Sepakbola
Share this on:

Untuk Pulihkan Kondisi, Andik Bisa Saja Dioperasi

  • Untuk Pulihkan Kondisi, Andik Bisa Saja Dioperasi
  • Untuk Pulihkan Kondisi, Andik Bisa Saja Dioperasi

SURABAYA - Harapan Andik Vermansah untuk segera sembuh tampaknya harus diundur. Sebab, berdasarkan tes MRI 3 Tesla yang dilakukan kemarin (5/1) di Rumah Sakit National, pemain Selangor FA itu disarankan harus dilakukan tindak operasi.

Sebab, PCL (Posterior Cruciate Ligament) lutut kiri yang menjadi titik cedera Andik harus mengalami sobek sepanjang 11 milimeter. Padahal, batas toleransi cedera pada bagian itu ?hanya? 7 milimeter.

''Bila dia (Andik) pemain sepak bola yang berposisi penjaga gawang atau pemain stoper, operasi tidak dibutuhkan. Tidak akan berpengaruh,'' ujar Paulus Rahardjo, dokter spesialis radiologi RS National.

Dia menambahkan bahwa sejatinya cedera Andikjuga tidak terlalu membahayakan. Bahkan, untuk sekadar jogging ataupun menendang bola, itu bukan masalah bagi Andik.

Sebab, kondisi ACL (Anterior Cruciate Ligament), otot, dan meniscus-nya sangat bagus. Untuk bisa tampil dalam jangka pendek, Andik bisa sedikit ?menyamarkan? kondisi cederanya saat ini dengan terus berlatih dan menambah masa otot untuk kemudian kembali berlatih.

Hanya saja, masih menurut Paulus, pemain dengan karakter seperti Andik memang dituntut untuk selalu tampil cepat dan lincah. Dan, manuver dan penetrasi yang jadi ciri khas mentan pemain Persebaya Surabaya itu akan sia-sia bila PCL-nya tidak dalam kondisi prima.

''Bisa saja Andik tidak dioperasi. Tetapi, yang jadi masalah kan posisinya bermain. Kalau dibiarkan, tulang lututnya akan terus bergesekan dan bisa cepat aus. Ini yang bahaya,'' sambungnya. ''Tetapi, selalu ada jalan terbaik. Andik adalah aset negara yang harus diberi fasilitas terbaik untuk kesembuhannya. Kami akan terus mencari cara penyembuhan paling pas baginya,'' sambung Paulus.

Dokter timnas Syarif Alwi yang hadir untuk mendampingi tes terakhir Andik mengamini pernyataan Paulus. Menurut dia, solusi terbaik bagi pemilik nomor 21 di timnas Indonesia itu idealnya memang harus dioperasi.

Tetapi, dia bersama fisioterapis yang selama ini menangani cedera Andik, Asep Aziz, lebih kepada mencari alternatif selain operasi terlebih dahulu dalam pekan ini. Pertimbangannya, kompetisi Liga Super Malaysia sudah dihelat pada 21 Januari. Itu yang juga mengharuskan dia harus kembali ke Malaysia 15 Januari mendatang.

''Bisa dibilang, di Selangor nanti, saya lebih banyak berkutat dengan masa penyembuhan. Tetapi tidak apa. Saya pelan-pelan saja (sembuhkan cedera) asalkan bisa pulih total,'' sahut Andik.

''Dioperasi atau tidak, sama-sama berisiko. Kalau dioperasi, dia bisa absen minimal enam sampai sembilan bulan termasuk pemulihan performa seperti sekarang,'' ujar Syarif. ''Selain itu, Andik juga harus bisa menjaga berat badan agar tetap ideal. Banyak contoh kasus pemain yang cedera lama akhrinya redup setelah berat badan naik meski cedera sudah membaik,'' lanjutnya. (io/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Incaran Klop Empat Tahun Silam

Incaran Klop Empat Tahun Silam

Xherdan Shaqiri sebetulnya sudah bisa bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2014.


Harus Bisa Berdamai dengan Media

Harus Bisa Berdamai dengan Media

Tersingkir di 16 besar Piala Dunia 2018 membuat pelatih Spanyol Fernando Hierro meletakkan jabatannya.


Duel Talenta Terbaik

Duel Talenta Terbaik

Tahun ini bisa menjadi kesempatan terbaik dari Prancis maupun Belgia menjuarai Piala Dunia.


Vida Bisa Dicekal FIFA

Vida Bisa Dicekal FIFA

Kroasia waswas. Melawan Inggris dalam semifinal Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis dini hari nanti WIB.


Belum Resmi Saja Sudah Hasilkan Rp2,69 Triliun

Belum Resmi Saja Sudah Hasilkan Rp2,69 Triliun

Tidak berlebihan bila Juventus getol menginginkan Cristiano Ronaldo merapat musim ini meski dengan biaya yang tidak murah.


Tak Sabar Hadapi Inggris

Tak Sabar Hadapi Inggris

Menjelang kelahiran anaknya, kapten timnas Swedia Andreas Grangvist memutuskan untuk tinggal di Rusia.


Loew Ingin Tenang Dulu

Loew Ingin Tenang Dulu

Pasca kekalahan Jerman di tangan Korsel Rabu (27/6) malam lalu tekanan kepada der trainer Jerman Joachim Loew untuk mundur semakin membesar.


Dewi Fortuna Milik La Furia Roja

Dewi Fortuna Milik La Furia Roja

Terlepas dari hasil laga penentu Grup H dinihari tadi WIB, sudah bisa ditebak jalan menuju ke final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow.


Fokus Bikin Griezmann Nyaman

Fokus Bikin Griezmann Nyaman

Prancis untuk sementara memuncaki klasemen grup C. Namun permainan Hugo Lloris dkk masih kurang dari kata memuaskan.


Antonella Roccuzzo Datang Khusus untuk Suami

Antonella Roccuzzo Datang Khusus untuk Suami

Kapten Argentina Lionel Messi mendapatkan sorotan kurang menyenangkan pasca kegagalan eksekusi penalti versus Islandia (16/6).



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!