Sepakbola
Share this on:

Timnas Uji Potensi Pemain Baru

  • Timnas Uji Potensi Pemain Baru
  • Timnas Uji Potensi Pemain Baru

Muhammad Ridho.

JAKARTA - Memperkuat Timnas Indonesia menjadi keinginan terbesar Muhammad Ridho, kiper Borneo FC. Kesempatan itu terwujud saat pemusatan latihan Timnas U-23 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 yang dimulai kemarin di Jakarta.

Nama Ridho mulai mencuat saat tampil apik kala turun di Liga 1 2017 lalu. Bersama Nelson Alom, Ridho menjadi pemain yang baru dipanggil pada era pelatih Luis Milla Aspas.

Pencapaian dia hanya kalah dari kiper Persija, Andritany Ardhiyasa. Ridho tampil dalam 30 laga bersama Borneo FC, 11 di antaranya dengan prestasi clean sheet.

Tak cukup sampai di situ, Ridho juga tampil dengan 104 kali penyelamatan sepanjang musim 2017. Sedangkan Andritany mengemas 14 kali clean sheet dan 92 kali penyelamatan dari 33 pertandingan.

Agenda internasional timnas Indonesia pada akhir 2017 lalu, juga menjadi incaran Ridho. Sayangnya, saat itu, pelatih Luis Milla Aspas belum tertarik menggunakan jasa pemain kelahiran Pekalongan 27 tahun yang lalu.

Pada TC kali ini, ada empat kiper yang diberikan kesempatan, yakni Satria Tama, Kurniawan Kartika Aji, M. Ridho, dan Andritany. Sayangnya, Anditany belum bergabung, karena mengikuti konvoi juara Piala Presiden bersama Persija Jakarta.

Dari 26 pemain Timnas U-23 yang dipanggil, hanya Andritany dan Rezaldi Hehanusa yang belum bergabung. Secara kualitas empat pemain yang ada saat ini punya kualitas yang mumpuni.

Ridho misalnya, walaupun tidak sempat turun di Piala Presiden, pemain yang sebelumnya beredar di Liga 2 itu menjadi pilihan utama timnya untuk tampil di Piala Gubernur Kaltim 2018. Sedangkan dua kiper lainnya, Satria Tama dan Kartika Aji menjadi pilihan klubnya masing-masing, Madura United dan Arema FC.

“Senang akhirnya bisa masuk Timnas, walaupun saya terbilang senior, saya juga ingin belajar dengan kiper yang ada,” terang Ridho. Terkait program latihan, ada sedikit beda yang dia rasakan ketimbang di Borneo FC. “Di sini agak ringan, tetapi variasi latihannya sama,” lanjutnya.

Khusus Nelson Alom, gelandang bertahan itu bakal bersaing dengan Muhammad Hargianto, Muhammad Arfan, dan Hanif Abdurrauf Sjahbandi. Keempat pemain tersebut merupakan gelandang bertahan utama di klubnya. Secara usia, Nelson merupakan yang paling senior ketimbang ketiga pemain yang ada.

Usianya sudah menginjak 27 tahun. Tetapi performa Alom bersama Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2018 menjadi salah satu acuan tim pelatih. Dari empat kali pertandingan di Piala Presiden, Alom hampir tidak tergantikan.

Dia hanya sekali bermain tidak full time, saat Persebaya melakoni laga pembuka grup C melawan PS TNI (sekarang PS TIRA), 18 Januari lalu. Bima Sakti, asisten pelatih Timnas U-23 melihat adanya potensi dari pemain yang baru dipanggil.

“Mereka punya prospek bagus ke depan, semoga bisa cepat connect dengan yang lain,” ujarnya.

Pada hari pertama latihan kemarin, empat pemain Bali United, Ilija Spasojevic, Ricky Fajrin, Yabes Roni, dan I Made Andhika Wijaya menjalani latihan terpisah. Pelatih berikan kebijakan, karena mereka main pada final Piala Presiden, Sabtu malam (17/2).

Satu pemain lain yang menjalani latihan terpisah yakni, Osvaldo Haay, winger Persebaya Surabaya yang mengalami masalah di paha kanan luar. Sementara itu, pada latihan kali ini, TC Timnas U-23 dan U-19 berlangsung beriringan.

Kemarin, Timnas U-19 berlatih lebih dahulu pukul 14.00 WIB, satu jam berikutnya berlangsung latihan Timnas U-23. Bima Sakti sudah diberikan mandat PSSI untuk menjadi nahkoda Timnas U-19.

Dia rencananya dibantu, Christian Gonzales dan Mukti Ali Raja di tim kepelatihan. Namun, hanya Mukti yang kemarin sudah bergabung dengan tim. Meskipun demikian, secara program, asisten Luis Milla di Timnas U-23, Miguel Gandia (pelatih fisik), dan Eduardo Perez Moran (pelatih kiper).

Pada latihan kemarin, keduanya juga turut menjalankan program. Kebijakan itu semata untuk mensinkronkan filosofi bermain yang diusung Luis Milla. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Cedera Hamstring, Marcelo Susul Kroos
Cedera Hamstring, Marcelo Susul Kroos

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Seleksi Rampung, Timnas U-19 Mulai Fokus

Seleksi Rampung, Timnas U-19 Mulai Fokus

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mulai menegaskan rencana matangnya untuk tak lagi melakukan seleksi pemain dan memilih okus pada pemantapan tim.


Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

Timnas Belgia masih dimaafkan bila optimal di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016 dengan dalih skuad belum matang.


Cedera Lutut kanan, Lanzini Gagal ke Rusia

Cedera Lutut kanan, Lanzini Gagal ke Rusia

Apesnya Jorge Sampaoli. Belum juga berangkat ke Rusia, Sampaoli sudah dua kali kehilangan pemain pilihannya.


Suara bagi Rafa di Rusia

Suara bagi Rafa di Rusia

Banyak pemain yang menjadikan Piala Dunia kali ini adalah debutnya. Namun, tidak sedikit pula event di Rusia tersebut merupakan partisipasi yang kesekian.


Der Panzer Antisipasi jika Oezil Cedera

Der Panzer Antisipasi jika Oezil Cedera

Lini tengah Jerman dihuni demikian banyak pemain berkualitas dan merata.


The Citizen Dominan, Blaugrana Merata

The Citizen Dominan, Blaugrana Merata

Laga final Piala Dunia 2018 baru dihelat 15 Juli. Namun, "juara" sudah bisa diketahui sejak sekarang.


Jamu Kosta Rika, 100 Persen Saat Jadi Kapten

Jamu Kosta Rika, 100 Persen Saat Jadi Kapten

Setelah Wayne Rooney mengundurkan diri dari timnas Inggris tahun lalu maka Jordan Henderson mendapat kepercayaan sebagai kapten.


Jangan Percaya Bocoran Kick Off Premier League

Jangan Percaya Bocoran Kick Off Premier League

PREMIER League musim 2017-2018 baru berakhir Mei lalu.


Arsenal Malah Pilih Pemain Uzur

Arsenal Malah Pilih Pemain Uzur

Ada apa dengan Arsenal? Setelah ditinggalkan Arsene Wenger yang notebene pelatih berusia paling tua di Premier League.


Rayu Neymar lewat Tanda Tangan

Rayu Neymar lewat Tanda Tangan

Uji coba Brasil versus Kroasia di Anfield Minggu lalu (3/6) dimanfaatkan Luka Modric untuk merayu Neymar Jr.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!