Sport
Share this on:

Dana Rp 86 Miliar INAPGOC Cair Juga

  • Dana Rp 86 Miliar INAPGOC Cair Juga
  • Dana Rp 86 Miliar INAPGOC Cair Juga

JAKARTA - Panitia Penyelenggaran Asian Para Games (INAPGOC) 2018 sudah bisa menjalankan program kerjanya mulai pekan depan. Sebab, anggaran sebesar Rp86 miliar dari Kementrian Keuangan yang dialokasikan ke penyelenggaraan even olahraga atlet khusus difabel itu sudah bisa dicairkan oleh mereka.

Momentum pencairan anggaran tersebut diawai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara INAPGOC dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, sore kemarin. Hebatnya, seluruh dana tersebut akan dicairkan secara langsung.

"Karena waktu penyerapan anggaran mereka sangat terbatas. Semua dana itu sudah harus diselesaikan sebelum pergantian tahun," kata Gatot. S Dewa Broto, Sekretaris Kemenpora, setelah penandatangan nota kesepahaman itu. "Kami berharap panitia penyelenggara bisa bekerja maksimal," papar dia.

Presiden INAPGOC, Raja Sapta Oktohari mengatakan, penyerapan anggaran pihaknya maksimal 80 persen sampai tutup buku anggaran 2017 berakhir 15 Desember mendatang. “Untuk jumlah, kami masih menunggu hasil verifikasi. Berapapun jumlahnya, kami berusaha memaksimalkan dan menyelesaikan semua tanggung jawab kami yang kemarin, sekarang dan besok,” kata Okto.

Sesuai arahan dari Sesmenpora dan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Okto menjelaskan jika sampai batas waktu terakhir tutup buku anggaran 2017 dana tersebut tidak bisa terserap dengan baik, pihaknya akan mengembalikannya ke negara. “Kami tidak mau spekulasi dengan uang negara," tegasnya. (ben/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!