Sport
Share this on:

Dari Rusia dengan Cinta

  • Dari Rusia dengan Cinta
  • Dari Rusia dengan Cinta

**** - Tradisi itu dimulai pada 1986. Ya, 32 tahun silam di Meksiko. Saat itulah untuk kali pertama, Jawa Pos melakukan liputan langsung dari arena Piala Dunia.

Selain sukses Argentina meraih gelar juara, gol Tangan Tuhan Diego Armando Maradona ke gawang Inggris menjadi ceria tak terpisahkan dari perhelatan akbar Piala Dunia 1986 di Meksiko. Setelah itu, Jawa Pos tidak pernah absen mengirimkan jurnalisnya ke panggung piala dunia.

Menjadi saksi mata dari drama-drama yang terjadi di atas lapangan hijau. Italia 1990. Amerika Serikat 1994. Prancis 1998. Korsel-Jepang 2002. Jerman 2006. Afrika Selatan 2010. Brasil 2014. Dan, tradisi itu berlanjut ke Rusia 2018.

Ini kali pertama negeri Beruang Merah (julukan Rusia) dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia. Meski sempat diwarnai kontroversi, tapi keputusan 22 anggota executive committee FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia) tidak bisa diganggu gugat.

Rusia mengalahkan Portugal-Spanyol, Belgia-Belanda, dan Inggris dalam dua kali voting di Zurich, Swiss, pada 2 Desember 2010. Tentu, FIFA tidak asal memilih. Rusia juga tidak asal mencalonkan diri.

Kepercayaan itu pun dibayar setimpal. Rusia menghabiskan ratusan triliun rupiah untuk mempersiapkan diri sebagai host yang baik. Sebelas kota dipilih untuk menjadi penyelenggara. Sebanyak 12 stadion terbaik disiapkan. Sembilan stadion di antaranya benar-benar baru. Dibangun khusus untuk Piala Dunia 2018.

Rusia benar-benar bersolek. Citra sebagai negeri yang tertutup seperti saat era perang dingin telah berlalu. Berbagai kemudahan diberikan untuk siapapun yang menikmati pesta Piala Dunia. Pintu masuk Rusia dibuka lebar.

Wartawan dan suporter dari penjuru dunia dipersilahkan datang. Rusia tidak hanya menyambut dengan senyum, juga cinta. Tunggu laporan langsung khas Jawa Pos dari Rusia selama perhelatan Piala Dunia 2018. Spasiba. (ca/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Latihan Pertama dengan Lakers

Latihan Pertama dengan Lakers

Bagi fans Cleveland Cavaliers, momen-momen awal jelang musim 2018-2019 bergulir seperti saat ini mungkin akan menyakitkan.


Marquez Berkuasa saat Hujan

Marquez Berkuasa saat Hujan

Dengan permukaan sirkuit Red Bull Ring yang basah akibat hujan lebat di latihan bebas kedua (FP2), Marc Marquez memecahkan dominasi duo Ducati.


Filipina Batal Mundur

Filipina Batal Mundur

Filipina berubah pikiran. Setelah sempat menarik diri dari cabang olahraga basket putra Asian Games 2018.


Realistis dengan Target 10 Besar

Realistis dengan Target 10 Besar

Perjuangan kontingen Indonesia menuju Asian Games 2018 dimulai kemarin (5/8).


Saatnya Lindswell Dapat Emas

Saatnya Lindswell Dapat Emas

Untuk kali pertama, Indonesia merasa punya peluang besar untuk merebut emas dari cabor wushu di ajang Asian Games.


Juara Lagi, Hamilton Unggul Satu Balapan dari Vettel

Juara Lagi, Hamilton Unggul Satu Balapan dari Vettel

Nyaris saja, balapan GP Hungaria tadi malam berakhir membosankan.


Berharap Kejutan dari Geysia/Apriayani

Berharap Kejutan dari Geysia/Apriayani

Hari ini skuad bulu tangkis Indonesia bertolak menuju Nanjing, Tiongkok. Mereka akan mengikuti Kejuaraan Dunia di Nanjing, Tiongkok, 30 Juni–5 Juli mendatang.


Bekal Multikultur Anti Luntur

Bekal Multikultur Anti Luntur

Mesut Oezil mungkin iri dengan apa yang terjadi di timnas Prancis.


Bonnibauer Bisa Balik Kucing

Bonnibauer Bisa Balik Kucing

Leonardo Bonucci baru semusim hengkang dari Juventus ke AC Milan.


Potensi Kejutan dari Panahan

Potensi Kejutan dari Panahan

Cabor panahan ditarget memperoleh satu medali emas di Asian Games 2018.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!