Sport
Share this on:

Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

  • Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha
  • Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

VALENCIA - Pada akhir uji coba post season hari kedua di Valencia juara dunia MotoGP 2017 Marc Marquez menutup sesi sebagai yang tercepat. Sepanjang dua hari uji coba rider Catalan tersebut tampil konsisten cepat dan menunjukkan sinyal positif atas paket motornya untuk musim depan.

Catatan waktu terbaik Marquez adalah 1 menit 30,033 detik. Nyaris menyamai torehannya saat meraih pole position di sesi kualifikasi GP Valencia Sabtu lalu 1 menit 29,8 detik.

Hanya berselang tiga hari setelah memastikan gelar juara dunia keempatnya di MotoGP, Marquez langsung menjajal tiga jenis motor dalam kurun waktu dua hari juji coba.

Pertama adalah motor yang dipakainya merengkuh gelar juara dunia 2017. Kedua, motor 2017 dengan update pada chassis. Ketiga, adalah prototipe motor 2018 yang seluruhnya baru.

Catatan waktu terbaiknya diraih menggunakan motor 2017. Meski begitu, Marquez lebih senang dengan potensi motor barunya spek 2018.

Mesinnya, ucap rider 24 tahun tersebut, memiliki power lebih besar baik pada putaran bawah maupun atas. Selain itu, setingan elektronik motor sudah sangat akurat, bahkan sejak dari tahap awal uji coba.

''Ini untuk kali pertama saya langsung merasa nyaman dengan motor baru. Sangat kontras ketika menguji motor baru Honda pada akhir musim 2015 dan 2016,'' terang rider 24 tahun tersebut dilansir Crash.

Bahkan, Marquez dan rekan setimnya Daniel Pedrosa tidak akan turun dalam uji coba resmi berikutnya di Jerez pekan depan. Bisa jadi, keduanya sudah merasa percaya diri dengan motor baru mereka untuk musim 2018.

Impresi serupa juga dirasakan rider tim satelit Honda, LCR Cal Crutchlow. Bahkan, pembalap Inggris tersebut adalah yang pertama menjajal motor prototipe 2018 itu di hari pertama.

''Mereka (Honda) berusaha merancang motor yang lebih mudah dikendarai, tapi tetap menjaga sisi positif motor kami. Terutama corner entry,'' jelas Crutchlow.

Crutchlow menyebut, motor 2018 benar-benar baru dengan mesin dan chassis berbeda. Dia juga senang mendapatkan motor baru lebih cepat sebelum menghadapi uji coba musim dingin Januari nanti.

Ini akan memberikan waktu lebih panjang baginya mencari solusi masalah yang ditemukan. ''Meski baru diseting di hari pertama, saya langsung merasa cukup nyaman di atas motor,'' katanya yakin.

Hasil uji coba ini merupakan alarm bagi Ducati dan Yamaha bahwa Honda memiliki motor kompetitif untuk musim depan. Jika mengingat uji coba post season dan pre season tahun lalu, Yamaha-lah yang punya paket motor bagus meski kemudian bermasalah di tengah musim. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Dua Ganda Putra Melesat ke 8 Besar
Dua Ganda Putra Melesat ke 8 Besar

Berita Sejenis

Label Timnas Bukan Jaminan

Label Timnas Bukan Jaminan

Ungkapan ''Bola itu bundar'' dan ''Apa pun bisa terjadi di lapangan'' biasanya diucapkan tim underdog untuk menyemangati diri sendiri.


Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Upaya McLaren mewujudkan mimpi Fernando Alonso memenangi tiga balapan klasik “Trple Crown” (GP Monako, Le Mans 24 jam, dan Indy 500) makin all out.


Duo Honda Jalani Operasi

Duo Honda Jalani Operasi

Dua pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Jorge Lorenzo menjalani operasi di waktu yang hampir bersamaan.


Rematch Wilder-Furry Bisa di London

Rematch Wilder-Furry Bisa di London

Setelah duel Deontay Wilder dan Tyson Fury berakhir dengan draw pada Minggu (2/12), wacana kedua petinju untuk melakukan tanding ulang alias rematch langsung mu


BNI Yakin Bisa Beri Ancaman

BNI Yakin Bisa Beri Ancaman

Tim putra BNI 46 berusaha memecah dominasi Surabaya Bhayangkara Samator dan Palembang Bank SumselBabel dalam persaingan perebutan gelar juara Proliga 2019.


Raksasa La Liga Runtuhkan Dominasi NBA

Raksasa La Liga Runtuhkan Dominasi NBA

Perang finansial Real Madrid dan Barcelona bukan lagi soal besar pemasukannya per musim.


Djokovic, Nadal, dan Federer Masih Kuasai Puncak

Djokovic, Nadal, dan Federer Masih Kuasai Puncak

Rentetan ajang tenis 2018 telah menutup buku.


Kalah Lagi, Warriors dalam Masalah

Kalah Lagi, Warriors dalam Masalah

Setelah enam pekan kokoh di puncak klasemen wilayah barat, juara bertahan Golden State Warriors kini rontok dan berada di peringkat kelima.


Yamaha Masih Belum Spesial

Yamaha Masih Belum Spesial

Meski sukses menjadi yang tercepat di hari kedua tes pra musim di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Maverick Vinales belum puas dengan kinerja mesin motornya.


Indonesia Berpotensi Tempatkan Dua Wakil

Indonesia Berpotensi Tempatkan Dua Wakil

Bentrok antara Jonatan Christie dan Anthony Ginting kembali berlangsung di Hongkong Open 2018.



Berita Hari Ini

IKLAN ARIP

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!