Sport
Share this on:

Butuh Kemenangan, Persija Janji Bangkit di Melawat

  • Butuh Kemenangan, Persija Janji Bangkit di Melawat
  • Butuh Kemenangan, Persija Janji Bangkit di Melawat

**JAKARTA ** - Persija Jakarta ingin bangkit dari rentetan kekalahan dalam beberapa laga terakhir ini. Tercatat, tim berjuluk Macan Kemayoran itu telah menelan empat kekalahan beruntun di berbagai ajang.

Pertama, Persija kalah dari Kalteng Putra di babak perempatfinal Piala Presiden 2019. Bermain imbang 1-1, akhirnya Persija kalah lewat drama adu penalti 3-4 atas tim promosi tersebut pada 28 Maret 2019, lalu.

Lalu Persija kalah 0-1 saat bertandang ke markas Ceres Negros pada 3 April 2019 di babak penyisihan Piala AFC 2019. Gantian menjamu Ceres Negros di Jakarta, tim kebangaan masyarakat Ibu Kota itu lagi-lagi menelan kekalahan 2-3 atas wakil Filipina tersebut.

Terakhir, Persija kalah untuk yang keempat kalinya, saat laga pertama babak perempat final Piala Indonesia 2018 kontra Bali United. Dalam laga yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (26/4) lalu, Ismed Sofyan dan kawan-kawan kalah dengan skor tipis 1-2.

Situasi ini sebelumnya pernah dialami Persija saat masih dibesut Stefano Cugurra. Saat itu Persija kalah dari Home United di Piala AFC 2018 (2-3), Madura United di Liga 1 (0-2), Home United (1-3), dan Persela Lamongan (0-2).

Karenanya, Persija Jakarta ingin bangkit dari rentetan kekalahan itu saat menjalani matchday kelima babak penyisihan Grup G Piala AFC 2019 menghadapi Becamex Binh Duong di Go Dau Stadium, Vietnam, Rabu (1/5) besok. "Memang dalam beberapa pertandingan terakhir kami meraih hasil yang kurang maksimal. Namun, bagaimana caranya para pemain harus bangkit. Beberapa tahun sebelumnya kami sudah pernah ada di situasi seperti ini," ungkap gelandang Persija, Sandi Sute seperti dikutip dari situs resmi Persija, Senin (29/4) kemarin.

"Semoga para pemain segera bangkit (saat menghadapi Becamex) apalagi bertanding di kandang lawan tidak akan mudah. Intinya, semua harus kerja keras. Tapi memang keberuntungan belum berpihak kepada tim, yang penting jangan terlena," sambung gelandang asal Palu tersebut.

Sulitnya menghadapi Becamex juga diakui sang pelatih Ivan Kolev. Hasil imbang saat bermain di Jakarta pada laga pertama Grup G, 26 Ferbuari 2019, lalu adalah bukti nyata betapa kuatnya Becamex. Tetapi, mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu menegaskan, timnya datang ke Vitenam tanpa rasa takut dan siap mencuri poin maksimal.

"Mereka memang memiliki keunggulan dari segi fisik. Pemain mereka memiliki postur tubuh yang tinggi dan kuat di bola atas. Bek dan pemain sayap mereka juga bagus. Namun, kami tidak gentar. Kami tidak datang ke sana hanya untuk bermain saja," tutur Kolev.

Lebih lanjut pelatih asal Bulgaria mengakui kondisi jadwal yang padat menjadi faktor utama timnya tampil kurang maksimal karena kelelahan. Namun hal ini tidak mau dijadikan alasan bagi Macan Kemayoran saat berhadapan dengan Becamex.

"Memang tak hanya karena faktor fisik, tapi ada beberapa pemain yang tidak bisa dipasang di turnamen tertentu. Ini yang menjadi kendala bagi saya dalam membentuk strategi tim. Persija saat ini berada di situasi yang tidak mudah, tapi saya yakin mereka bisa (memberikan yang terbaik saat berhadapan dengan Becamex)," tukas Kolev.

Persija mendapatkan amunisi tambahan menjelang berhadapan dengan Becamex. Rishadi Fauzi bisa kembali berlaga setelah pulih dari cedera. Nama Rishadi juga sudah masuk dalam 18 pemain yang dibawa Ivan Kolev ke Vietnam.

"Memang ada satu setengah bulan tidak ada kegiatan sama sekali. Sekarang sudah sepekan terakhir bisa latihan. Menurut USG, ada sedikit robekan otot dan dokter bilang lambat laun akan sembuh. Harus sering-sering dibawa gerak supaya bisa lebih membaik lagi," ungkap Rishadi.

"Dokter sudah memberi izin laithan normal, tinggal bagaimana di pertandingan. Saya, sebagai pemain profesional, tentunya harus siap. Jika pelatih minta, saya di sini untuk kerja. Mungkin dari segi kondisi belum pulih sepenuhnya," sambungnya.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu menegaskan, dia sangat siap jika nantinya Ivan Kolev menunjukknya untuk bermain saat berhadapan dengan Becamex. "Secara profesional, kalau disuruh main, ya saya siap. Biar bagaimanpun, saya di sini bekerja dan bermain sepak bola untuk Persija. Mungkin karena saya baru bergabung latihan, jadi (kondisi) belum 100 persen," tukasnya.

Peluang Persija untuk lolos ke babak semifinal Zona ASEAN cukup tipis. Kemenangan menjadi harga mati untuk Macan Kemayoran saat laga melawan Becamex Binh Duong, Rabu (1/5) besok di Vietnam.

Persija berada di peringkat ketiga Grup G dengan raihan empat poin. Sedangkan, Becamex berada di peringkat kedua dengan keunggulan tiga poin dari Persija. Dengan kata lain, Persija kini hanya bisa mengandalkan dua laga tersisa untuk bisa mendapatkan satu tiket dari menjadi runner-up terbaik dari 3 runner-up Grup Asia Tenggara. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tim Eropa Kalahkan Petenis Dunia Lagi

Tim Eropa Kalahkan Petenis Dunia Lagi

Kemenangan Alexander Zverev atas Milos Raonic 6-4, 3-6, 10-4 di pertandingan keempat hari terakhir, kemarin.


Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain anyar di bursa transfer pertengahan musim Liga 1 Indonesia 2019.


Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Bhayangkara FC berhasil mematahkan rentetan delapan kemenangan beruntun Bali United pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia.


KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

Lampu latar yang begitu semarak, ditambah dukungan penonton, membuat Khabib Nurmagomedov tampil percaya diri di The Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dini hari,


Service Nadal Benamkan Chung

Service Nadal Benamkan Chung

Tanpa kesulitan berarti, Rafael Nadal melaju ke putaran keempat US Open 2019 setelah meraih kemenangan 6-3, 6-4, 6-2 atas Chung Hyeon.


Naomi Gusur Ambisi Gauff

Naomi Gusur Ambisi Gauff

Tak butuh waktu lama bagi juara bertahan Naomi Osaka untuk menghempaskan petenis muda asal Amerika Serikat Coco Gauff pada US Open di New York tadi malam.


Australia Putus 78 Kemenangan AS

Australia Putus 78 Kemenangan AS

Pelatih basket veteran Amerika Serikat Gregg Popovich menegaskan timnya akan tampil lebih baik setelah kalah dari Australia pada laga persahabatan.


PSS Sleman Optimis, PSM Ingin Lanjutkan Tren Positif

PSS Sleman Optimis, PSM Ingin Lanjutkan Tren Positif

Para penggawa PSM harus melanjutkan tren kemenangan saat bermain di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Laga Pembuka AFF U18, Timnas U-18 Hancurkan Filipina 7-1

Laga Pembuka AFF U18, Timnas U-18 Hancurkan Filipina 7-1

Timnas U-18 meraih kemenangan di laga perdana Piala AFF U-18 2019, setelah mengkandaskan Filipina 7-1..


Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

Dengan alasan keamanan, PSSI akhirnya menunda leg kedua babak final Piala Indonesia yang mempertemukan Persija Jakarta melawan PSM Makassar.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!