Sepakbola
Share this on:

Untuk Pulihkan Kondisi, Andik Bisa Saja Dioperasi

  • Untuk Pulihkan Kondisi, Andik Bisa Saja Dioperasi
  • Untuk Pulihkan Kondisi, Andik Bisa Saja Dioperasi

SURABAYA - Harapan Andik Vermansah untuk segera sembuh tampaknya harus diundur. Sebab, berdasarkan tes MRI 3 Tesla yang dilakukan kemarin (5/1) di Rumah Sakit National, pemain Selangor FA itu disarankan harus dilakukan tindak operasi.

Sebab, PCL (Posterior Cruciate Ligament) lutut kiri yang menjadi titik cedera Andik harus mengalami sobek sepanjang 11 milimeter. Padahal, batas toleransi cedera pada bagian itu ?hanya? 7 milimeter.

''Bila dia (Andik) pemain sepak bola yang berposisi penjaga gawang atau pemain stoper, operasi tidak dibutuhkan. Tidak akan berpengaruh,'' ujar Paulus Rahardjo, dokter spesialis radiologi RS National.

Dia menambahkan bahwa sejatinya cedera Andikjuga tidak terlalu membahayakan. Bahkan, untuk sekadar jogging ataupun menendang bola, itu bukan masalah bagi Andik.

Sebab, kondisi ACL (Anterior Cruciate Ligament), otot, dan meniscus-nya sangat bagus. Untuk bisa tampil dalam jangka pendek, Andik bisa sedikit ?menyamarkan? kondisi cederanya saat ini dengan terus berlatih dan menambah masa otot untuk kemudian kembali berlatih.

Hanya saja, masih menurut Paulus, pemain dengan karakter seperti Andik memang dituntut untuk selalu tampil cepat dan lincah. Dan, manuver dan penetrasi yang jadi ciri khas mentan pemain Persebaya Surabaya itu akan sia-sia bila PCL-nya tidak dalam kondisi prima.

''Bisa saja Andik tidak dioperasi. Tetapi, yang jadi masalah kan posisinya bermain. Kalau dibiarkan, tulang lututnya akan terus bergesekan dan bisa cepat aus. Ini yang bahaya,'' sambungnya. ''Tetapi, selalu ada jalan terbaik. Andik adalah aset negara yang harus diberi fasilitas terbaik untuk kesembuhannya. Kami akan terus mencari cara penyembuhan paling pas baginya,'' sambung Paulus.

Dokter timnas Syarif Alwi yang hadir untuk mendampingi tes terakhir Andik mengamini pernyataan Paulus. Menurut dia, solusi terbaik bagi pemilik nomor 21 di timnas Indonesia itu idealnya memang harus dioperasi.

Tetapi, dia bersama fisioterapis yang selama ini menangani cedera Andik, Asep Aziz, lebih kepada mencari alternatif selain operasi terlebih dahulu dalam pekan ini. Pertimbangannya, kompetisi Liga Super Malaysia sudah dihelat pada 21 Januari. Itu yang juga mengharuskan dia harus kembali ke Malaysia 15 Januari mendatang.

''Bisa dibilang, di Selangor nanti, saya lebih banyak berkutat dengan masa penyembuhan. Tetapi tidak apa. Saya pelan-pelan saja (sembuhkan cedera) asalkan bisa pulih total,'' sahut Andik.

''Dioperasi atau tidak, sama-sama berisiko. Kalau dioperasi, dia bisa absen minimal enam sampai sembilan bulan termasuk pemulihan performa seperti sekarang,'' ujar Syarif. ''Selain itu, Andik juga harus bisa menjaga berat badan agar tetap ideal. Banyak contoh kasus pemain yang cedera lama akhrinya redup setelah berat badan naik meski cedera sudah membaik,'' lanjutnya. (io/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kalahkan Timor Leste, Kans Indonesia Masih Terbuka

Kalahkan Timor Leste, Kans Indonesia Masih Terbuka

Entah bagaimana nasib tim nasional (timnas) kalau saja Bima Sakti tak menurunkan Riko Simanjuntak dan Stefano Lilipaly.


Sudah Siapkan Kejutan

Sudah Siapkan Kejutan

Kekalahan dari Singapura pada laga perdana grup B Jumat lalu (9/11), memang belum menutup peluang timnas untuk lolos ke semifinal.


Datang Lebih Dini ke Singapira, Timnas Siap Tempur

Datang Lebih Dini ke Singapira, Timnas Siap Tempur

Kedatangan Timnas Indonesia ke Singapura untuk menjalani laga perdana di Piala AFF 2018 memang tidak biasa.


Tantang Inter, El Pistolero Melawan Kutukan

Tantang Inter, El Pistolero Melawan Kutukan

Luis Suarez boleh saja on fire dengan mencetak 6 gol dari 4 laga terbaru Barcelona di semua ajang.


Lanjutan Liga Champions, Barca Belum Butuh La Pulga

Lanjutan Liga Champions, Barca Belum Butuh La Pulga

Barcelona mendapat angin segar. Dua hari jelang lawatan ke Giuseppe Meazza, mereka sudah bisa menyertakan Lionel Messi.


Bauman Terancam Absen (Lagi)

Bauman Terancam Absen (Lagi)

Lengkap sudah kondisi Jonathan Bauman absen dari tim.


Saddil Ramdani Ditahan, Bima Sakti Panggil Andik

Saddil Ramdani Ditahan, Bima Sakti Panggil Andik

Problem pelik yang dialami Saddil Ramdani membuat dia harus tertahan bergabung dengan Timnas Indonesia yang dipersiapkan menuju AFF Cup.


Tak Dipanggil Timnas, Andik Tetap Legawa

Tak Dipanggil Timnas, Andik Tetap Legawa

Tidak ada nama Andik Vermansah dalam skuad Piala AFF 2018 membuat sang pemain cukup kecewa.


Setelah Solari, Muncul Poche dan Martinez

Setelah Solari, Muncul Poche dan Martinez

Santiago Solari benar-benar tidak bisa tenang selama menukangi Real Madrid di dua pekan mendatang.


Tegakkan Kepalamu, Garuda!

Tegakkan Kepalamu, Garuda!

Mimpi timnas Indonesia U-19 untuk berlaga pada putaran final Piala Dunia U-20 di Polandia tahun depan karam.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!