Sport
Share this on:

Ambil Tes Privat Agar Makin Solid

  • Ambil Tes Privat Agar Makin Solid
  • Ambil Tes Privat Agar Makin Solid

JEREZ - Posisi tertinggal 0-1 dari Ducati membuat Honda merasa perlu mempersiapkan diri lebih matang menghadapi seri-seri berikutnya. Untuk itu, mereka memutuskan mengambil jatah tes privat mulai kemarin di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Marc Marquez dan Daniel Pedrosa turun langsung pada hari pertama uji coba. Setelah itu, dua hari berikutnya akan dilanjutkan oleh pembalap uji Honda yang baru Stefan Bradl. Mantan pembalap KTM tersebut didapuk menjadi pembalap uji Honda sejak awal musim ini.

Honda menjadi satu-satunya tim pabrikan yang belum sekalipun mempergunakan jatah uji coba privatnya untuk musim 2018. Mereka memilih tidak ikut dalam uji coba di Jerez November tahun lalu untuk menghemat jatah tes yang memang terbatas. Untuk diketahui, dalam satu musim, tim pabrikan hanya diperbolehkan melakukan tes privat sebanyak lima kali.

Yamaha dan Ducati sudah menggunakan dua dari lima kesempatan itu. Keduanya melakukan tes privat pada November. Sedangkan tiga pabrikan lainnya Suzuki, Aprilia, dan KTM memiliki kesempatan tak terbatas dalam melakukan uji coba privat. Ketiganya masih memiliki status konsesi sebagai tim yang tidak pernah finis di podium sepanjang musim 2017.

Seri kedua MotoGP bakal berlangsung di Argentina 8 April mendatang. Honda akan membawa pulang banyak data dari uji coba privat tiga hari di Jerez untuk menghadapi balapan tersebut. Namun superstar Yamaha Valentino Rossi memprediksi peta persaingan bisa jadi akan berubah total dibandingkan dengan seri pertama di Qatar.

Rossi menduga, perubahan kekuatan tim-tim MotoGP bakal mengalami dinamika yang jomplang. Bergantung pada adaptasi motor terhadap ban. ''Jadi tidak ada yang tahu apa yang bakal terjadi di Argentina,'' ujar Rossi.

Faktor utama dari naik-turunnya performa motor tersebut, papar Rossi, karena karakter ban Michelin yang akan berdampak berbeda ketika dipasang pada sasis motor-motor MotoGP. Artinya, pemilihan ban pada setiap balapan, kini, tidak lagi ditentukan oleh gaya balap atau selera pembalapnya. Tapi karena motornya.

Argentina adalah sirkuit yang pas untuk Yamaha. Musim lalu, dua motor Yamaha finis 1-2. Rossi finis 2,9 detik di belakang rekan satu timnya Maverick Vinales. Sementara pembalap LCR-Honda Cal Crutchlow melengkapi podium ketiga, setelah Marquez, Pedrosa, dan Dovizioso gagal finis. (cak/nur/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kembali Setelah Delapan Tahun

Kembali Setelah Delapan Tahun

Setelah delapan tahun tak pernah ambil bagian, Novak Djokovic tahun ini akan kembali tampil di ajang Quenn's Club Tournament yang mulai dihelat awal pekan depan


Wilder vs Joshua Makin Dekat

Wilder vs Joshua Makin Dekat

Duel unifikasi tinju juara dunia kelas berat antara sang penguasa sabuk versi WBC Deontay Wilder kontra Joshua makin mendekati kenyataan.


Sukses di Jerman, Tim Soft Tenis Indonesia Makin Pede

Sukses di Jerman, Tim Soft Tenis Indonesia Makin Pede

Tim soft tenis Indonesia punya track record medali di Asian Games terdahulu, Incheon 2014.


Ricciardo Ambil Penalti di Kanada

Ricciardo Ambil Penalti di Kanada

Pasca merengkuh podium tertinggi di GP Monako (27/5), pembalap Red Bull Daniel Ricciardo bakal sulit kembali meraih hasil apik.


Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara.


Makin Siap Tatap Prancis Terbuka

Makin Siap Tatap Prancis Terbuka

Rafael Nadal kembali mengambil alih ranking satu dunia pekan ini.


Kontrak Baru Dovi dengan Ducati Buntu

Kontrak Baru Dovi dengan Ducati Buntu

Ducati mengeluarkan ultimatum kepada Andrea Dovizioso, agar urusan kontraknya segera tuntas.


Yuni Penuhi Target Angkatan

Yuni Penuhi Target Angkatan

lifter Merah Putih menunjukkan hasil memuaskan pada tes angkatan bulanan keempat di Mako Pasmar 2 Kwini kemarin.


Alvin Janji Lebih Garang di Seri-3

Alvin Janji Lebih Garang di Seri-3

Pembalap andalan tim Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar makin bergairah paska meraih posisi kedua di kelas Kejurnas Indonesia Touring Car (1600 Max.


Persiapan Terakhir di Auckland

Persiapan Terakhir di Auckland

Hanya Jonathan Christie, tunggal putra pelatnas yang ambil bagian di New Zaeland Open 2018.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!