Sepakbola
Share this on:

Video Golnya Viral, Pemain Muda Indonesia Ini Trial di Klub Elit Kroasia

  • Video Golnya Viral, Pemain Muda Indonesia Ini Trial di Klub Elit Kroasia
  • Video Golnya Viral, Pemain Muda Indonesia Ini Trial di Klub Elit Kroasia

TANGERANG - Dari pinggiran Tangerang, Muhammad Hambali Tolib membawa misi mengharumkan sepakbola Indonesia di tepian Laut Balkan. NK Lokomotiva Zagreb, klub teratas Liga Kroasia menjadi harapanya mengukir takdir.

"Sretan rodendan Tolib... Sretan rodendan kamrad," ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Krosia bergema di sebuah ruang makan Klub NK Lokomotiva Zagreb, Kroasia. Di hari Jumat (21/6), Muhammad Hambali Tolib genap berusia 20 tahun. Perayaan istimewa tersebut dilakukan selepas makan malam.

Kue tart putih dengan taburan krim strawberry dibawa seorang wanita cantik berambut pirang tepat di depan remaja asal Desa Tegalbaju, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten itu. Tolib-sapaan akrab Muhammad Hambali Tolib- langsung berdiri.

Rasa senang, malu bercampur kebingungan menyelimuti hatinya. Ia tak menyangka mendapat kejutan spesial di tengah masa uji cobanya bersama tim liga utama Kroasia tersebut. Kedua tanganya mengatup sebagai tanda ucapan terima kasih. "Hvala vam...Hvala vam (terima kasih)," ujarnya Bahasa Kroasia kepada para rekan dan pelatih yang memberinya selamat.

Lewat akun media sosial Twitter dan Instagram resmi klub, NK Lokomotiva Zagreb membagikan video momen perayaan ulang tahun Hambali Tolib. Momen tersebut didokumentasikan selama kurang lebih 30 detik. "Selamat ulang tahun Hambali Tolib dari skuat NK Lokomotiva Zagreb dan tim," tulis akun @nklokomotiva dengan Bahasa Inggris, Jumat dini hari.

Ya, sejak Kamis (13/6), Hambali Tolib telah berlatih bersama NK Lokomotiva Zagreb. Di kota bersuhu 10 derajat celcius itu, Tolib akan menjalani masa trial sebulan penuh. Jika hasilnya memuaskan, sang pelatih Goran Timic tak segan memberinya kontrak permanen.

Pembuktian bahwa dirinya layak diperhitungkan tercipta sehari paska ulang tahunya tersebut. Tolib berhasil mencetak gol dalam laga persahabatan melawan NK Karlovac, Sabtu (22/06). Lokomotiva menang telak 8-2. Tolib menjadi pencetak gol ke delapan dalam laga kemarin. Video gol Hambali pun menjadi viral di Tanah Air saat diunggah oleh akun resmi Instagram NK Lokomotiva Zagreb.

Perjalanan karir Mantan Pemain Persela itu hingga berada di Benua Biru bukanlah perkara instan. Bakat putera dari pasangan AKP Endang Sutrisna dan Marlina memang sudah terlihat sejak masih kecil. Diusia tujuh tahun, Hambali mengawali karir bersama SSB Tigaraksa Football School (SSB Bhayangkara Tigaraksa Football School). Di akademi sederhana, bentukan sang ayah, Tolib lebih menonjol dari para rekan-rekan di atasnya.

"Dia lincah gesit dan dapat melihat peluang," ujar Endang.

Porsi latihan dan disiplin membawa Tolib menjadi atlet sepakbola yang matang. Maklum, pendidikan disiplin yang ketat dari sang ayah semakin membentuk karakternya. "Beranjak remaja, Setelah itu, Hambali menimba ilmu di ke Akademi Rajawali Muda. Lulus SMP baru ke Ragunan. Setelah dari sana ke Sriwijaya FC, ke U-19-nya dulu baru ke senior," terang sang ayah.

Di kancah internasional, meraih medali juara Liga Kompas Gramedia dan membela tim nasional pelajar di Vietnam dan Iran serta ajang ASEAN School Games 2017. "Kelihaianya menggocek bola diendus pencari bakat Persela Lamongan. "Mimpinya ingin membawa Indonesia tampil Piala Dunia," terang Endang.

Di usia 18 tahun, Tolib memperoleh kontrak profesional dari Persela. Di sana, bakatnya makin tajam. Pengagum bintang Barcelona Lionel Messi mampu merobek pertahanan lawan mirip dengan sang idolanya. Hal itu membuat pemain mungil bertinggi 166 centimeter ini disebut sebagai Lionel Messi dari Lamongan.

Di laga terakhir Persela di Liga 1 2019, Tolib mampu merepotkan barisan pertahanan Arema FC. Bek Arema Hamka Hamzah mampu terkecoh termsuk Arthur Cunha Da Rocha. Tolib pun berhasil menceploskan bola ke gawang Singo Edan yang saat itu dijaga Utam Rusdiana. Sayang laga itu berakhir dengan kemenangan buat Arema FC 3-2.

Hingga Senin (11/6) malam, sang ayah AKP Endang mendapat telepon dari perwakilan NK Lokomotiva Zagreb. Hatinya mendadak gembira, mimpi sang anak pergi ke Eropa akhirnya terwujud. "Hambali dihubungi agen dari Eropa untuk trial selama satu bulan dari 13 Juni-20 Juli, Alhamdulillah," jelasnya.

Atas dasar itu jugalah Hambali, Selasa (11/6) pagi meminta restu kepada Bupati Tangerang A Zaki Iskandar untuk menjalani trial di Kroasia. Dalam pertemuan itu, Tolib mengaku senang mendapat kesempatan untuk trial di klub raksasa Liga Kroasia, apalagi ini kesempatan langka. Diakuinya alumni siswa SMPN 2 Tigaraksa dirinya telah mendapat restu dari pelatih timnas U-23 Indra Sjafrie dan Pelatih Persela Lamongan Aji Santoso.

"Mudah-mudahan semua harapan saya menjadi bermain di Eropa bisa tercapai. Saya juga tetap siap jika nantinya dipanggil ke Timnas U-23 untuk ikut SEA Games. Disana hitung-hitung sebagai latihan," ujarnya di depan Bupati. Selain berpamitan ke bupati, Tolib dan keluarga juga meminta izin ke Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Semoga Sukses Lib! (zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

RD, Teco Cugura, dan Seto Nurdiantoro Layak Gantikan Simon

RD, Teco Cugura, dan Seto Nurdiantoro Layak Gantikan Simon

Karier Simon McMenemy di kursi pelatih Timnas Indonesia terancam berakhir lebih cepat.


Dilatih Simon, Timnas Indonesia Gagal Total

Dilatih Simon, Timnas Indonesia Gagal Total

Kekalahan demi kekalahan yang ditelan Indonesia di putaran kedua Kualfikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sudah cukup memerahkan telinga.


Hadapi China, Timnas U19 Buta Kekuatan Lawan

Hadapi China, Timnas U19 Buta Kekuatan Lawan

Timnas Indonesia U-19 mulai menjalani latihan jelang duel kontra Cina di Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, malam nanti.


Pilar Chelsea dan Manchester United Cedera

Pilar Chelsea dan Manchester United Cedera

Chelsea dan Manchester United harus menelan pil pahit usai jeda internasional. Sebagian besar pemain kunci keduanya terbelit cedera jelang pekan ke-9 Liga Premi


Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia lagi-lagi menelan kekalahan di laga lanjutan Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.


Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Kualifikasi Euro 2020 kembali dicederai oleh aksi rasis. Dua orang menjadi korban dan dua kali laga dihentikan dalam laga Inggris kontra Bulgaria di Stadion Vas


Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas Indonesia U-23 akhirnya meraih satu angka saat melawan Arab Saudi dalam matchday ketiga Piala CFA International Football Tournament 2019, kemarin sore.


Allegri Beri Syarat Ini ke Manchester United

Allegri Beri Syarat Ini ke Manchester United

Sinyal ketertarikan Massimiliano Allegri menjadi pelatih Manchester United semakin terang.


Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Timnas Indonesia Senior bakal melanjutkan kiprahnya putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.


Republik Ceko vs Inggris, Ajang Unjuk Gigi Skuat Muda

Republik Ceko vs Inggris, Ajang Unjuk Gigi Skuat Muda

Baru setengah perjalanan, Inggris punya kans besar untuk lolos dari kualifikasi Euro 2020.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!