Sport
Share this on:

Dimitrov Tembus Tiga Besar Dunia

  • Dimitrov Tembus Tiga Besar Dunia
  • Dimitrov Tembus Tiga Besar Dunia

Grigor Dimitrov memenangkan final melawan petenis Belgia David Goffin.(Reuters/Tony O'Brien)

LONDON - Nama Grigor Dimitrov menghiasi headline seluruh media di Bulgaria. Petenis 26 tahun itu merengkuh gelar tertinggi sepanjang karirnya, yakni juara ATP Finals di London, dinihari kemarin.

Setelah melalui pertarungan alot tiga set Dimitrov menaklukkan David Goffin 7-5, 4-6, dan 6-3. Sejak Dimitrov lolos ke turnamen yang hanya diikuit delapan petenis terbaik dunia itu, setiap pertandingannya selalu ramai ditonton di tanah kelahirannya, Bulgaria.

Tiga kanal televisi menyiarkan secara langsung pertandingan Dimitrov, termasuk televisi pemerintah BNT1. Belum lagi streaming di sejumlah situs lokal Bulgaria.

Di ajang ATP Finals, Dimitrov tak terkalahkan. Mulai dari persaingan di fase grup, semifinal, dan babak puncak, petenis yang pernah menjalin kasih dengan Maria Sharapova itu hanya kehilangan tiga set dalam lima laga.

''Dimitrov membawa air mata haru dan bahagia kepada ribuan orang Bulgaria yang menyaksikan langsung di O2 Arena dan jutaan pasang mata yang menonton langsung di depan layar televisi,'' tulis headline www.tennis24.bg.

Dimitrov berhak membawa pulang uang tunai USD 2,5 juta (Rp33,8 miliar) sebagai juara ATP Finals. Itu adalah jumlah maksimal yang bisa diraih peserta yang tak sekalipun kalah di sepanjang turnamen.

Tak hanya uang tunai fantastis, rangking dunia Dimitrov juga melonjak menjadi peringkat tiga dunia. Kini, Dimitrov menjadi petenis ketiga terbaik di dunia setelah Rafael Nadal dan Roger Federer.

Ranking tersebut didapatnya setelah meraih 1.500 poin rangking di ATP Finals. ''Tentu saja, gelar ini sangat berarti bagi saya. Pencapaian luar biasa yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Tapi saya masih memiliki kekuatan yang belum saya keluarkan secara maksimal,'' ucap Dimitrov dikutip dari situs resmi ATP.

Sebelumnya, hanya ada Maleeva bersaudara yakni Manuela, Katerina, dan Magdalena petenis Bulgaria yang sanggup menembus rangking enam besar dunia pada periode 1980-an dan 1990-an. Setelah itu, tenis putri menjadi sangat populer di Bulgaria.

Namun Bulgaria tak pernah melahirkan petenis putra sesukses Dimitrov. Sebelumnya, hanya ada Orlin Stanoytchev yang meraih peringkat terbainya, yakni rangking 96 dunia pada 2000.

Setelah itu Dimitrov muncul sebagai raja tenis Bulgaria dalam lima tahun belakangan. ''Grigor adalah role model atlet sukses di Bulgaria. Dalam 2-3 tahun terakhir, jumlah anak-anak yang bermain tenis meningkat drastis,'' ujar Manajer Pusat Tenis Nasional Bulgaria Georgi Donchev. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Hendro Tjap Incar TC di Eropa
Hendro Tjap Incar TC di Eropa

Berita Berikutnya

Kitwara Pecahkan Rekor Valencia
Kitwara Pecahkan Rekor Valencia

Berita Sejenis

Serena Mulus, Azarenka Terganjal

Serena Mulus, Azarenka Terganjal

Australia Terbuka 2019 menjadi ajang comeback dua petenis putri top dunia.


Nadal Comeback di Australia Terbuka

Nadal Comeback di Australia Terbuka

Setelah tiga bulan vakum total dari lapangan tenis akibat cedera lutut, ranking dua dunia Rafael Nadal pagi ini comeback untuk kali pertama.


Belum Ada Sponsor Proliga Sekuat Rokok

Belum Ada Sponsor Proliga Sekuat Rokok

Seandainnya hadiah Proliga lebih besar dari Rp1,5 miliar, tentu akan lebih menarik minat peserta. Setidaknya, bisa membantu pembiayaan.


Qatar Mulai Menggoda Wenger

Qatar Mulai Menggoda Wenger

Piala Dunia 2022 tidak hanya jadi target Gerardo Martino sebagai pelatih timnas Meksiko.


Gaji Besar Menanti Mourinho

Gaji Besar Menanti Mourinho

Jose Mourinho pernah menjadi bagian dari Benfica. Aguias (julukan Benfica) adalah klub pertama Mourinho.


Rekor yang Mengungkap Aib

Rekor yang Mengungkap Aib

Duel Golden State Warriors kontra Sacramento Kings di Golden 1 Center kemarin memecahkan rekor NBA dengan total kedua tim menciptakan 41 tembakan tiga angka.


Welcome Back, Murray!

Welcome Back, Murray!

Selamat datang kembali Andy Murray. Mantan ranking satu dunia itu kemarin menjalani pertandingan pertamanya di 2019.


Marquez Sukses Nge-Prank

Marquez Sukses Nge-Prank

Kemarin malam pembalap Repsol Honda, Marc Marquez tiba-tiba membuat berita heboh di jagad dunia maya.


Beban Besar Penerus Owi/Butet

Beban Besar Penerus Owi/Butet

Sepeninggal Liliyana Natsir pensiun setelah Indonesia Masters kelak akan memberikan tekanan buat ganda campuran pelapis di pelatnas.


Menang Tiga Set, Minions Belum Panas

Menang Tiga Set, Minions Belum Panas

Ketangguhan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mendapatkan ujian cukup berat dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!