Sport
Share this on:

Bima Sakti Evaluasi TC Timnas Indonesia U-16 Tahap Pertama

  • Bima Sakti Evaluasi TC Timnas Indonesia U-16 Tahap Pertama
  • Bima Sakti Evaluasi TC Timnas Indonesia U-16 Tahap Pertama

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 sudah menyelelesaikan agenda pemusatan latihan (pelatnas) atau training camp (TC) dan seleksi pemain tahap pertama. Dimulai sejak 13 Mei, TC dan seleksi pemain tahap pertama ini berakhir usai laga uji coba pertama mereka di GOR Pajajaran, Bogor, Sabtu (25/5) kemarin, menghadapi tim lokal Sister City DKI dan tim Liga Kompas Gramedia U-15.

TC dan seleksi yang digelar di lapangan National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, Bojongsari, Jawa Barat sejak 13 Mei 2019 lalu itu sebelumnya diikuti oleh 41 pemain. Namun, pada pekan pertama TC, pelatih kepala, Bima Sakti terpaksa mencoret 13 nama usai menjalani sejumlah latihan dan internal game, Jumat (17/5) lalu.

Sebanyak 13 pemain itu adalah, M. Adrian (PSM Makassar), Eelang Abila (Bhayangkara FC), Rivaldo Aimar (Bhayangkara FC), Figo Firmansyah (Bhayangkara FC), Saptian Dwi (PS Tira), Fadhil Muhammad (Persela), Ariel Gunawan (Persib) Micko Dharma (Semen Padang), Mohammad Hafizh A (Semen Padang), Zanadin Fariz (Perseru) Febrian Tri Yanto (Madura United) Tristan Alif Nouval (ASIOP), Juniardi Putragaradesky (SSB Rampagoe Aceh).

Sebanyak 28 pemain yang bertahan terus menjalani latihan hingga akhirnya dipulangkan usai menjalani dua laga uji coba. Dalam laga uji coba itu, Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan tipis 1-0 atas tim Sister City DKI dan bermain imbang tanpa gol dari tim Liga Kompas Gramedia U-15. Satu-satunya gol di pertandingan tersebut berasal dari Franciscus Valentino Amaral yang bermain untuk klub PSIS Semarang.

Meski tak puas, Bima Sakti mengaku masih memaklumi. Menurutnya, anak asuhnya masih perlu melakukan penyesuaian dan adaptasi lebih satu sama lainnya. "Saya memaklumi karena ini uji coba pertama. Jadi pemain perlu adaptasi lebih. Tapi Alhamdulillah mereka masih bisa memberikan yang terbaik," ungkap Bima Sakti di Jakarta, Senin (27/5) kemarin.

Oleh sebab itu, Bima mengaku akan melakukan evaluasi secara menyuluh kepada anak asuhnya tersebut. Diakuinya, ia memiliki video dari hasil uji coba tersebut untuk dirinya melakukan evaluasi itu. "Masih banyak yang perlu kami evaluasi. Salah satunya, kerja sama tim belum rapi. Kami punya rekaman video dan akan kami evaluasi," tutur Bima.

Lebih lanjut, Bima mengatakan bahwa dirinya telah memulangkan seluruh pemainnya. Namun ia menjelaskan, dalam TC dan seleksi pemain tahap kedua yang rencananya bergulir Stadion Wibawa Mukti, 13 Juni mendatang bakal ada nama-nama baru.

Ia menuturkan, dari 28 pemain yang tersisa saat ini belum tentu akan kembali di panggil dalam TC tahap kedua nanti. Menurutnya, TC dan seleksi tahap pertama itu bakal menentukan siapa saja dari 28 pemain yang akan kembali dipanggil untuk tahap kedua nanti.

"Iya, ada beberapa pemain baru yang akan dipanggil di TC tahap kedua nanti. Nantinya, tidak semua pemain yang saat ini mengikuti TC akan dipanggil dalam tahap keduananti. Dengan kata lain, pekan ini menjadi seleksi kedua buat mereka (28 pemain)," ungkap Bima Sakti kepada FIN, beberapa waktu lalu.

Namun, nama-nama pemain baru yang akan dipanggil dalam TC tahap kedua nanti tak memiliki waktu lama untuk bisa menujukkan penampilan terbaiknya. Pasalanya, menurut Bima, dirinya akan langsung memantau secara khusus selama empat hari TC tahap kedua tersebut. Menurutya, pemain yang tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan akan langsung kembali dipulangkan.

Hal itu harus dilakukan, sebab tim pelatih akan fokus mematangkan tim dengan jumlah 25 pemain yang dipersiapkan untuk Piala AFF U-15 pada 22 Juli hingga 9 Agustus 2019 mendatang di Thailand. "Ada beberapa pemain yang akan kami berikan kesempatan lagi untuk ikut seleksi. Tapi enggak akan lama, sekitar tiga sampai empat hari. Nantinya saya akan melihat dari internal gim dan bisa langsung memutuskan," jelasnya.

Selain itu, pelatih kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976 itu juga mengharapkan adanya uji coba internasional di TC dan seleksi pemain tahap kedua nanti. Hal itu guna, mematangkan tim untuk memiliki pengalaman melawan tim dari luar Indonesia sebelum terjun di turnamen sesungguhnya.

"Ya, pastinya kami berharap ada uji coba internasional. Sehingga para pemain setidaknya sudah memiliki pengalaman bermain dengan tim dari luar Indonesia," tegas Bima.

Di sisi lain, Bima mengaku sudah memiliki kerangka tim. Nantinya dia ingin di setiap posisi di isi dua sampai tiga pemain dengan kualitas dan kemampuan yang setara. Salah satu kekuatan penting tim ini, adalah kecepatan. Kemampuan itu nantinya akan menjadi senjata utama dari karakter permainan yang tengah dibangun Bima.

Dia mencontohkan, skuad yang ada saat ini memiliki banyak pemain lincah dan kecepatan tapi juga punya skill individu yang mumpuni. Menurutnya, kelebihan itu akan menjadi andalan pasukannya dalam ajang yang akan diikuti oleh timnya.

"Ya kecepatan menjadi kunci utama tim ini. Karena itu kelebihan dari pemain-pemain ndonesia. Di sini saya juga memiliki sayap-sayap seperti Rui, Alexandro mereka punya kecepatan di sayap. Jadi kami main di tengah hanya sebagai poros, untuk main ke luar (sayap)," tukasnya.

Sebagai informasi, pelatnas dan seleski ini digelar sebagai persiapan menjelang Piala AFF U-16. Dalam ajang yang bakal bergulir pada 27 Juli 2019 di kota Chonburi, Thailand itu, Indonesia sendiri tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina. Laga perdana skuat Garuda akan berhadapan dengan Vietnam pada tanggal 27 Juli 2019 mendatang.

Selain untuk turnamen Piala AFF U-16 itu, Timnas Indonesia U-16 juga dipersiapkan untuk ajang Kualfikasi Piala AFC U-16 2020. Pada ajang ini, Indonesia sendiri bertindak sebagai tuan rumah.

Namun, dari hasil drawing atau undian pembagian grup yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5) kemarin, Indonesia tergabung dalam G bersama China, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepualauan Mariana Utara. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Torehan Buruk, Rudy Semprot PBSI
Torehan Buruk, Rudy Semprot PBSI

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.


Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

27 pemain bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal meramaikan ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss.


Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Tim Merah Putih menargetkan meraih satu gelar juara pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss, 19-25 Agustus mendatang.


Takluk dari Arsenal, Petaka Gaya Bertahan Bruce

Takluk dari Arsenal, Petaka Gaya Bertahan Bruce

Pelatih Newcastle Steve Bruce harus menelan pil pahit di laga pekan pertama Premier League 2019.


Momen Mengesankan Brad Binder di Red Bull Ring

Momen Mengesankan Brad Binder di Red Bull Ring

Musim pertama yang mengesankan. Ini tentu disandang Brad Binder (Red Bull KTM Ajo).


Lawan Laos, Timnas U18 Turunkan Skuad Terbaik

Lawan Laos, Timnas U18 Turunkan Skuad Terbaik

Timnas U-18 bakal melakoni laga keempat babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.


Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.


Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas Indonesia U-15 tengah bersiap untuk menghadapi Vietnam U-15 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 2019 di Stadion IPE 1, Chonburi, Thailand, Jumat


Tanpa Sejumlah Pilar Inti, Timnas U18 Cukur Timor Leste 4-0

Tanpa Sejumlah Pilar Inti, Timnas U18 Cukur Timor Leste 4-0

Timnas U18 menang 4-0 atas Timor Leste pada macthday kedua Grup A Piala AFF U-18 2019 di di Go Dau Stadium, Hanoi, Kamis (8/8) kemarin.


Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar

Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!