Sport
Share this on:

11 Nama Akan Berebut Ketum PSSI 2019-2023

  • 11 Nama Akan Berebut Ketum PSSI 2019-2023
  • 11 Nama Akan Berebut Ketum PSSI 2019-2023

JAKARTA - Tim Komite Pemilihan (KP) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dibentuk pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Ancol, Jakarta Utara, Juli 2019 lalu, telah mengumumkan nama-nama bakal calon ketua umum (ketum), wakil ketua umum (wakteum), dan anggota eksekutif (exco) PSSI 2019-2023 mendatang.

Semula, KP mengumkan terdapat sepuluh orang yang lolos verfikasi tahap awal menjadi bakal calon Ketum PSSI. Data tersebut dihimpun KP hingga batas penutupan pendaftaran pada Kamis (3/10/2019) pukul 23.59 WIB kemarin.

Sepuluh nama tersebut adalah Arif Putra Wicaksono, Alven Hinelo, Benhard Limbong, Fary Djemy Francis, La Nyalla Mattalitti, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, Sarman El Hakim, Vijaya Triyasa, dan Yesayas Oktavianus.

Namun, setelah diumumkan melalui jumpa media di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (4/10) kemarin, jumlah bakal calon Ketua Umum PSSI bertambah menjadi 11 orang. Nama Benny Erwin menjadi tambahan yang diumumkan oleh KP.

"Setelah melakukan cek dengan data faktual, ada berkas deklarasi yang lupa dimasukkan lantaran terselip di berkas A-1 dan dokumen kelengkapan bakal calon," ungkap anggota KP, Budiman Dalimunthe, Sabtu (5/10) lalu.

Mulanya, nama Benny Erwin terdapat pada daftar bakal calon waketum dan anggota Exco PSSI. AKan tetapi, mantan Direktur Utama PT Persija Jaya, perusahaan yang menaungi Persija Jakarta pada 2011 itu turut mendaftar untuk pos ketum.

Dengan bertambahnya satu nama, jumlah bakal calon yang bakal bersaing memperbutkan kursi nomor satu induk sepak bola di Tanah Air tersebut menjadi 11 orang. Tetapi, masuknya nama Erwin tak mengubah jumlah bakal calon waketum dan Exco PSSI yang diumumkan oleh KP.

Dari rekapitulasi KP, ada 21 orang sebagai Bakal Calon Waketum, dan 91 orang untuk pos Exco PSSI. Sejak 12 September-3 Oktober 2019, KP menerima 123 pendaftar. Disisi lain, Ketua KP, Syarif Bastaman menjelaskan, bahwa antusias yang mendaftarkan disi menjadi calon Ketum PSSI sangat tinggi.

Ia menyebut, sebelum mengerucut menjadi 11 nama, ada sekitar 30 orang lebih yang sempat medaftar hingga melewati batas waktu yang ditetapkan yakni pada Kamis (3/10/2019) pukul 23.59 WIB kemarin.

"Banyak yang mendaftar, cuma saya lupa tepatnya berapa. Namun, sekitar 30 orang lebih yang mendaftar (bakal calon ketum PSSI). Ada juga yang melewati baras waktu. Kami sempat melakukan pemungutan suara karena ada pihak yang ingin mendaftar setengah jam setalh pendaftaran ditutup," tutur Syarif.

"Antusiasme kuat. Kesan saya mengerjakan ini animo sangat kuat, semoga dibarengi kapasitas yang kuat, integritas yang kuat sehingga kami berharap PSSI ke depan bisa melahirkan kepengerusan dan prestasi yang baik. Karena sekali lagi, prestasi itu berbanding lurus dengan pengelolaan. Jadi kalau dilihat dari ranking FIFA, ranking tim nasionalnya berbanding lurus dengan prestasi federasinya," tambah Syarif menjelaskan.

Lebih lanjut, Syarif mengatakan, bahwa membludaknya peminat untuk menjadi para petinggi di PSSI di luar prediksi KP. Akan tetapi Syarif tak bisa menyakini, nama-nama yang telah terdaftar menjadi bakal calon ketum, waketum serta Exco PSSI memiliki kualitas yang baik di sepak bola Indonesia.

"Jelas kalau dari sisi julah, ini diluar perkiraan. Jumlahnya luar biasa dan animornya juga luar biasa. Kalau untuk kualitasnya, saya tak bisa berkomentar, kalau dari nama-nama, mereka top semua," tegasnya.

Setelah ini, para bakal calon masih harus melengkapi beberapa persyartan yang harus dilengkapi hingga 8 Oktober 2019. Kemudian tahap selanjutnya tanggal 9-13 Oktober 2019 akan diumumkan kandidat sementara.

Untuk yang tidak lolos verifikasi akhir dapat kesempatan banding pada 10-16 Oktober, hingga akhirnya tanggal 18 Oktober 2019 KP akan mengumumkan calon Ketum, Waketum dan Exco PSSI secara resmi. Sedangkan, Kongres Pemilihan PSSI periode 2019-2023 akan dilaksanakan pada 2 November 2019 di Jakarta. (gie/zul/fin/der)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Andi Farid Gantikan Dimas Ekky

Andi Farid Gantikan Dimas Ekky

Andi Farid Izdihar akan menggantikan Dimas Ekky Pratama yang gagal bersinar bersama Honda Team Asia di pentas Moto2 World Championship..


Iwan Bule: Ingat Kita Ada Roadmap Lho!

Iwan Bule: Ingat Kita Ada Roadmap Lho!

Menpora meminta pengurus PSSI periode 2019-2023 bergerak cepat dalam penataan organisasi dan prioritas program kerja menghadapai Piala Dunia U-20.


Kandidat Caketum Cium Kejanggalan Kongres PSSI

Kandidat Caketum Cium Kejanggalan Kongres PSSI

Hari ini, Kongres Pemilihan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dihelat Hotel Shangri-La, Jakarta.


Quartararo Lewati Rekor Pedrosa

Quartararo Lewati Rekor Pedrosa

Rider Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo tampil impresif di latihan resmi (FP2) MotoGP seri Malaysia 2019, kemarin.


Setiap Venue SEA Games Akan Dilengkapi Musala

Setiap Venue SEA Games Akan Dilengkapi Musala

Usulan Indonesia terkait ketersediaan musala di setiap venue SEA Games 2019 akhirnya disetujui tuan rumah, Filipina.


Lolos ke Babak Kedua, Siti/Ribka Jumpa Ganda Malaysia

Lolos ke Babak Kedua, Siti/Ribka Jumpa Ganda Malaysia

Pasangan ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto sukses melewati hadangan pertama di kejuaraan Macau Open 2019.


Motor Dimas Ekky Terpelanting Hebat

Motor Dimas Ekky Terpelanting Hebat

Pembalap Idemitsu Honda Asia Dimas Ekky Pratama gagal mengaspal di sesi latihan bebas kedua (FP2) Moto2 Australia 2019, Jumat (25/10) kemarin.


Gara-gara Pilkades, Big Match Persib vs Persija Dipindah

Gara-gara Pilkades, Big Match Persib vs Persija Dipindah

Laga big match antara Persib Bandung dan Persija Jakarta yang rencananya dihelat, Senin (28/10), akan sulit terlaksana.


Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Nasib berbeda diterima dua tunggal putra Indonesia di babak pertama French Open 2019, Selasa (22/10) kemarin..


Gelar Pertama Praveen/Melati

Gelar Pertama Praveen/Melati

Indonesia kembali unjuk gigi di Eropa. Hasil menggembirakan datang dari pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Denmark Open 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!