Sport
Share this on:

Bank Jatim dan Samator ke Final

  • Bank Jatim dan Samator ke Final
  • Bank Jatim dan Samator ke Final

MAGETAN - Surabaya Bank Jatim dan Bhayangkara Samator kian dekat dengan gelar juara Livoli Divisi Utama. Mengulang prestasi tahun lalu, dua tim asal Surabaya itu sukses melangkah ke partai puncak yang digelar besok.

Pada semifinal di GOR Ki Mageti, Magetan, kemarin, Bank Jatim mengalahkan PGN Popsivo Polwan 3-1. Sementara itu, Samator menundukkan Berlian Bank Jateng 3-0. ’’Ini tontonan yang indah. Kami bisa mempertahankan tempat di final,’’ ucap M. Ansori, pelatih Bank Jatim, dengan wajah semringah.

Ekspresi Rianita Panirwan dkk tak kalah cerah. Mereka meluapkan kegembiraan melangkah ke final dua kali beruntun. Sangat berbeda dengan sikap mereka sebelum pertandingan.

Sebelum laga dimulai, para pemain Bank Jatim terlihat tegang. Semifinal adalah babak knockout. Tidak ada kesempatan kedua. Sebagai juara bertahan, mereka juga punya beban mental tersendiri.

Hal itu akhirnya berimbas pada performa Bank Jatim pada set pertama. Penerimaan bola kacau. Akurasi servis kurang. Passing bola juga buruk. Tercatat, Bank Jatim memberikan 11 poin gratis untuk lawan. Mereka pun kalah 21-25.

’’Terlalu tegang itu membuat semua serangan kami dimentahkan lawan,’’ jelas Ansori.

Di saat seperti itu, kehadiran para pemain timnas sangat berpengaruh buat Bank Jatim. Mental mereka telah terasah. Cepat bangkit. Pada set kedua, mereka jauh lebih tenang. Permainan lebih tertata. Rianita dkk bisa mengeblok bola dari open spiker lawan Arsela Nuari Purnama. Quicker Asih Titi Pangestuti beberapa kali turut menyumbang poin.

Ketika open spiker Megawati Hangestri Pertiwi didera demam panggung, pemain senior Novia Andriyanti bermain ngotot. Spiker 27 tahun itu mampu memanfaatkan setiap umpan yang dikirimkan tosser Yolana Betha Pangestika. Dia jadi tumpuan tim untuk meraih poin. Bank Jatim mampu merebut tiga set berikutnya.

Di final besok (4/11), mereka berhadapan dengan TNI-AL. Melihat konsistensi permainan TNI-AL sepanjang babak penyisihan hingga semifinal, pertandingan dipastikan berlangsung seru. Bila melihat materi pemain, Bank Jatim lebih unggul dan matang akan pengalaman.

Sedangkan lawan punya beberapa pemain yang berpengalaman di level Proliga. ’’Siapa pun yang masuk final adalah tim terbaik. Mudah-mudahan target juara tercapai,’’ ucap Ansori.

Sementara itu, Samator terlihat menang dengan skor bulat. Namun, tim besutan Ibarsjah Danu Tjahjono itu belum puas dengan permainan yang ditunjukkan. Sebab, mereka harus berjuang keras di setiap set. Rendy Febrian Tamamilang dkk menang dengan skor tipis-tipis.

’’Faktor luck berpihak pada kami,’’ kata Ibarsjah.

Pada set pertama, Samator sempat tertinggal 2-7. Receive menjadi problem utama tim yang bermarkas di Driyorejo, Gresik, tersebut. Padahal, dari segi kualitas pemain, Samator unggul. Nyatanya, Berlian beberapa kali bisa menyamakan kedudukan. Bahkan, di set kedua, deuce berlangsung lama hingga 30-28. Babak ketiga pun tidak kalah ketat.

Jeda waktu satu hari sebelum final akan dimanfaatkan Ibarsjah untuk memoles Rendy dkk agar lebih siap menghadapi final. Bagaimana membuat emosi para pemain lebih terkontrol ketika berada dalam tekanan lawan. Dan yang utama, ’’Kami harus memperbaiki receive,’’ pungkas Ibarsjah. (feb/c17/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Makin Dekati Gelar ke-100
Makin Dekati Gelar ke-100

Berita Berikutnya

Lakers Putus 16 Kekalahan Beruntun
Lakers Putus 16 Kekalahan Beruntun

Berita Sejenis

Indonesia Ditantang Singapura di 8 Besar

Indonesia Ditantang Singapura di 8 Besar

Tim bulutangkis Indonesia lolos ke babak perempat final kejuaraan Badminton Asia Mixed Team Championships 2019.


Mati-matian di Final IBL tanpa Jamarr

Mati-matian di Final IBL tanpa Jamarr

Satria Muda Pertamina Jakarta bakal menjalani laga perdana babak final Indonesian Basketball League (IBL) musim 2018-2019 menghadapi Stapac Jakarta, Kamis (21/3


Indonesia Satu Grup dengan Denmark dan Inggris

Indonesia Satu Grup dengan Denmark dan Inggris

Undian kejuaraan beregu campuran bulu tangkis paling bergengsi di dunia, Sudirman Cup sudah digelar di Nanning, China, Selasa (19/3) kemarin.


Menunggu Duel Panas SM versus Stapac

Menunggu Duel Panas SM versus Stapac

Indonesian Basketball League (IBL) musim 2018-2019 telah memasuki babak final.


E-sport Masuk Kurikulum Tuai Polemik

E-sport Masuk Kurikulum Tuai Polemik

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi merespons perkembangan e-sport di kalangan generasi milenial dengan melontarkan gagasan memasukkan e-sport dalam kuriku


Hendra/Ahsan Diidolai dan Panutan yang Baik

Hendra/Ahsan Diidolai dan Panutan yang Baik

Usai menjadi juara All England 2019, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus sudah fokus ke turnamen berikutnya.


Enam Wakil Indonesia Lolos ke Perempat Final All England

Enam Wakil Indonesia Lolos ke Perempat Final All England

Dari tujuh wakil Indonesia yang berlaga di babak kedua All England, Kamis (7/3) hingga Jumat (8/3) dinihari WIB, enam lolos ke perempatfinal.


Samator Juara Back-to-back

Samator Juara Back-to-back

Ibarsjah Djanu Tjahjono begitu tegang. Sesekali dia melontarkan instruksi kepada pemain agar tetap fokus, khususnya pada set keempat.


Atletico Optimis Kalahkan Juventus demi Wanda Metropolitano

Atletico Optimis Kalahkan Juventus demi Wanda Metropolitano

Sepanjang sejarah Liga Champions, hanya Bayern Muenchen yang dapat menjalani final di rumahnya sendiri, Allianz Arena, Muenchen.


19 Gol dari 18 Laga

19 Gol dari 18 Laga

Kylian Mbappe kembali membuktikan jika bahwa absennya dua tandem lini depan Neymar Jr dan Edinson Cavani tak jadi halangan bagi dirinya untuk mencetak gol.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!