Sport
Share this on:

Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games

  • Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games
  • Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games

JAKARTA - Badan Tim Nasional Pengurus Pusat Persatuab Bola Voli Seluruh Indonesia (BTN PP PBVSI) memilih Muhammad Ansori sebagai pelatih tim nasional voli putri Asian Games 2018. Anshori menggantikan Risco Herlambang yang sebelumnya berhasil mempersembahkan medali perak SEA Games 2017 bagi Indonesia.

Wakil Ketua BTN PP PBVSI Hanny Sukartty mengatakan, pemilihan tersebut berdasarkan hasil diskusi tim BTN selama gelaran Proliga. Pihaknya juga mengikutsertakan seluruh pelatih untuk mengusulkan nama calon pelatih timnas.

”Dari situ ada empat kandidat yang muncul,” ucap Hanny. Yakni, Risco, Ansori, Oktavian, dan Wilfridus Wahyu.

Hasilnya, pilihan jatuh kepada Ansori. Hanny menilai, pelatih tim putri Jakarta Pertamina Energi itu tidak hanya sekedar berhasil mengantarkan timnya ke grand final Proliga 2018. Namun, lebih kepada caranya mengayomi serta meningkatkan moral pemain.

Salah satu contohnya, ketika Jakarta Pertamina Energi menghadapi PGN Popsivo Polwan di laga final four putaran kedua lalu. Quicker Agustin Wulandhari mengalami cedera pada game kedua. ”Ansori dengan cepat beradaptasi dengan mengganti strateginya dan berhasil menang. Dari situ kecermatannya terlihat,” ujar Hanny.

Ansori, lanjut dia, dinilai mampu memaksimalkan skuadnya yang ada. Tidak hanya mengandalkan satu pemain. Selain itu, Anshori juga lebih senior dan berpengalaman di antara empat nama lainnya.

Sebelumnya, dia pernah menghuni kursi pelatih timnas putri tahun 2013 hingga 2015. Saat itu, pelatih 50 tahun itu mempersembahkan dua kali medali perunggu pada SEA Games 2013 dan 2015.

Di sisi lain, Ansori merasa beruntung bisa kembali dipercaya menukangi timnas voli putri Asian Games. Dia merasa tertantang untuk membawa skuad Merah Putih berprestasi di ajang multievent se-Asia tersebut.

Mantan pelatih Popsivo Polwan itu ingin mewujudkan target menembus delapan besar Asia sesuai target yang dicanangkan PP PBVSI. ”Apalagi sebagai tuan rumah. Paling tidak bisa melewati target itu. Kami juga hanya ada waktu 4 bulan untuk persiapan,” katanya.

Ansori menyebut, skuad voli putri saat ini memiliki open spiker yang mumpuni seperti Aprilia Manganang, Megawati Hangestri, maupun Amalia Fajrina. Namun, menurutnya masih ada kekurangan dari segi receive.

”Kerja keras saya harus mematangkan pemain-pemain berposisi libero dan allround,” jelasnya.

Rencananya, selesai gelaran Proliga seluruh pemain yang dipanggil akan menjalani pemusatan latihan nasional 23 April di Padepokan Voli Sentul, Bogor. (han/jpg)

Berita Sebelumnya

Yamaha Desak Hukuman Lebih Keras
Yamaha Desak Hukuman Lebih Keras

Berita Berikutnya

Jangan Kendur, Tetap Waspada
Jangan Kendur, Tetap Waspada

Berita Sejenis

Jorji: Masih Sedikit Nyeri

Jorji: Masih Sedikit Nyeri

Kondisi cedera pinggang pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung sudah berangsur pulih.


Label Timnas Bukan Jaminan

Label Timnas Bukan Jaminan

Ungkapan ''Bola itu bundar'' dan ''Apa pun bisa terjadi di lapangan'' biasanya diucapkan tim underdog untuk menyemangati diri sendiri.


Bintang Ngefans Bintang

Bintang Ngefans Bintang

Meski sama-sama berstatus atlet elit, petenis putri ranking empat dunia Elina Svitolina tidak jaim (jaga image).


Ingin Tambah Empat Pemanah Lagi

Ingin Tambah Empat Pemanah Lagi

Pelatnas panahan untuk Asian Games 2018 akan berakhir medio Desember mendatang. Otomatis, harus segera ada penggantinya.


Timnas Basket Siap Hadapi Malaysia

Timnas Basket Siap Hadapi Malaysia

Jelang pra kualifikasi FIBA Asia Wilayah Timur 2021 di Thailand, timnas basket Indonesia terus menggenjot performa para pemainnya.


Ginting Amankan Satu Slot ke Guangzhou

Ginting Amankan Satu Slot ke Guangzhou

Kekalahan Jonatan Christie dari Kento Momota, 24-22, 9-21, 9-21 menutup peluang peraih emas Asian Games 2018 itu tampil di BWF Tour Finals 2018.


Tunggal Putri Merah Putih Kian Terpuruk

Tunggal Putri Merah Putih Kian Terpuruk

Setahun terakhir, tunggal putri Indonesia sangat kesulitan bersaing di pentas BWF Tour. Kondisi yang sama berulang di Hongkong Open 2018.


Juara, Bank Jatim Belum Puas

Juara, Bank Jatim Belum Puas

Surabaya Bank Jatim sekali lagi mengukuhkan dominasi sebagai tim putri terkuat di tanah air.


Kalahkan Alko, Petro Berpotensi Bertahan di Livoli

Kalahkan Alko, Petro Berpotensi Bertahan di Livoli

Tim putri Petrokimia Gresik bisa sedikit bernafas lega. Ancaman terdegradasi dari Livoli Divisi Utama belum terjadi.


Jorji Baru Bisa Main di Korea Master

Jorji Baru Bisa Main di Korea Master

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung harus menepi dari ingar-bingar bulu tangkis dunia.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!