Sport
Share this on:

Coret 13 Nama, Bima Sakti Panggil Pemain Lagi

  • Coret 13 Nama, Bima Sakti Panggil Pemain Lagi
  • Coret 13 Nama, Bima Sakti Panggil Pemain Lagi

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 di bawah asuhan pelatih Bima Sakti telah menjalani pemusatan latihan (pelatnas) atau training camp (TC) di lapangan National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, Bojongsari, Jawa Barat sejak 13 Mei lalu. TC sekaligus ajang seleksi untuk persiapan Piala AFF U-16 di Thailand 27 Juli hingga 9 Agustus mendatang itu, diikuti oleh 41 pemain yang berasal dari klub-klub yang berlaga di kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019.

Namun, setelah menjalani sejumlah latihan dan internal game pada Jumat (17/5) lalu, 13 pemain terpaksa dicoret atau dipulangkan oleh pelatih Bima Sakti. Meski demikian, Bima Sakti tak bisa memungkiri bahwa seluruh pemain tampil baik dalam internal game tersebut.

"Internal game kemain, cukup bagus. pmeain semakin baik dari sisi kerjasama dan kekompakan terhadap tim. Pada intinya, dalam internal game itu, kami tim pelatih tak mencari hasil, namun kita lebih melihat kepada kualitas pemain," ungkap Bima Sakti saat dihubungi Fajar Indonesia Network (FIN), Selasa (21/5) kemarin.

Pelatih kelahiran Balikpapan 23 Januari 1976 itu menambahkan, setelah memantau perkembagan pemain sejak menjalani TC dan seleksi, akhirnya pihaknya memutuskan untuk memulangkan 13 pemain.

Sebanyak 13 pemain itu adalah, M. Adrian (PSM Makassar), Eelang Abila (Bhayangkara FC), Rivaldo Aimar (Bhayangkara FC), Figo Firmansyah (Bhayangkara FC), Saptian Dwi (PS Tira), Fadhil Muhammad (Persela), Ariel Gunawan (Persib) Micko Dharma (Semen Padang), Mohammad Hafizh A (Semen Padang), Zanadin Fariz (Perseru) Febrian Tri Yanto (Madura United), Tristan Alif Nouval (ASIOP), dan Juniardi Putragaradesky (SSB Rampagoe Aceh).

"Sebanyak 13 pemain harus kita pulangkan. Perkembangan mereka selalu kita pantau setiap hari, terlebih kita melihatnya saat melakukan uji tanding di internal game kemarin. Saya memilih seusai kebutuhan tim," tuturnya.

Akan tetapi, guna lebih mematangkan Bima Sakti untuk membentuk kerangka tim, pelatih yang juga mantan pemain Primavera itu dipastikan bakal kembali memanggil beberapa pemain kembali. Namun, Bima Sakti tidak menyebutkan siapa dan kapan pemain yang akan dipanggil tersebut.

"Seperti yang dari awal saya katakan, bahwa kit akan languns melakukan pencoretan pemain seminggu pertama, karena Karena kita memakai sistem promosi dan degradasi. Kita sudah memulangkan 13 pemain, berarti kita akan memanggil beberapa pemain yang kemarin belum sempat kita panggil," jelas Bima Sakti.

Namun, seperti dikutip dari situs resmi PSSI, 28 pemain yang tersisa saat ini akan terus mengikuti pemusatan latihan hingga akhir pelatnas yang akan berakhir pada 26 Mei 2019. Denga kata lain, pemain yang akan dipanggil itu akan dilakukan pada tahap kedua pelatnas yang rencananya akan bergulir pada bulan Juni usai perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Sebelum, pelatnas dan seleksi tahap pertama ini berakhir, rencananya 28 pemain yang masih bertahan akan melakoni laga uji coba di Bogor, Jawa Barat. "Tim pelatih juga sudah merencanakan uji coba pada tanggal 25 Mei 2019, di Stadion Pajajaran, Bogor, atau sehari sebelum seleksi sekaligus latihan tahap pertama ini selesai," tukas Bima Sakti.

Sebagai informasi, pelatnas dan seleski ini digelar sebagai persiapan menjalan Piala AFF U-16. Dalam ajang yang bakal bergulir pada 27 Juli 2019 itu, Indonesia sendiri tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina. Laga perdana skuat Garuda akan berhadapan dengan Vietnam pada tanggal 27 Juli mendatang.

Selain untuk turnamen Piala AFF U-16 itu, Timnas Indonesia U-16 juga dipersiapkan untuk ajang Kualfikasi Piala AFC U-16 2020. Pada ajang ini, Indonesia sendiri bertindak sebagai tuan rumah.

Namun, dari hasil drawing atau undian pembagian grup yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5) kemarin, Indonesia tergabung dalam G bersama China, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepualauan Mariana Utara. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Dua belas seri berlalu, namun Ferrari belum pernah mengangkat trofi juara hingga balapan Formula 1 mengambil jeda musim panas setelah GP Hungaria pada awal bula


Lorenzo Siap Balapan Lagi di Silverstone

Lorenzo Siap Balapan Lagi di Silverstone

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig akhirnya bisa bernafas lega. Salah satu pebalapnya Jorge Lorenzo berhasil melewati masa pemulihanya.


Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

27 pemain bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal meramaikan ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss.


Quartararo Tak Sabar Ketemu Rossi Lagi

Quartararo Tak Sabar Ketemu Rossi Lagi

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo tampil impresif di race MotoGP Austria, Minggu (11/8) lalu.


Tiga Kali Kalah Beruntun, PSIS Semarang Pecat Jafri Sastra

Tiga Kali Kalah Beruntun, PSIS Semarang Pecat Jafri Sastra

PSIS Semarang mengumumkan tidak lagi memakai jasa Jafri Sastra sebagai pelatih tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut.


Bima Sakti: Ini Bukan Akhir Perjalanan Timnas U15

Bima Sakti: Ini Bukan Akhir Perjalanan Timnas U15

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 gagal menadapatkan tiket babak final Piala AFF U-15 2019.


Tinggal Berharap pada Marcus/Kevin dan Fajar/Rian

Tinggal Berharap pada Marcus/Kevin dan Fajar/Rian

Pemain Indonesia mulai berguguran di babak pertama Toyota Thailand Open 2019.



Jojo Tantang Kento Momota, Marcus/Kevin Jumpa Hendra/Ahsan Lagi

Jojo Tantang Kento Momota, Marcus/Kevin Jumpa Hendra/Ahsan Lagi

Perjuangan pebulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Bulu tangkis Japan Open 2019 terus berlanjut hingga ke babak final.


Tunggal Putri Merah Putih Gagal Lagi

Tunggal Putri Merah Putih Gagal Lagi

Nasib berbeda diterima wakil Indonesia pada sektor tunggal putra dan putri di Japan Open 2019.



Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!