Sport
Share this on:

Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

  • Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha
  • Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

VALENCIA - Pada akhir uji coba post season hari kedua di Valencia juara dunia MotoGP 2017 Marc Marquez menutup sesi sebagai yang tercepat. Sepanjang dua hari uji coba rider Catalan tersebut tampil konsisten cepat dan menunjukkan sinyal positif atas paket motornya untuk musim depan.

Catatan waktu terbaik Marquez adalah 1 menit 30,033 detik. Nyaris menyamai torehannya saat meraih pole position di sesi kualifikasi GP Valencia Sabtu lalu 1 menit 29,8 detik.

Hanya berselang tiga hari setelah memastikan gelar juara dunia keempatnya di MotoGP, Marquez langsung menjajal tiga jenis motor dalam kurun waktu dua hari juji coba.

Pertama adalah motor yang dipakainya merengkuh gelar juara dunia 2017. Kedua, motor 2017 dengan update pada chassis. Ketiga, adalah prototipe motor 2018 yang seluruhnya baru.

Catatan waktu terbaiknya diraih menggunakan motor 2017. Meski begitu, Marquez lebih senang dengan potensi motor barunya spek 2018.

Mesinnya, ucap rider 24 tahun tersebut, memiliki power lebih besar baik pada putaran bawah maupun atas. Selain itu, setingan elektronik motor sudah sangat akurat, bahkan sejak dari tahap awal uji coba.

''Ini untuk kali pertama saya langsung merasa nyaman dengan motor baru. Sangat kontras ketika menguji motor baru Honda pada akhir musim 2015 dan 2016,'' terang rider 24 tahun tersebut dilansir Crash.

Bahkan, Marquez dan rekan setimnya Daniel Pedrosa tidak akan turun dalam uji coba resmi berikutnya di Jerez pekan depan. Bisa jadi, keduanya sudah merasa percaya diri dengan motor baru mereka untuk musim 2018.

Impresi serupa juga dirasakan rider tim satelit Honda, LCR Cal Crutchlow. Bahkan, pembalap Inggris tersebut adalah yang pertama menjajal motor prototipe 2018 itu di hari pertama.

''Mereka (Honda) berusaha merancang motor yang lebih mudah dikendarai, tapi tetap menjaga sisi positif motor kami. Terutama corner entry,'' jelas Crutchlow.

Crutchlow menyebut, motor 2018 benar-benar baru dengan mesin dan chassis berbeda. Dia juga senang mendapatkan motor baru lebih cepat sebelum menghadapi uji coba musim dingin Januari nanti.

Ini akan memberikan waktu lebih panjang baginya mencari solusi masalah yang ditemukan. ''Meski baru diseting di hari pertama, saya langsung merasa cukup nyaman di atas motor,'' katanya yakin.

Hasil uji coba ini merupakan alarm bagi Ducati dan Yamaha bahwa Honda memiliki motor kompetitif untuk musim depan. Jika mengingat uji coba post season dan pre season tahun lalu, Yamaha-lah yang punya paket motor bagus meski kemudian bermasalah di tengah musim. (cak/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Dua Ganda Putra Melesat ke 8 Besar
Dua Ganda Putra Melesat ke 8 Besar

Berita Sejenis

Donnarumma, Reina, dan Sandiwara

Donnarumma, Reina, dan Sandiwara

Meski berulang kali membantah, AC Milan mulai bersiap melepas kiper Gianluigi Donnarummai. Manajemen Rossoneri (julukan Milan) tidak tinggal diam.


Williams Hampir Pasti Pilih Sirotkin

Williams Hampir Pasti Pilih Sirotkin

Persaingan Sergey Sirotkin dan Robert Kubica memperebutkan satu kursi kemudi tersisa di tim Williams-Mercedes tampaknya sudah berakhir.


Sisakan Catatan Menuju Test Event

Sisakan Catatan Menuju Test Event

PB PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) merampungkan ujian pertama nomor loncat indah dan renang artistik di Stadion Akuatik Senayan, Jakarta.


Rusia Tak Boikot Olimpiade

Rusia Tak Boikot Olimpiade

Moscow melabeli mereka penghianat. Vitaly Stepanov dan istrinya Yulia Stepanova, terpaksa tinggal di sebuah tempat yang dirahasiakan di Amerika Serikat.


Rossi Pilih Reli, Marquez Jajal F3

Rossi Pilih Reli, Marquez Jajal F3

Bagi Valentino Rossi dan Marc Marquez di setiap musim balap berakhir ada dua event balap besar yang biasa mereka ikuti di kampung halamannya masing-masing.


Motor Baru Yamaha Pakai Chassis Lama

Motor Baru Yamaha Pakai Chassis Lama

Setelah menggelar uji coba privat di Sirkuit Sepang, Malaysia Yamaha sudah menemukan basis motor yang bakal dikembangkan untuk musim depan.


Sinyal Bahaya di Akhir Musim

Sinyal Bahaya di Akhir Musim

Lewis Hamilton gagal menjuarai tiga seri balapan terakhir setelah berhasil merengkuh gelar juara dunia keempatnya di GP Amerika Serikat.


Minions dan Greysia/Apriani Potensi Amankan Final

Minions dan Greysia/Apriani Potensi Amankan Final

Hongkong Open Super Series (SS) 2017 menjadi ajang pertaruhan buat pebulu tangkis dunia.


Menkeu Garansi Anggaran INAPGOC dan INASGOC

Menkeu Garansi Anggaran INAPGOC dan INASGOC

Ujian pemerintah dalam mempersiapkan infratsruktur Asian Games (AG) 2018 terlihat jelas saat ini.


Kandas di Babak Pertama, Jojo-Ginting Lupakan Dubai

Kandas di Babak Pertama, Jojo-Ginting Lupakan Dubai

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting akhirnya harus melupakan kesempatan tampil di Super Series (SS) Masters Finals akhir tahun ini.



Berita Hari Ini

Kolom

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!