Sport
Share this on:

BOPI Beri Lima Rekomendasi untuk Penyelenggaraan Liga 1

  • BOPI Beri Lima Rekomendasi untuk Penyelenggaraan Liga 1
  • BOPI Beri Lima Rekomendasi untuk Penyelenggaraan Liga 1

JAKARTA - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menggelar pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), dua perwakilan klub, yaitu Persija Jakarta dan Bhayangkara FC, serta Asosisasi Pesepak Bola Indonesia (APPI).

"Terima kasih, kepada para undangan yang telah hadir dari LIB, perwakilan PSSI, Persija, Bhayangkara FC serta APPI. Kami mengundang kalian semua untuk sama-sam meyksikan penyerahan rekomendasi BOPI kepada LIB selaku operator kompetisi Liga 1 Indonesia 2019," ungkap Ketua BOPI, Richard Sambera dalam pertemuan yang dilangsungkan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Jumat (10/5) kemarin.

Menurut Richard, rekomendasi ini diberikan setelah pihaknya merampungkan verifikasi data dan dokumen serta melakukan kunjungan terhadap stadion homebase 18 klub peserta Liga 1 2019 dalam 30 hari terakhir. "Selama 30 hari terakhir kemarin, kita melakukan verifikasi mengumpulkan data dan dokumen dari LIB serta melakukan kunjugan ke beberapa stadion klub yang bermain di liga sepak bola profesional tertinggi di Indonesia," tuturnya.

Alhasil dari verifikasi tersebut, Richar mengatakan telah lahir lima rekomendasi untuk penyelenggaraan Liga 1 Indonesia musim 2019. Menurut Richard, lima poin rekomendasi yang diberikan BOPI itu agar kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini bisa berjalan lebih profesional dan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya agar tak ada lagi aksi kekerasan.

"Pertama, BOPI berharap PT LIB bekerja profesional. BOPI menekankan supaya tidak ada aksi kekerasan di Liga 1. BOPI akan bertindak keras apabila masih terjadi," tutur Richard. "Kedua, BOPI berharap PSSI dapat adil dan transparan. PSSI seyogyanya dapat menaungi sepak bola yang bertanggung jawab. Saya tidak perlu mengulangi bagaimana harapan rakyat Indonesia."

"Ketiga, kepada klub supaya dapat berkompetisi dengan sebaik mungkin. Bagi para pebisnis, harus profesional. BOPI berharap tidak ada lagi penunggakan gaji. BOPI juga berharap klub wajib bertingkah baik kepada masyarakat di daerahnya," terangnya.

Tak hanya itu, rekomendasi itu juga memberikan penegasan terhadap suporter dan pemain. BOPI berharap para suporter dan pemain menjadi contoh agar pertikaian yang kerap terjadi di sepak bola Tanah Air tak terulang kembali. "Para pemain harus menjadi contoh masyarakat luas, terutama suporter, bahwa pemain dari tim yang berlawanan pun dapat saling menghormati satu sama lain di dalam dan luar lapangan, bukan malah menjadi provokasi suporter," tuturnya.

"Terakhir kepada suporter, jauhi tindakan kekerasan. Tindakan praktik rasis, provokasi nyata maupun dunia maya, BOPI berharap tidak ada lagi tawuran. Apalagi ada korban yang tewas," jelasnya.

Menanggapi rekomendasi dari BOPI, Direktur Interim PT LIB, Dirk Soplanit, menyambut dengan positif. Pria yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI itu mengaku rekomendasi yang diberikan BOPI ini diharapkan mampu mewujudkan kompetisi yang lebih baik lagi.

"Saya berterima kasih kepada BOPI. Di balik ini semua, kai bertangung jawa atas pemberian rekomendasi ini. Tentunya ini akan menjadi tantangan buat kami. Satu yang harus kita pegang dalam aspek sepak bola dalam bentuk profesional, kita punya tanggung jawab untuk menjalankan tugas agar semua berjalan baik," ungkap Dirk.

"Kita juga harus memiliki intergritas yang tinggi, dan tekad kuat agar sepak bola profesional bisa kita wujudkan. Tak mudah, namun kita harus memiliki tekad untuk mewujudkan hal tersebut," tukas Dirk.

Lebih lanjut, Dirk berharap rekomendasi BOPI ini bisa mengacu semangat agar semua pihak yang berkecimpung di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2019 bisa lebih baik lagi.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Persija Ferry Paulus juga mengaku siap mendukung agar rekomendasi dari BOPI tersebut bisa berjalan dengan baik. Menurutnya, rekomendari dari BOPI ini merupakan sejarah, lantaran sebelumnya hal tersebut tak pernah ada.

"Dalam perjalanan mengikuti kompetisi 2019, ini menjadi hal yang berbeda dari rekomendasi lalu. Kalau yang lalu tidak pernah ada seperti seperti ini. Tentunya kami dari klub berharap semoga hari ini jadi sejarah dan jadi perencanaan yang baik untuk kompetisi. Dan kami juga siapuntuk sama-sama mendukung serta menjaga kompetisi ini hingga melahirkan pemain berkualitas untuk Indonesia," terang Ferry.

Liga 1 Indonesia musim 2019 sendiri rencananya akan mulai bergulir pada 15 Mei 2019, mendatang. Duel PSS Sleman versus Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, akan menjadi penanda dibukanya kompetisi kasata tertinggi di Tanah Air tersebut. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora

Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora

Marciano Norman menyambangi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menemui Menpora, Imam Nahrawi, Senin (24/6) kemarin..


Tira Persikabo Menang Beruntung dari Serangan Balik

Tira Persikabo Menang Beruntung dari Serangan Balik

Tuan rumah PS Tira Persikabo sukses mengalahkan Persipura Jayapura di pekan kelima Liga 1 2019.


Persebaya Raih Poin Penuh, Modal Berharga Menuju Pamekasan

Persebaya Raih Poin Penuh, Modal Berharga Menuju Pamekasan

Persebaya Surabaya tak hanya mengakhiri puasa kemenangan di Liga 1, namun juga memungkasi kutukan tak pernah menang di Kalimantan.


Jadi Salah Satu Host, Indonesia Belum Tentu Tampil di Piala Dunia Basket

Jadi Salah Satu Host, Indonesia Belum Tentu Tampil di Piala Dunia Basket

Perbasi terus memantapkan diri untuk bisa tampil di Piala Dunia Bola Basket 2023.


KONI dan Olahraga Tanah Air Harus Lebih Mandiri

KONI dan Olahraga Tanah Air Harus Lebih Mandiri

Muddai Madang secara resmi menyerahkan formulir pencalonan untuk maju dalam pemilihan caketum KONI Pusat.


Siapkan Taktik Jitu Menuju Samarinda

Siapkan Taktik Jitu Menuju Samarinda

Tidak ada banyak waktu bagi Persebaya Surabaya untuk melakukan persiapan jelang duel kontra Borneo FC, Minggu (23/6) lusa.


Saatnya Mengumpulkan Poin

Saatnya Mengumpulkan Poin

Perseru Badak Lampung FC bakal melakoni laga tandang di pekan keempat Liga 1 Indonesia 2019.


Dukungan untuk Muddai Madang Terus Bertambah

Dukungan untuk Muddai Madang Terus Bertambah

Muddai Madang makin percaya diri untuk mencalonkan sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.


Tampil Agresif, Tira-Kabo Curi Poin dari Persib Bandung

Tampil Agresif, Tira-Kabo Curi Poin dari Persib Bandung

PS Tira Persikabo berhasil mencuri poin dari Markas Persib Bandung pada laga tunda pekan kedua Liga 1 Indonesia Musim 2019.


Persib Bandung Optimis Amankan Tiga Poin

Persib Bandung Optimis Amankan Tiga Poin

Setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, laga lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 akan kembali digulirkan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!