Sport
Share this on:

Aston Villa Kembali ke Premier League

  • Aston Villa Kembali ke Premier League
  • Aston Villa Kembali ke Premier League

LONDON - Bulir keringat masih membasahi kening Dean Smith, Pelatih Aston Vila. Laga The Villian (sebutan Aston Villa) versus Derby County untuk memperebutkan satu tiket promosi berlangsung seru di Stadion Wembley, London, Senin (27/5). Masih ada lima menit lagi menuju masa injury time. Dua gol dari sepakan Anwar El Ghazi dan John McGinn sebenarnya telah memastikan mereka menyusul Norwich City dan Sheffield United promosi ke Premiere League.

Sayang di menit 81, sepakan striker Derby County Jack Marriott berhasil merobek gawang mereka. Skor berubah menjadi 2-1. Lini belakang dibuat semakin merapat. Sedari awal, Aston Villa hanya mengandalkan Tammy Abraham sebagai penyerang tunggal. Memakai strategi 4-2-3-1, serangan lebih banyak dilakukan Alber Adomah, Jack Grealish, dan Anwar El Ghazi diposkan sebagai gelandang serang.

Hingga peluit panjang berbunyi tak ada penambahan gol.Dean Smith tak bisa menyembunyikan rasa bangganya. Ia melompat tinggi. Final play-off promosi Divisi Championship menjadi milik The Villian. Target Dean Smith akhirnya tercapai membawa Juara Liga Champions 1981-82 ini kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris.

Prestasi pria yang hanya 14 kali merasakan Liga Premier bersama Sheffield Wednesday termasuk luar biasa. Mantan bek Leyton Orient ini didapuk sebagai pelatih Aston Villa setelah Steve Bruce gagal membawa The Villan ke Premier League. Selama menunggangi The Villan, Dean membawa 19 kemenangan, 10 kali imbang dan sembilan kali kalah. Raihan ini mendudukan Aston Villa ke posisi ke lima dan masuk ke dalam babak Playoff bersama Derby County, Leeds United dan West Bromwich Albion.

Sementara tim lainya, Norwich City menjadi juara Championship 2018-2019 berkat raihan 94 poin dari 46 laga. Mereka baru tiga musim lalu terlempar dari Premier League. Butuh dua tahun bagi sang Pelatih Daniel Farke membawa sang burung kenari-julukan Norwich City kembali lagi ke habitatnya. Dikutip dari Skysport, tercatat persentase kemenangan Norwich di tanganya adalah 46,8 persen dengan 48 kali kemenangan, 30 kali imbang dan 25 kali kalah.

Farke menjadi pelatih dari luar Inggris yang menjadi manajer tim yang bermarkas di Carrow Road dalam sejarah klub itu. Usai menggantikan Alex Neil di musim 2017-2018, Farke mendapatkan tekanan dari para pendukungnya akibat finis di posisi 14, dan tidak dapat mengawali musim 2018/19 dengan memuaskan.Namun pada akhirnya mereka dapat kembali ke Premier League sebagai juara divisi Championship.

Sementara cerita sang runner up Sheffield United tak kalah uniknya. Penghujung April lalu, anak asuh Chris Wilder mengunci satu slot untuk promosi ke Premier League usai menang 2-0 atas Ipswich Town. Kemenangan Sheffield ini memang sudah diprediksi sebelumnya mengingat Ipswich pun sudah dipastikan terdegradasi ke League One setelah menempati peringkat terakhir di Divisi Championship.

Butuh waktu 12 tahun bagi The Blades (julukan Sheffield United) kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris usai terdegradasi 2007 silam. Musim ini Sheffield menjadi runner up Divisi Championship dengan 89 poin.

Mereka unggul lima angka dari Leeds di urutan tiga. Dari 45 laga Divisi Championship musim ini, Sheffield cuma kalah sembilan kali. 26 kemenangan mereka dapat, dan 10 laga lain berakhir imbang. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain anyar di bursa transfer pertengahan musim Liga 1 Indonesia 2019.


Overtake Kunci Kemenagam Marquez di San Marino

Overtake Kunci Kemenagam Marquez di San Marino

Rider Spanyol kembali menjadi kampiun di MotoGP San Marino 2019, Minggu (15/9).


Usai Bertarung Lima Set, Nadal Pastikan Grand Slam ke-19

Usai Bertarung Lima Set, Nadal Pastikan Grand Slam ke-19

Rafael Nadal kembali meraih gelar juara US Open 2019 setelah menundukkan unggulan ke empat, Daniil Medvedev 7-5, 6-3, 5-7, 4-6, dan 6-5.


Leclerc Podium, Akhirnya Ferrari Pesta di Rumahnya Sendiri

Leclerc Podium, Akhirnya Ferrari Pesta di Rumahnya Sendiri

Tifosi Ferrari akhirnya kembali berpesta di rumah sendiri. Mereka menyemut di area grid start Sirkuit Monza.


Priska Gagal tembus Semifinal US Open Junior

Priska Gagal tembus Semifinal US Open Junior

Upaya petenis Indonesia Priska Nugroho untuk mendapatkan gelar Grand Slam junior pertamanya kembali gagal.


Liga Premier Minim Pemain Lokal

Liga Premier Minim Pemain Lokal

Industri sepak bola Inggris masih menjadi liga sepakbola rujukan pencinta bola.


Silverstone, Asa De Javu Lorenzo

Silverstone, Asa De Javu Lorenzo

Setelah absen empat balapan, Jorge Lorenzo akhirnya mengonfirmasi kembali mengaspal di MotoGP Seri Inggris, akhir pekan ini.


Takluk dari Arsenal, Petaka Gaya Bertahan Bruce

Takluk dari Arsenal, Petaka Gaya Bertahan Bruce

Pelatih Newcastle Steve Bruce harus menelan pil pahit di laga pekan pertama Premier League 2019.


Gegar Otak, Dimas Ekky Kembali Absen

Gegar Otak, Dimas Ekky Kembali Absen

Gegar otak yang menimpa Dimas Ekky Pratama masih belum pulih. Kondisi itu memaksanya harus istirahat total.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!