Sport
Share this on:

Dari Rusia dengan Cinta

  • Dari Rusia dengan Cinta
  • Dari Rusia dengan Cinta

**** - Tradisi itu dimulai pada 1986. Ya, 32 tahun silam di Meksiko. Saat itulah untuk kali pertama, Jawa Pos melakukan liputan langsung dari arena Piala Dunia.

Selain sukses Argentina meraih gelar juara, gol Tangan Tuhan Diego Armando Maradona ke gawang Inggris menjadi ceria tak terpisahkan dari perhelatan akbar Piala Dunia 1986 di Meksiko. Setelah itu, Jawa Pos tidak pernah absen mengirimkan jurnalisnya ke panggung piala dunia.

Menjadi saksi mata dari drama-drama yang terjadi di atas lapangan hijau. Italia 1990. Amerika Serikat 1994. Prancis 1998. Korsel-Jepang 2002. Jerman 2006. Afrika Selatan 2010. Brasil 2014. Dan, tradisi itu berlanjut ke Rusia 2018.

Ini kali pertama negeri Beruang Merah (julukan Rusia) dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia. Meski sempat diwarnai kontroversi, tapi keputusan 22 anggota executive committee FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia) tidak bisa diganggu gugat.

Rusia mengalahkan Portugal-Spanyol, Belgia-Belanda, dan Inggris dalam dua kali voting di Zurich, Swiss, pada 2 Desember 2010. Tentu, FIFA tidak asal memilih. Rusia juga tidak asal mencalonkan diri.

Kepercayaan itu pun dibayar setimpal. Rusia menghabiskan ratusan triliun rupiah untuk mempersiapkan diri sebagai host yang baik. Sebelas kota dipilih untuk menjadi penyelenggara. Sebanyak 12 stadion terbaik disiapkan. Sembilan stadion di antaranya benar-benar baru. Dibangun khusus untuk Piala Dunia 2018.

Rusia benar-benar bersolek. Citra sebagai negeri yang tertutup seperti saat era perang dingin telah berlalu. Berbagai kemudahan diberikan untuk siapapun yang menikmati pesta Piala Dunia. Pintu masuk Rusia dibuka lebar.

Wartawan dan suporter dari penjuru dunia dipersilahkan datang. Rusia tidak hanya menyambut dengan senyum, juga cinta. Tunggu laporan langsung khas Jawa Pos dari Rusia selama perhelatan Piala Dunia 2018. Spasiba. (ca/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Owi Akhirnya Berpasangan dengan Debby

Owi Akhirnya Berpasangan dengan Debby

Tantowi Ahmad bakal berpasangan dengan Debby Susanto pada ajang Malaysia Masters 2019. Itu tentu saja sebuah kejutan.


Nadal Comeback di Australia Terbuka

Nadal Comeback di Australia Terbuka

Setelah tiga bulan vakum total dari lapangan tenis akibat cedera lutut, ranking dua dunia Rafael Nadal pagi ini comeback untuk kali pertama.


Ihsan Langsung Keok, Tunggal Putra Sisa Satu

Ihsan Langsung Keok, Tunggal Putra Sisa Satu

Entah treatment apa yang harus diberikan buat Ihsan Maulana Mustofa. Selamat dari degradasi pelatnas bukan membuat dia makin semangat berprestasi.


Belum Ada Sponsor Proliga Sekuat Rokok

Belum Ada Sponsor Proliga Sekuat Rokok

Seandainnya hadiah Proliga lebih besar dari Rp1,5 miliar, tentu akan lebih menarik minat peserta. Setidaknya, bisa membantu pembiayaan.


Gaji Besar Menanti Mourinho

Gaji Besar Menanti Mourinho

Jose Mourinho pernah menjadi bagian dari Benfica. Aguias (julukan Benfica) adalah klub pertama Mourinho.


Rekor yang Mengungkap Aib

Rekor yang Mengungkap Aib

Duel Golden State Warriors kontra Sacramento Kings di Golden 1 Center kemarin memecahkan rekor NBA dengan total kedua tim menciptakan 41 tembakan tiga angka.


Hendra/Ahsan Keluar dari Pelatnas, Angga/Ricky Dicoret

Hendra/Ahsan Keluar dari Pelatnas, Angga/Ricky Dicoret

Praktis tidak banyak kejutan yang ada dari daftar nama pebulu tangkis pelatnas yang dipanggil untuk 2019.


Comeback ke Tanah Liat

Comeback ke Tanah Liat

Di usia yang sudah menginjak 37 tahun, Roger Federer tetap enggan mencari aman dengan hanya tampil di turnamen-turnamen yang menjadi favoritnya.


Belajar dari Pemain Thailand

Belajar dari Pemain Thailand

Kesuksesan timnas putri Thailand merebut perak Asian Games 2018 sedikit mengubah wajah Proliga 2019.


Pecat Mou, Saham United Menguat Enam Persen

Pecat Mou, Saham United Menguat Enam Persen

Bukan hanya para pemain yang bersorak untuk pemecatan Jose Mourinho dari kursi pelatih Manchester United Selasa (18/12) lalu.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!