Sport
Share this on:

Derby Jartim yang Paling Ditunggu

  • Derby Jartim yang Paling Ditunggu
  • Derby Jartim yang Paling Ditunggu

SURABAYA - Madura United adalah lawan favorit bagi Persebaya Surabaya. Buktinya, Persebaya tak pernah kalah setiap bertemu Madura United. Catatan pertemuannya pun sangat superior. Dari enam kali pertemuan, Green Force (julukan Persebaya) sudah meraih lima kemenangan dan sekali seri.

Bahkan, kemenangan terakhir yang diraih Persebaya pada musim ini juga diraih kala bersua Madura United. Tepatnya pada leg kedua semifinal Piala Presiden 2019 (6/4) lalu. Nah, dengan fakta tersebut, apakah Persebaya punya harapan untuk mengakhiri paceklik kemenangannya musim ini?

Harapan itulah yang coba diwujudkan saat Persebaya menjamu Madura United pada leg pertama perempat final Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya sore nanti (live RCTI pukul 15.30 WIB). Tak hanya mengakhiri paceklik kemenangan.

Victory atas tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu juga akan menjadi kado manis ulang tahun atau ultah Persebaya yang ke-92. Persoalannya, kondisi tuan rumah sedang kurang oke. Green Force belum meraih kemenangan dalam tiga laga di Liga 1. Posisi pelatih Djadjang Nurdjaman bahkan sedang terancam.

Praktis, hanya kemenangan yang mampu membuat situasi kembali kondusif. Karena itu, tekad untuk bangkit pun didengungkan para penggawa Green Force. "Ya, cuma kemenangan atas Madura United yang bisa jadi kado spesial bagi pemain, ofisial dan Bonek," kata bek Persebaya M. Syaifuddin.

Djadjang senada dengan pemainnya. Pelatih yang akrab disapa Djanur itu berharap anak asuhnya bisa melupakan segala beban. "Mudah-mudahan kami bisa bangkit walaupun cukup berat. Saya ingin menampilkan performa Persebaya yang bagus seperti akhir musim lalu atau saat Piala Presiden," kata Djanur.

Persoalannya, tim tamu datang dengan kepercayaan diri tinggi. Madura United merupakan pemuncak Liga 1 saat ini. Mereka juga menjadi tim paling agresif dengan torehan sembilan gol dari tiga laga. Madura United juga bisa menurunkan hampir seluruh amunisi terbaiknya. Praktis, hanya Zah Rahan Krangar yang masih menepi karena cedera.

Lini depan Madura United makin menakutkan seiring garanya performa Alberto Goncalves dan Andik Vermansah. Keduanya tampil on fire saat timnas membantai Vanuatu 6-0 (15/6). Beto saat itu mencetak empat gol, sementara Andik empat assist. Pelatih Madura United Dejan Antonic juga penasaran dengan rekor tak pernah menang melawan Persebaya.

Meski, dia adalah mantan pemain Green Force, tapi Dejan tak peduli. "Memang saya juga merasakan emosi (dengan ulang tahun Persebaya). Tapi saya harus profesional untuk dapat result positif," terang pelatih asal Serbia itu.

"Berulang kali kami ingin memutuskan rekor (tak pernah menang) tersebut. Kami hanya bisa menunggu waktunya dan sekarang Madura United harus mengambil, menciptakan waktu itu sendiri. Kami sudah kalah dua kali kemarin (di Piala Presiden, red). Sekarang kami harus menang," tegas Dejan.

Dejan mengakui, Piala Indonesia merupakan trofi yang mereka incar musim ini. "Target kami sebenarnya adalah agar bisa lebih baik dari musim lalu. Tapi kalau ada kesempatan dapat tropi, pasti akan kami kejar. Itu penting buat kami," tegas mantan pelatih Borneo FC itu.

Beban lini pertahanan Madura United semakin berkurang, lantaran kondisi Amido Balde belum fit. "Saya lihat dia (Balde) memang belum 100 persen," kata Djanur. Tapi, kemungkinan striker 27 tahun itu tetap dipaksa untuk turun.

Meski begitu, Dejan tak mau menganggap remeh Persebaya. Dia menilai Green Force tetaplah tim besar yang punya karakter kuat. Soal Persebaya yang belum pernah menang, Dejan menganggap hal itu sebuah kewajaran. "Di sepak bola memang seperti itu. Kadang down, kadang up. Yang pasti saya tetap instruksikan kepada semua pemain untuk terus bekerja keras. Siapapun yang saya turunkan," tegasnya. (gus/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Januari, Mandzukic Pindah ke Manchester United

Januari, Mandzukic Pindah ke Manchester United

Mantan kiper Manchester United Mark Bosnich menyebut ada dua keselahan fatal yang dilakukan MU musim ini.


Kirim 16 Atlet ke Qatar, Indonesia Target Satu Emas

Kirim 16 Atlet ke Qatar, Indonesia Target Satu Emas

Kontingen Indonesia yang akan berlaga di ANOC World Beach Games 2019 di Qatar dilepas Plt Menpora Hanif Dhakiri, Selasa (7/10) siang.


Barcelona Bikin Serial Dokumenter

Barcelona Bikin Serial Dokumenter

Meski bergelimang dana, tak banyak klub besar dunia yang membuat film sekuel mengenai jeroan klubnya.


Marquez Bisa Berpesta Lebih Awal

Marquez Bisa Berpesta Lebih Awal

Tak sedikit yang membantah bahwa juara dunia MotoGP bakal direbut kembali Marc Marquez.


Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Ada dua persamaan yang melekat antara Pembalap KTM, Johann Zarco dan rider Repsol Honda asal Spanyol, Jorge Lorenzo.


Kemenpora Soroti Balap Mobil di GBK

Kemenpora Soroti Balap Mobil di GBK

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyoroti even otomotif GBK Race (Gelora Bung Karno) yang merupakan rangkaian kegiatan I Indonesia Senayan Festival


Ahsan Cedera, Kevin/Marcus Juara Lagi di Cina

Ahsan Cedera, Kevin/Marcus Juara Lagi di Cina

Marcus Fernandi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang meraih gelar juara Cina Open 2019.


Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Anthony Sinisuka Ginting menunjukkan perlawanan yang begitu keras dalam duel kontra unggulan pertama Kento Momota di partai final tunggal putra Victor China Ope


Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI

Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI

Sebelum dibukanya pendaftaran calon ketua umum PSSI, tercatat sudah ada tiga nama yang tertarik maju sebagai kandidat.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!