Sport
Share this on:

Clippers Tak Lagi Butuh Griffin

  • Clippers Tak Lagi Butuh Griffin
  • Clippers Tak Lagi Butuh Griffin

Blake Griffin.

LOS ANGELES - Enam bulan lalu Los Angeles Clippers kembali mengikat Blake Griffin dengan kontrak raksasa selama lima tahun senilai USD 173 juta (Rp2,3 Triliun). Perpanjangan kontra yang membuat power forward 28 tahun tersebut seakan bakal selamanya berkostum Clippers sepanjang karir di NBA. Namun keadaannya kini telah berubah drastis.

Bisikan dewan eksekutif Jerry West dan presiden Basketball Operations Lawrence Frank membuat owner Los Angeles Clippers Steve Ballmer berputar haluan. Dia pun akhirnya berani mengambil langkah besar.

Kemarin Ballmer membuat kabar mengejutkan dengan mengumumkan timnya telah resmi mentrade bintang terbesar di tim itu, Griffin ke Detroit Pistons. “Blake Griffin sudah memberi dampak yang luar biasa untuk franchise ini. Warisannya di Clippers bakal dikenang selamanya. Kami harap Blake mendapat yang terbaik dalam lanjutan karirnya,” ucap Ballmer dalam pengumuman resmi tim dilansir ESPN.

Berangkatnya Griffin ke Pistons disertai dua 'paket' pemain lain yakni power forward Brice Johnson dan center Willie Reed. Sebagai kompensasi, tim asuhan Doc Rivers tersebut mendapat tiga pemain Pistons yakni small forward Tobias Harris, shooting guard Avery bradley, dan center Boban Marjanovic.

Selain itu, Clippers juga merampok jatah first round dan second round Pistons dalam NBA Draft 2018 yang dihelat pada 21 Juni mendatang. “Ini keputusan yang sulit,” ucap Frank. “Tapi akhirnya kami sepakat bahwa ini adalah yang terbaik untuk franchise,” tambahnya.

Dilepasnya Griffin menjadi lanjutan hengkangnya Chris Paul ke Houston Rockets musim panas lalu. Ini sekaligus menjadi tanda pengaruh Rivers yang telah menyerahkan jabatannya sebagai presiden basketball operations Clippers Agustus lalu semakin menipis di tim.

Nasib big three (Paul, Griffin, dan DeAndre Jordan) yang dia andalkan selama ini tamat. Dalam enam musim terakhir Clippers memang selalu menuju playoff. Namun tak pernah bisa menyentuh final wilayah. Sumber ESPN menyebut Clippers kini juga masih terus mencari kesepakatan untuk juga mengirim Jordan dan shooting guard Lou Williams ke tim lain.

Clippers di bawah kendali Frank bakal membangun skuad baru yang lebih fresh. Jatah empat kali memilih pemain pada NBA Draft mendatang membuat mereka punya kesempatan kedatangan rombongan talenta-talenta muda mumpuni.

Selain itu, dilepasnya Griffin juga membuat Clippers bakal memiliki ruang salary caps yang masih lebar pada musim panas mendatang. Artinya, mereka siap berburu pemain-pemain free agent grade A. Ada nama-nama besar seperti Klay Thompson, Kawhi Leonard, maupun Paul George yang siap diboyong saat itu. (irr/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!