Sport
Share this on:

Coret 13 Nama, Bima Sakti Panggil Pemain Lagi

  • Coret 13 Nama, Bima Sakti Panggil Pemain Lagi
  • Coret 13 Nama, Bima Sakti Panggil Pemain Lagi

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 di bawah asuhan pelatih Bima Sakti telah menjalani pemusatan latihan (pelatnas) atau training camp (TC) di lapangan National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, Bojongsari, Jawa Barat sejak 13 Mei lalu. TC sekaligus ajang seleksi untuk persiapan Piala AFF U-16 di Thailand 27 Juli hingga 9 Agustus mendatang itu, diikuti oleh 41 pemain yang berasal dari klub-klub yang berlaga di kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019.

Namun, setelah menjalani sejumlah latihan dan internal game pada Jumat (17/5) lalu, 13 pemain terpaksa dicoret atau dipulangkan oleh pelatih Bima Sakti. Meski demikian, Bima Sakti tak bisa memungkiri bahwa seluruh pemain tampil baik dalam internal game tersebut.

"Internal game kemain, cukup bagus. pmeain semakin baik dari sisi kerjasama dan kekompakan terhadap tim. Pada intinya, dalam internal game itu, kami tim pelatih tak mencari hasil, namun kita lebih melihat kepada kualitas pemain," ungkap Bima Sakti saat dihubungi Fajar Indonesia Network (FIN), Selasa (21/5) kemarin.

Pelatih kelahiran Balikpapan 23 Januari 1976 itu menambahkan, setelah memantau perkembagan pemain sejak menjalani TC dan seleksi, akhirnya pihaknya memutuskan untuk memulangkan 13 pemain.

Sebanyak 13 pemain itu adalah, M. Adrian (PSM Makassar), Eelang Abila (Bhayangkara FC), Rivaldo Aimar (Bhayangkara FC), Figo Firmansyah (Bhayangkara FC), Saptian Dwi (PS Tira), Fadhil Muhammad (Persela), Ariel Gunawan (Persib) Micko Dharma (Semen Padang), Mohammad Hafizh A (Semen Padang), Zanadin Fariz (Perseru) Febrian Tri Yanto (Madura United), Tristan Alif Nouval (ASIOP), dan Juniardi Putragaradesky (SSB Rampagoe Aceh).

"Sebanyak 13 pemain harus kita pulangkan. Perkembangan mereka selalu kita pantau setiap hari, terlebih kita melihatnya saat melakukan uji tanding di internal game kemarin. Saya memilih seusai kebutuhan tim," tuturnya.

Akan tetapi, guna lebih mematangkan Bima Sakti untuk membentuk kerangka tim, pelatih yang juga mantan pemain Primavera itu dipastikan bakal kembali memanggil beberapa pemain kembali. Namun, Bima Sakti tidak menyebutkan siapa dan kapan pemain yang akan dipanggil tersebut.

"Seperti yang dari awal saya katakan, bahwa kit akan languns melakukan pencoretan pemain seminggu pertama, karena Karena kita memakai sistem promosi dan degradasi. Kita sudah memulangkan 13 pemain, berarti kita akan memanggil beberapa pemain yang kemarin belum sempat kita panggil," jelas Bima Sakti.

Namun, seperti dikutip dari situs resmi PSSI, 28 pemain yang tersisa saat ini akan terus mengikuti pemusatan latihan hingga akhir pelatnas yang akan berakhir pada 26 Mei 2019. Denga kata lain, pemain yang akan dipanggil itu akan dilakukan pada tahap kedua pelatnas yang rencananya akan bergulir pada bulan Juni usai perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Sebelum, pelatnas dan seleksi tahap pertama ini berakhir, rencananya 28 pemain yang masih bertahan akan melakoni laga uji coba di Bogor, Jawa Barat. "Tim pelatih juga sudah merencanakan uji coba pada tanggal 25 Mei 2019, di Stadion Pajajaran, Bogor, atau sehari sebelum seleksi sekaligus latihan tahap pertama ini selesai," tukas Bima Sakti.

Sebagai informasi, pelatnas dan seleski ini digelar sebagai persiapan menjalan Piala AFF U-16. Dalam ajang yang bakal bergulir pada 27 Juli 2019 itu, Indonesia sendiri tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina. Laga perdana skuat Garuda akan berhadapan dengan Vietnam pada tanggal 27 Juli mendatang.

Selain untuk turnamen Piala AFF U-16 itu, Timnas Indonesia U-16 juga dipersiapkan untuk ajang Kualfikasi Piala AFC U-16 2020. Pada ajang ini, Indonesia sendiri bertindak sebagai tuan rumah.

Namun, dari hasil drawing atau undian pembagian grup yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5) kemarin, Indonesia tergabung dalam G bersama China, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepualauan Mariana Utara. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Siap ke Thailand, Garuda Pertiwi Mulai TC Lagi

Siap ke Thailand, Garuda Pertiwi Mulai TC Lagi

Garuda Pertiwi kembali menggelar latihan dalam rangkaian seleksi dan pemusatan latihan di Stadion Tridadi Sleman, Jumat (21/6) kemarin.


Persija ke Lamongan Tidak dengan Kekuatan Terbaiknya

Persija ke Lamongan Tidak dengan Kekuatan Terbaiknya

Persija Jakarta datang ke Lamongan dalam kondisi pincang. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut datang tanpa empat pemain pilar.


Garuda Muda Terancam Tak Diperkuat Empat Pemain Andalannya

Garuda Muda Terancam Tak Diperkuat Empat Pemain Andalannya

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 terancam tidak diperkuat oleh para pemain andalannya di ajang SEA Games 2019


PBSI Andalkan Tiga Sektor di Indonesia Open 2019

PBSI Andalkan Tiga Sektor di Indonesia Open 2019

Kejuaraan bulutangkis Indonesia Open 2019 World Tour Super 1000 tak lama lagi akan dimulai.


Marquez Juara Lagi di Barcelona, setelah 2014 Lalu

Marquez Juara Lagi di Barcelona, setelah 2014 Lalu

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil mengakhiri puasa gelar, setelah menjuarai MotoGP Catalunya 2019 di Barcelona, Minggu (16/6) malam WIB.


Ditinggal Chong Wei Pensiun, Hendrawan Bertahan

Ditinggal Chong Wei Pensiun, Hendrawan Bertahan

Setelah kehilangan bintang tunggal putra yang pensiun, Lee Chong Wei, pelatnas bulu tangkis mereka terancam kehilangan satu personel penting lagi.


Diwarnai Kecelakaan Terburuk Sepanjang Sejarah MotoGP, Marquez Juara Lagi

Diwarnai Kecelakaan Terburuk Sepanjang Sejarah MotoGP, Marquez Juara Lagi

Suhu panas lintasan Circiuit de Barcelona-Catalunya (51 derajat celcius) semakin menyengat pada balapan ketujuh MotoGP tadi malam (16/6).


Sekarang atau Entah Kapan Lagi

Sekarang atau Entah Kapan Lagi

Point Guard Golden State Warriors Stephen Curry membuat statement mengejutkan.


Tiga Pilar Persija Jakarta Dipanggil Timnas U-19

Tiga Pilar Persija Jakarta Dipanggil Timnas U-19

Persija Jakarta lagi-lagi menjadi salah satu tim yang terus menyumbangkan pemainnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di berbagai usia.


Indonesia Masih Kesulitan Hadapi Pemain Timur Tengah

Indonesia Masih Kesulitan Hadapi Pemain Timur Tengah

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Yordania 1-4 dalam laga uji coba Internasional di Stadion King Abdullah, Selasa (11/6) malam.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!