Sepakbola
Share this on:

Timnas Uji Potensi Pemain Baru

  • Timnas Uji Potensi Pemain Baru
  • Timnas Uji Potensi Pemain Baru

Muhammad Ridho.

JAKARTA - Memperkuat Timnas Indonesia menjadi keinginan terbesar Muhammad Ridho, kiper Borneo FC. Kesempatan itu terwujud saat pemusatan latihan Timnas U-23 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 yang dimulai kemarin di Jakarta.

Nama Ridho mulai mencuat saat tampil apik kala turun di Liga 1 2017 lalu. Bersama Nelson Alom, Ridho menjadi pemain yang baru dipanggil pada era pelatih Luis Milla Aspas.

Pencapaian dia hanya kalah dari kiper Persija, Andritany Ardhiyasa. Ridho tampil dalam 30 laga bersama Borneo FC, 11 di antaranya dengan prestasi clean sheet.

Tak cukup sampai di situ, Ridho juga tampil dengan 104 kali penyelamatan sepanjang musim 2017. Sedangkan Andritany mengemas 14 kali clean sheet dan 92 kali penyelamatan dari 33 pertandingan.

Agenda internasional timnas Indonesia pada akhir 2017 lalu, juga menjadi incaran Ridho. Sayangnya, saat itu, pelatih Luis Milla Aspas belum tertarik menggunakan jasa pemain kelahiran Pekalongan 27 tahun yang lalu.

Pada TC kali ini, ada empat kiper yang diberikan kesempatan, yakni Satria Tama, Kurniawan Kartika Aji, M. Ridho, dan Andritany. Sayangnya, Anditany belum bergabung, karena mengikuti konvoi juara Piala Presiden bersama Persija Jakarta.

Dari 26 pemain Timnas U-23 yang dipanggil, hanya Andritany dan Rezaldi Hehanusa yang belum bergabung. Secara kualitas empat pemain yang ada saat ini punya kualitas yang mumpuni.

Ridho misalnya, walaupun tidak sempat turun di Piala Presiden, pemain yang sebelumnya beredar di Liga 2 itu menjadi pilihan utama timnya untuk tampil di Piala Gubernur Kaltim 2018. Sedangkan dua kiper lainnya, Satria Tama dan Kartika Aji menjadi pilihan klubnya masing-masing, Madura United dan Arema FC.

“Senang akhirnya bisa masuk Timnas, walaupun saya terbilang senior, saya juga ingin belajar dengan kiper yang ada,” terang Ridho. Terkait program latihan, ada sedikit beda yang dia rasakan ketimbang di Borneo FC. “Di sini agak ringan, tetapi variasi latihannya sama,” lanjutnya.

Khusus Nelson Alom, gelandang bertahan itu bakal bersaing dengan Muhammad Hargianto, Muhammad Arfan, dan Hanif Abdurrauf Sjahbandi. Keempat pemain tersebut merupakan gelandang bertahan utama di klubnya. Secara usia, Nelson merupakan yang paling senior ketimbang ketiga pemain yang ada.

Usianya sudah menginjak 27 tahun. Tetapi performa Alom bersama Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2018 menjadi salah satu acuan tim pelatih. Dari empat kali pertandingan di Piala Presiden, Alom hampir tidak tergantikan.

Dia hanya sekali bermain tidak full time, saat Persebaya melakoni laga pembuka grup C melawan PS TNI (sekarang PS TIRA), 18 Januari lalu. Bima Sakti, asisten pelatih Timnas U-23 melihat adanya potensi dari pemain yang baru dipanggil.

“Mereka punya prospek bagus ke depan, semoga bisa cepat connect dengan yang lain,” ujarnya.

Pada hari pertama latihan kemarin, empat pemain Bali United, Ilija Spasojevic, Ricky Fajrin, Yabes Roni, dan I Made Andhika Wijaya menjalani latihan terpisah. Pelatih berikan kebijakan, karena mereka main pada final Piala Presiden, Sabtu malam (17/2).

Satu pemain lain yang menjalani latihan terpisah yakni, Osvaldo Haay, winger Persebaya Surabaya yang mengalami masalah di paha kanan luar. Sementara itu, pada latihan kali ini, TC Timnas U-23 dan U-19 berlangsung beriringan.

Kemarin, Timnas U-19 berlatih lebih dahulu pukul 14.00 WIB, satu jam berikutnya berlangsung latihan Timnas U-23. Bima Sakti sudah diberikan mandat PSSI untuk menjadi nahkoda Timnas U-19.

Dia rencananya dibantu, Christian Gonzales dan Mukti Ali Raja di tim kepelatihan. Namun, hanya Mukti yang kemarin sudah bergabung dengan tim. Meskipun demikian, secara program, asisten Luis Milla di Timnas U-23, Miguel Gandia (pelatih fisik), dan Eduardo Perez Moran (pelatih kiper).

Pada latihan kemarin, keduanya juga turut menjalankan program. Kebijakan itu semata untuk mensinkronkan filosofi bermain yang diusung Luis Milla. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Cedera Hamstring, Marcelo Susul Kroos
Cedera Hamstring, Marcelo Susul Kroos

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

City Dapat Kompensasi Terbanyak

City Dapat Kompensasi Terbanyak

16 pemain Manchester City tampil di Piala Dunia 2018 lalu. Brasil dan Inggris menjadi negara yang memiliki pemain City terbanyak dalam skuadnya.


Tahun Depan, Belanda Harus Kerja Keras

Tahun Depan, Belanda Harus Kerja Keras

Entah mimpi apa Ronald Koeman. Dua hari terakhir, dia selalu menerima kabar kurang menyenangkan terkait tugasnya sebagai tacticus timnas Belanda.


Situasi Berbeda Pemain Pengganti

Situasi Berbeda Pemain Pengganti

Dua pemain Paris Saint-Germain (PSG) Adrien Rabiot juga Dani Alves mengawali pertandingan dengan status pengganti.


Messi Gaji, CR7 Pendapatan

Messi Gaji, CR7 Pendapatan

Siapakah pemain dengan gaji tertinggi saat ini? Lionel Messi-lah orangnya. Messi mendapat bayaran Rp1,61 triliun per tahun.


Rapat Exco PSSI tanpa Ketum

Rapat Exco PSSI tanpa Ketum

”Wartawan harus baik, wartawan harus baik.” Itulah chant yang terdengar lantang dari suporter yang menyaksikan timnas Indonesia versus Filipina.


Bima Sakti dan Pelatih Timnas di Asia Tenggara Njomplang

Bima Sakti dan Pelatih Timnas di Asia Tenggara Njomplang

Tak hanya reputasi yang timpang. Gaji yang diterima Bima Sakti dengan dua pelatih top di grup B Piala AFF 2018 juga sangat timpang.


Timnas Tersingkir, Beri Pesan buat PSSI

Timnas Tersingkir, Beri Pesan buat PSSI

Bima Sakti sudah pasrah dengan desakan mundur dari kursi timnas. Dia juga siap untuk melepas jabatan tersebut.


Persiapan Buruk, Kasihan Bima dan Pemain

Persiapan Buruk, Kasihan Bima dan Pemain

”Kasihan Bima Sakti, jadi korban. Masih muda minim pengalaman,’’ kata Ferril Raymond Hattu, kapten timnas Indonesia saat merebut emas pada SEA Games 1991.


Indonesia Tersingkir dari Piala AFF

Indonesia Tersingkir dari Piala AFF

Masih ada satu pertandingan timnas Indonesia pada Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta (25/11) melawan Filipina, tapi sudah tak lagi berguna.


Hanya Evaluasi dan Recovery

Hanya Evaluasi dan Recovery

Timnas Indonesia sudah menggelar latihan kembali pasca kekalahan atas Thailand di Stadion Rajamangala pada 17 November lalu.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!