Sport
Share this on:

Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora

  • Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora
  • Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora

JAKARTA - Bakal calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat periode 2019-2023, Marciano Norman menyambangi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menemui Menpora, Imam Nahrawi. Dijamu Imam Nahrawi di ruangannya, lantai 10 Gedung Kemenpora, Senin (24/6) kemarin, Marciano menceritakan bahwa dirinya akan bersaing dalam memperebutkan kursi Ketum KONI Pusat periode 2019-2023 pada Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) KONI Pusat, 2 Juli 2019, mendatang.

Selain itu, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) itu juga menceritakan terkait Munas PBTI yang telah dilaksanakan dengan baik dan lancar hingga Thamrin Marzuki secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum PBTI Perioede mendatang.

"Ada dua hal yang kami bicarakan. Pertama, saya selaku mantan Ketua PBTI menyampaikan bahwa kami telah melakukan serah terima ketua PBTI yang lama kepada ketua PBTI baru, Bapak Thamrin yang terpilih secara aklamasi. Saya anggap beliau (Thamrin) sosok yang baik," ungkap Marciano kepada wartawan usai bertemu Menpora.

"Yang, kedua saya juga melaporkan kepada Pak Menpora Imam Nahrawi, bahwa saya mencalaonkan diri sebagai Ketua Umum KONI Pusat masa bhakti 2019-2023," sambung Marciano.

Marciano menceritakan bahwa dirinya juga telah menyerahkan berkas administrasi kepada Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) KONI Pusat pada Kamis (20/6) lalu. Menurutya, berkas itu nantinya akan diverfikasi oleh TPP sebelum nantinya diumumkan pada Rabu, 26 Juni, besok.

"Saat ini kita masih menunggu verifikasi. Sekarang kita serahkan kepada TPP untuk melakukan verifikasi itu dan menunggu pengumumanya pada 26 Juni nanti. Apakah saya bisa lolos atau tidak kita serahkan sepenuhnya kepada TPP," tutur Marciano.

Lebih jauh, dalam pertemuan tersebut, Marciano mengatakan kepada Menpora Imam Nahrawi keyakinan dirinya untuk maju menjadi Ketua Umum KONI Pusat lantaran telah didukung oleh 21 induk cabang olahraga (cabor) dan 10 pengurus KONI Daerah (Konida). Oleh sebab itu, ia berharap, kedepannya KONI bisa sejalan dengan Kemenpora.

"Saya sampaikan apabila saya terpilih, KONI kedepan harus sejalan dan searah dengan Kemenpora tanpa Kemenpora, karena kami tidak bisa berjalan sendiri, jika saya mendapat amanah ini saya niatkan untuk ibadah saya akan berikan tenaga fikiran untuk olahraga Indonesia. Mudah-mudahan bisa membawa koni lebih baik lagi di masa yang akan datang," harap Marciano.

Menurut, Marciano hal-itu pun diharapakan oleh Menpora Imam Nahrawi. Ia mengatakan, Imam Nahrawi berpesan jika dirinya terpilih menjadi Ketua Umum KONI, ia bisa terus menjaga hubungan KONI dengan Kemenpora.

"Menpora dalam hal ini tetap menghormati proses yang sedang berjalan. Namun, ia menyampaikan jika saya terpilih, untuk terus menjaga hubungan baik KONI dengan Kemenpora. Karena menururnya, itu-lah salah satu syarat untuk kemajuan olahraga Indonesia," tukasnya.

"Karena kemajuan olahraga di negara-negara lain itu sudah semakin baik, kita harus bisa mengejarnya. Kita harus ada koordinasi dan penyamaan tekad, kita harus bersatu, tidak mungkin olahraga Indonesia maju jika kita berjalan sendiri-sendiri," sambungnya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi sendiri mengaku senang dengan niat dan tekad Marciano. Ia menjelaskan, fungsi KONI sangat mirip dengan Kementerian seperti koordinasi-konsolidasi dan evaluasi.

"KONI memang harus membantu pemerintah karena olahraga itu adalah soal martabat bangsa untuk mencapai itu maka perlu kerjasama yang baik. Semoga lancar dan berhasil," ucap Imam Nahrawi.

Seperti diketahui, Norman bukanlah sosok baru di dunia olahraga Indonesia. Pasalnya, Norman pernah menjabat Ketua PBTI selama dua periode dan menjadi Ketua Inkai Kalimantan Barat dan Pembina Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi).

Dalam memperebutkan kursi Ketua Umum KONI Pusat, Marciano akan yang sebelumnya sudah mengajukan diri serta menyerahkan formulir pencalonan untuk maju dalam pemilihan Calon Ketua Umum (Caketum) KONI Pusat pada Musornas KONI Pusat, 2 Juli mendatang. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Soal Audisi Djarum, Hari Ini Menpora Beri Keputusan

Soal Audisi Djarum, Hari Ini Menpora Beri Keputusan

Polemik kelangsungan audisi bea siswa bulutangkis Djarum belum juga mereda.


Sapras Latihan Minim, Perbakin Minta Peningkatan

Sapras Latihan Minim, Perbakin Minta Peningkatan

Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Brebes mengusulkan peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) latihan ke KONI.


Menpora Optimistis Indonesia Juara di ASG 2019

Menpora Optimistis Indonesia Juara di ASG 2019

Menpora Imam Nahrawi optimistis kontingen Indonesia yang bakal berjuang di ASEAN School Games (ASG) 2019 mampu menjadi juara umum.


Cabor Berharap Banyak kepada Marciano Norman

Cabor Berharap Banyak kepada Marciano Norman

Letnan Jendral TNI (Purn) Marciano Norman resmi menjadi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) periode 2019-2023.


Diwarnai Aksi Walk Out, Marciano Norman Terpilih Jadi Ketum KONI

Diwarnai Aksi Walk Out, Marciano Norman Terpilih Jadi Ketum KONI

Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat XIII tahun 2019 diwarnai aksi walk out.


Menpora Berarap NPC Raih Prestasi Terbaik di APG 2020

Menpora Berarap NPC Raih Prestasi Terbaik di APG 2020

National Paralympic Committee (NPC) Indonesia diharapkan meraih prestasi terbaik pada ajang ASEAN Para Games (APG) 2020 di Manila.


KONI dan Olahraga Tanah Air Harus Lebih Mandiri

KONI dan Olahraga Tanah Air Harus Lebih Mandiri

Muddai Madang secara resmi menyerahkan formulir pencalonan untuk maju dalam pemilihan caketum KONI Pusat.


Dugaan Korupsi Bantuan KONI, 14 Saksi Mulai Diperiksa

Dugaan Korupsi Bantuan KONI, 14 Saksi Mulai Diperiksa

Kasus dugaan korupsi yang menerpa Kementerian Pemuda dan Olahraga seperti tak ada habisnya.


Dukungan untuk Muddai Madang Terus Bertambah

Dukungan untuk Muddai Madang Terus Bertambah

Muddai Madang makin percaya diri untuk mencalonkan sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.


Menpora Minta Tenis Pertahankan Tradisi Emas

Menpora Minta Tenis Pertahankan Tradisi Emas

Menpora) Imam Nahrawi berharap atlet tenis Indonesia mampu meneruskan tradisi emas.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!