Sepakbola
Share this on:

Tulang Bahu Ramdani Lestaluhu Patah

  • Tulang Bahu Ramdani Lestaluhu Patah
  • Tulang Bahu Ramdani Lestaluhu Patah

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia menelan kekalahan 1-4 atas timnas Yordania dalam laga uji coba Internasional (FIFA Matchday) di Stadion King Abdullah, Amman, Yordania, Selasa (11/6) kemarin.

Dalam laga tersebut, Indonesia kebobolan empat angka terlebih dulu lewat gol yang dilesakkan Baha Faisal (23', 42), Yousef Al Rawashden (63') dan Hamza Al Dardour. Sedangkan gol hiburan Indonesia dicetak oleh Alberto Goncalves melalui titik putih di menit 86.

Derita Indonesia makin lengkap setelah salah satu gelandangnya, Ramdani Lestaluhu mengalami cedera serius saat menjalani pertandingan tersebut. Kabarnya, pemain yang memperkuat Persija Jakarta itu mengalami cedera patah tulang bahu sebelah kiri usai tertimpa penggawa Yordania dalam laga tersebut.

Hal itu diungkapkan, Dokter Tim Persija Jakarta, Donny Kurniawan. Menurut Donny, dirinya mendapatkan kabar tersebut dari Dokter Timnas Indonesia yang mengatakan bahwa gelandang asal Tulehu, Maluku ini mengalami cedera fraktur clavicula sinistra pada bahu disebelah kiri.

"Semalam intinya dari PSSI sudah kordinasi kita sudah dikirim foto dan segala macem, mereka cepat rontgen dan MRI, kita juga sudah berkoordinasi dengan baik. Intinya kalimat yang mereka katakan ada tulang bahu yang patah sebelah kiri," ungkap Donny, Kamis (13/6) kemarin.

Untuk selanjutnya, Donny mengatakan bahwa Ramdani perlu menjalani operasi. Dengan kata lain, kemungkinan besar Ramdani akan absen membela Timnas Indonesia yang bakal menjalani uji coba menghadapi Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6) dan Persija dalam waktu dekat ini.

"Jadi kita sudah melakukan komunikasi untuk langkah selanjutnya, pastinya akan dilakukan operasi. Kita akan jemput Ramdani, dan kita sudah koordinasi dengan PSSI. Bukan berarti take over tapi kita hanya mempermudah aja antara rumah sakit yang mengerjakan dengan klubnya," tutur Donny.

Donny membeberkan sebagai langkah proses pemulihan kemungkinan besar Ramdani akan dilakukan penananganan di Rumah Sakit Premier Bintaro yang memang sudah bekerja sama dengan Persija.

"Ini juga mempermudah kerja kami karena kami sudah bekerja sama dengan rumah sakit Premier Bintaro. Disana juga ada tim kita dari ortopedi, rehab dan semuanya. Kita juga sudah yakinkan dia kalo operasi jalan terbaik. Memang kalau menyambung sendiri bagus. Namun jika dikasih pen lebih pasti lagi," tutur Donny.

Disinggung mengenai kondisi tiga pemain Persija lainnya yang juga memperkuat Timnas Indonesia, Donny mengatakan bahwa ketiganya dalam kondisi fit dan tidak ada cedera yang menghantam mereka. Diketahui, Persija menyumbang empat pemain ke Timnas Indonesia Senior. Selain Ramdani, ada tiga lainnya yakni, Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak.

"Mereka baik baik saja. Tidak ada apa-apa untuk kondisi Andritany, Novri dan Riko/ Karena saya sempat berkomunikasi dengan Andritany dan Riko. Dan mereka hanya sedih dengan kekalahan atas Yordania," tukasnya.

Sementara itu, Manajer Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko mengaku tak kapok untuk kembali menyumbangkan pemainnya ke Timnas Indonesia usai insiden tersebut. Menurutnya, cedera yang dialami atlet dalam pertandingan itu adalah hal yang wajar.

"Kami tak trauma untuk kembali mengirim pemain ke Timnas Indonesia. Malah, saya sering bilang, bahwa cita-cita pemain itu adalah untuk membela Timnas Indonesia. Jadi tak ada yang trauma. Cedera itu biasa. Resiko sebagai pesepak bola," tutur Ardhi.

Ardhi juga menuturkan bahwa pelatih Persija, Julio Banuelos juga tidak mempermasalahkan cedera parah yang diterima Ramdani. Menurutnya, Julio dengan ikhlas menerima kondisi yang dialami anak asuhnya tersebut. "Respons pelatih tak masalah. Kata pelatih ya apa boleh buat, risikonya seperti itu," tukasnya.

Untuk diketahui, sampai saat ini tiga pemain Persija Jakarta lainnya yakni, Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak masih bertahan di Timnas Indonesia. Ketiganya masih dibutuhkan Timnas Indonesia untuk melakoni laga uji coba internasional menghadapi Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6) besok. (gie/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Saddil Mulai Ikut Latihan, Egy Masih Ditunggu

Saddil Mulai Ikut Latihan, Egy Masih Ditunggu

Dua pilar Timnas U-23, Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri yang kini bermain di luar negeri siap membela Merah Putih.


Tak Diizinkan Perkuat Timnas U-22 karena Saddil Masuk Tim Inti

Tak Diizinkan Perkuat Timnas U-22 karena Saddil Masuk Tim Inti

Absennya Saddil Ramdani di Piala AFF U-22 2019 sempat menimbulkan kontroversi.


Tinggalkan Persela, Saddil ke Liga Malaysia

Tinggalkan Persela, Saddil ke Liga Malaysia

Sempat dikabarkan tetap diperkuat Saddil Ramdani untuk musim 2019. Nampaknya Persela Lamongan harus rela ditinggalkan winger Saddil Ramdani.


Saddil Ramdani Ditahan, Bima Sakti Panggil Andik

Saddil Ramdani Ditahan, Bima Sakti Panggil Andik

Problem pelik yang dialami Saddil Ramdani membuat dia harus tertahan bergabung dengan Timnas Indonesia yang dipersiapkan menuju AFF Cup.


Diduga Pukul dan Cakar Pacarnya, Saddil Ditahan

Diduga Pukul dan Cakar Pacarnya, Saddil Ditahan

Kasatreskrim Polres Lamongan AKP Norman Wahyu Hidayat, Kamis (1/11) menyatakan, kasus Saddil Ramdani berakhir damai.


Saddil Aniaya Pacar, Eky Menikah

Saddil Aniaya Pacar, Eky Menikah

Pemain langganan timnas U-19 dan U-23 Saddil Ramdani berulah, menganiaya pacarnya Anugrah Sekar Rukmi, 19, asal Desa Mlaras, Kecamatan Sumobito, Kecamatan Jomba


Panggil Lagi Abduh Lestaluhu

Panggil Lagi Abduh Lestaluhu

Bek PS Tira Abduh Lestaluhu dipanggil ke timnas Indonesia untuk uji tanding melawan Hongkong pada 16 Oktober nanti.


Neymar Diramal Absen di Piala Dunia

Neymar Diramal Absen di Piala Dunia

Cedera tulang metatarsal kanan Neymar Jr sebetulnya sudah diramalkan jauh-jauh hari.


Tulang Metatarsal Retak, Neymar Bisa Absen di Rusia

Tulang Metatarsal Retak, Neymar Bisa Absen di Rusia

Paris Saint-Germain (PSG) sudah menyebut Neymar akan dioperasi akhir pekan ini.


Dicky Diplot jadi Pelapis Saddil

Dicky Diplot jadi Pelapis Saddil

Persela Lamongan bakal sering ditinggal wingernya, Saddil Ramdani. Sebab, pemain 19 tahun itu diproyeksikan masuk dalam timnas untuk Asian Games 2018.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!