukanhanya Cristiano Ronaldo yang ditunggu penampilannya pada semifinal Nations League antara Portugal dan Swiss kemarin.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!