Sport
Share this on:

Banyak Pebalap Tergelincir, Ini Akhir Balapan yang Gila!

  • Banyak Pebalap Tergelincir, Ini Akhir Balapan yang Gila!
  • Banyak Pebalap Tergelincir, Ini Akhir Balapan yang Gila!

VALENCIA - Di tengah hujan lebat GP Valencia yang menjadi balapan terakhir musim ini dihelat kemarin. Gara-gara kondisi tersebut, satu-persatu pembalap bertumbangan. Setelah sempat dihentikan pada lap ke-13, pembalap Ducati Andrea Dovizioso menjadi kampiun.

Race director terpaksa mengibarkan red flag alias bendera merah di lap 13 lantaran hujan turun begitu lebat. Apalagi, sejak lap pertama sampai ke-13 itu sudah ada 11 kejadian para pembalap terjatuh. Mayoritas gara-gara tergelincir.

Di antara para pembalap yang tergelincir itu ada pembalap Movistar Yamaha yang memulai race dari posisi pole position Maverick Vinales. Gara-gara kejadian ini harapan Vinales untuk finis di posisi ketiga klasemen akhir pembalap pupus.

Sang juara dunia Marc Marquez juga tumbang. Pembalap Spanyol itu tergelincir di lap enam pada tikungan delapan. Dia tak mampu lagi meneruskan balapan dengan memeganig bahu kiri. Sama seperti yang dia alami di babak kualifikasi kedua pada Sabtu.

Setelah berjalan 13 lap dengan begitu banyak insiden balapan akhirnya dihentikan. Sekitar 15 menit kemudian, saat hujan mulai reda race dilanjutkan dengan 16 pembalap mengikuti start ulang.

Mereka melahan14 lap tersisa. Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins memulai dari posisi terdepan. Dovizioso sendiri memulai start ulang itu dari posisi kedua. Sementara pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi berada di urutan ketiga.

Power mesin Ducati yang lebih besar membuat Dovizioso langsung menyalip Rins sebelum sampai di tikungan pertama. Setelah itu kontan Dovizioso terus memimpin lomba sampai akhir.

“Ini balapan gila,” ucap Dovizioso dalam wawancara usai lomba. Saya bersyukur tidak terjatuh di awal. Itu karena terlalu banyak air (di lintasan). Sungguh menyenangkan mengakhiri musim dengan hasil seperti ini,” tambah pembalap asal Italia tersebut.

Rossi membuang-buang kesempatan finis di podium. Saat lima lap tersisa, dia berada di posisi kedua. Namun, manuver yang dia lakukan membuatnya terjatuh di tikungan 12. Rossi memang masih bisa meneruskan balapan tapi hanya finis di posisi 13.

Gara-gara momen tersebut pembalap KTM Pol Espargaro ketiban untung. Dia yang berada di posisi keempat naik ke posisi ketiga. Sementara Rins juga naik ke posisi kedua. Formasi ini bertahan sampai finis.

Ini sekaligus membuat KTM membuat sejarah. Mereka meraih podium pertamanya sepanjang keikutsertaan di MotoGP.

“Saya tidak bisa mengatakan apapun. Ini sungguh luar biasa,” ucap Bos KTM Pit Beirer. “Kami sangat menunggu momen ini. Saya tidak bisa menggambarkan kepadamu betapa kami menginginkan ini,” tambahnya. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Atletico Optimis Kalahkan Juventus demi Wanda Metropolitano

Atletico Optimis Kalahkan Juventus demi Wanda Metropolitano

Sepanjang sejarah Liga Champions, hanya Bayern Muenchen yang dapat menjalani final di rumahnya sendiri, Allianz Arena, Muenchen.


Launching Lantas Tergelincir

Launching Lantas Tergelincir

Debut Kimi Raikkonen bersama tim barunya Alfa Romeo Racing pada pre season test hari pertama di Barcelona kemarin berjalan kurang mulus.


Jadi Tersangka, Belum Ada Sanksi buat Jokdri

Jadi Tersangka, Belum Ada Sanksi buat Jokdri

Status tersangka yang kini ditanggung Plt Ketum PSSI Joko Driyono belum dianggap sebagai pelanggaran keorganisasian oleh komite etik federasi.


Djarum Superliga 2019, Jaya Raya Paling Tangguh

Djarum Superliga 2019, Jaya Raya Paling Tangguh

Djarum Superliga Badminton 2019 bergulir mulai hari ini (18/2) hingga 24 Februari.


Ultah ke-40, Rossi Bisa Balapan Sampai 46 Tahun

Ultah ke-40, Rossi Bisa Balapan Sampai 46 Tahun

Hari ini Valentino Rossi genap berusia 40 tahun. Musim ini pembalap Italia tersebut memasuki musim ke-24 nya berkarir di ajang World Championship.


Dugaan Pelecehan Seksual, Marko Simic Bisa Dipenjara

Dugaan Pelecehan Seksual, Marko Simic Bisa Dipenjara

Kasus pelecehan seksual yang menimpa Striker Persija Jakarta Marko Simic terus bergulir.


Drawing Tak Menguntungjan, Waswas Sebelum All England

Drawing Tak Menguntungjan, Waswas Sebelum All England

All England sudah dilansir awal pekan ini. Yang paling mengkhawatirkan adalah sektor tunggal putri.


Akibat Omong Besar

Akibat Omong Besar

Keluarga Mayweather memang dikenal sebagai klan tinju. Floyd Mayweather Jr, saat ini merupakan pemegang rekor sempurna 50 kemenangan.


Piatek Topeng Dybala dan El Pistolero

Piatek Topeng Dybala dan El Pistolero

Krzysztof Piatek terus mengejar Cristiano Ronaldo dalam pacuan perburuan Capocannoniere Serie A musim ini.


Toro Rosso Launching Kedua

Toro Rosso Launching Kedua

Toro Rosso kemarin menjadi tim kedua yang memperkenalkan livery mobil mereka untuk musim 2019.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!