Sport
Share this on:

Aldila Sutjiadi Optimis Juarai Pelti Indonesia W15

  • Aldila Sutjiadi Optimis Juarai Pelti Indonesia W15
  • Aldila Sutjiadi Optimis Juarai Pelti Indonesia W15

**JAKARTA ** - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) menggelar turnamen internasional bertajuk Pelti Indonesia W15 Jakarta di lapangan tenis Elite Club Epicentrum, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta mulai 24-30 Juni mendatang.

Dalam ajang yang dikhususkan bagi petenis putri dan masuk dalam kalender Federasi Tenis Internasional (ITF) World Tennis Tour itu, salah satu petenis andalan Indonesia, Aldila Sutjiadi menargetkan meraih gelar juara.

Meski menempati unggulan kedua, Aldila tetap optimistis mampu meraih gelar juara kejuaraan yang diikuti 12 negara lainnya seperti, Amerika Serikat, Belanda, Aljazair, Jepang Tiongkok, India, Korea Selatan, Hongkong, Thailand, Singapura, Australia serta Afrika Selatan tersebut.

"Meski berada di unggulan kedua, saya tetap menargetkan bisa menjadi juara pada nomor tunggal di kejuaraan Pelti Indonesia W15 Jakarta ini," ungkap petenis yang kini menempati peringkat ke-455 dunia nomor tunggal putri tersebut dalam jumpa wartawan di Jakarta, Senin (24/6) kemarin.

Target Aldila untuk meraih gelar juara di kejuaraan tersebut tak lepas dari ambisi dirinya yang belum sekalipun mengangkat piala nomor tunggal ITF World Tennis Tour. Aldila sendiri berada di unggulan kedua di bawah wakil Thailand, Nudnida Luangnam (430) yang menempati seeded (unggulan) pertama.

Diperkirakan kedua petenis yang menempati unggulan teratas tersebut kemungkinan besar akan bertemu di partai final. Jika hal itu terjadi, aroma SEA Games 2019 di Filipina sudah tercium. Pasalnya, peta persaingan tenis putri khususnya di nomor tunggal di kawasan Asia Tenggara saat ini memang dipuncaki oleh wakil Indonesia dan Thailand.

Petenis yang mempersembahkan medali emas pada Asian Games 2018 di nomor ganda campuran berpasangan dengan Christopher Rungkat itu mengakui bahwa ajang ini sebagai persiapan menuju SEA Games 2019 yang rencananya bergulir pada November 2019, mendatang.

"Turnamen ini memang menjadi ajang persiapan tim tenis putri Indonesia menuju SEA Games 2019 di Manila Filipina, Desember 2019," tutur Aldila.

Hal itu-pun dibenarkan oleh Ketua Umum PP Pelti Rildo Anwar. Menurutnya, kejuaraan ITF World Tennis Tour bakal dijadikan bahan evalauasi bagi petenis Indonesia yang sedang mempersiapkan diri menjelang SEA Games 2019.

Untuk diketahui, ITF World Tennis Tour yang digelar di Jakarta ini terbagi menjadi dua kejuaraan. Sebelum ajang, Pelti Indonesia W15 Jakarta, induk cabang olahraga tenis di Tanah Air itu sudah menggelar 25K ITF Womens Circuit Jakarta 2019 yang berlangsung sejak 17 Juni hingga 23 Juni 2019, kemarin.

"(Kedua) turnamen ini menjadi evaluasi kita menjelang SEA Games nanti. Dengan kata lain, ini juga menjadi persiapan kita menuju SEA Games 2019 nanti. Dengan begitu, kita bisa tahu posisinya siapa saja di tunggal maupun di ganda," tutur Rildo di tempat yang sama.

Rildo mengatakan, pihaknya sengaja mempercabanyak turnamen demi memberikan kesempatan untuk para pemain khususnya atlet junior yang sudah menjalani latihan untuk bisa menujukkan kemampuannya di kejuaraan resmi. Terlebih diakuinya, kejuaraan ini juga akan menjadi pertimbangan pihaknya, untuk bisa menentukan siapa saja pemain yang akan diturunkan dalam SEA Games 2019 nanti.

"Kita ukur kemampuan para pemain dari turnamen yang diikutinya. Karena kita sedngan mempersiapkan diri untuk SEA Games 2019. Tentunya, nanti kita akan evaluasi siapa saja yang akan diturunkan di partai tunggal maupun ganda," tutur Rildo.

Serupa dengan Rildo, wakil Ketua Umum PP Pelti Sutikno Mulyadi juga mengatakan meskipun pelatihan nasional (pelatnas) sudah dijalai sejak 20 Mei 2019, lalu, para petenis tetap membutuhkan persiapan ekstra, yakni dengan menerjunkan mereka langsung ke sebuah turnamen.

Pertama kan kelas 25K ya, di situ tantangan lebih berat, secara tekhnis sebenaranya beberapa pemain kita mampu mengimbangi, akan tetapi maslaah pengalaman bertandingan memang harus kita perbanyak karena mereka kalahnya hampir rubber set semua, dan itu yang kita antisipasi di pelatnas," tutur ujar Mulyadi.

Sementara itu turnamen ITF World Tennis Tour mendapat kunjungan Presiden Federasi Tenis Asia, Anil Khanna. Ia menyebutkan Indonesia merupakan salah satu negara penting dalam perkembangan tenis di kawasan Asia Tenggara.

"Saya yakin dibawah kepemimpinan Rildo Ananda Anwar, akan membawa tenis Indonesia ke arah yang lebih baik. Dan kehadiran saya di Indonesia adalah untuk meyakinkan negara ini adanya dukungan dari Federasi Tenis Asia," ucap Anil.

Untuk diketahui, selain menurunkan Aldila, Pelti juga menurunkan beberapa pemain lainnya dalam ajang berhadiah total USD 15 ribu atau sekitar Rp 210 juta tersebut. Di antaranya, Jessy Rompies, Rifanty Kahfiani, Fitriani Sabatini, Fitriana Sabrina, Joleta Budiman, Nadia Ravita dan Deria Nur Haliza.

Dua petenis muda Indonesia, Oxi Gravitasi Putri dan Putri Sanjungan Insani berhasil melangkah ke babak utama setelah memenangi laga final kualifikasi, Senin (24/6) kemarin. Kubu tuan rumah masih berpeluang meloloskan tiga petenis tambahan ke main draw yakni Bramila Shofia Nenden, Audy Phetricia dan Samantha Nanere yang akan tampil di final kualifikasi, Selasa (25/6) hari ini. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua tunggal putri Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung tampil gemilang di laga awal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.


Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

27 pemain bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal meramaikan ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss.


Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Tim Merah Putih menargetkan meraih satu gelar juara pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss, 19-25 Agustus mendatang.


Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.


Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas Indonesia U-15 tengah bersiap untuk menghadapi Vietnam U-15 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 2019 di Stadion IPE 1, Chonburi, Thailand, Jumat


Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar

Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18.


Bima Sakti: Ini Bukan Akhir Perjalanan Timnas U15

Bima Sakti: Ini Bukan Akhir Perjalanan Timnas U15

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 gagal menadapatkan tiket babak final Piala AFF U-15 2019.


Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar

Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 gagal menadapatkan tiket babak final Piala AFF U-15 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!