Sport
Share this on:

Djarum Superliga 2019, Jaya Raya Paling Tangguh

  • Djarum Superliga 2019, Jaya Raya Paling Tangguh
  • Djarum Superliga 2019, Jaya Raya Paling Tangguh

Gregoria Mariska.

BANDUNG - Djarum Superliga Badminton 2019 bergulir mulai hari ini (18/2) hingga 24 Februari. Turnamen beregu tersebut bakal diadakan di GOR Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Juara edisi 2017 Mutiara Cardinal menjadi tuan rumah pergelaran kali ini.

Pada edisi keempat, Gregoria Mariska Tunjung dkk keluar sebagai juara dengan memetik kemenangan sempurna 3-0 atas Berkat Abadi. Namun, tahun ini bakal ada pergeseran peta kekuatan.

Klub Jaya Raya Jakarta hadir dengan skuad tangguh. Hampir semua pebulu tangkisnya tercatat dalam SK pelatnas PBSI tahun ini. Selain itu, pasangan ganda putri terbaik keempat di dunia Greysia Polii/Apriyani Rahayu bakal memperkuat tim.

Di sektor tunggal, pebulu tangkis senior Pia Zebadiah Bernadet turut turun membela tim. Untuk menutupi kekurangan di sektor tunggal, Jaya Raya mendatangkan pemain dari Vietnam Vu Thi Trang. ’’Kami yakin bisa rebut juara tahun ini. Kami semua bakal berjuang dan tidak mau kalah,’’ kata Pia.

Selama pergelaran Djarum Superliga, klub yang menelurkan banyak pebulu tangkis dunia seperti Markis Kido, Marcus Fernadi Gideon, dan Muhammad Rian Ardianto itu sudah empat kali menjadi juara. Dalam edisi 2011, 2013, 2014, dan 2015, tim putri Jaya Raya tidak terkalahkan.

’’Kalau menurut saya, kans paling besar ada di putra. Tetapi, tidak tertutup kemungkinan putri juga. Hal ini karena ada beberapa atlet yang Sabtu depan berangkat ke Jerman untuk ikut turnamen. Mudah-mudahan bisa berikan yang terbaik,’’ kata Erwan Purnomo, pelatih Jaya Raya.

Bila pada 2017 Berkat Abadi menjadi yang terkuat kedua di bagian putri, kali ini posisinya tergeser Djarum Kudus. Namun, skuad Djarum agak berbeda karena lebih banyak diisi pemain muda. Hanya pemain asing Michelle Li dari Kanada yang terlihat mencolok di antara seluruh skuad. Berada di peringkat ke-13 dunia, Li dipastikan menjadi penyokong utama bagi tim.

’’Kami ingin memberikan pengalaman bertanding kepada atlet muda di turnamen beregu untuk bekal mereka kelak ketika sudah jadi profesional,’’ ucap Manajer Djarum Fung Permadi.

Karena itu, pihaknya tidak memberikan target besar kepada tim. Meskipun, tidak dimungkiri Djarum juga ingin mengukir raihan apik. Apalagi, di ganda putri ada pasangan Agatha Imanuella/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Pasangan itu dikenal sebagai spesialis semifinal. Sepanjang 2018, tercatat enam kali mereka berhasil mencapai semifinal.

Sementara itu, juara bertahan Mutiara Cardinal tetap menyimpan ambisi besar. Walaupun kini hanya diposisikan di unggulan ketiga, tidak berarti daya gedor anak-anak Cardinal memudar. Musim 2019, klub itu belanja tiga pemain asing. Kim Ha-na dan Eom Hye-won akan mengisi nomor ganda, sedangkan Cheung Ngan Yi untuk tunggal.

’’Materi pemain pelatnas kami sangat minim, jadi belanja cukup besar. Beberapa pemain lama sudah retired, jadi terpaksa pakai asing,’’ ujar Manajer Mutiara Cardinal Umar Djaidi.

Sebelumnya, Mutiara Cardinal hampir tidak pernah menggunakan pemain asing untuk memperkuat skuad. Tim tersebut selalu mengandalkan pemain lokal. Meski begitu, mereka mampu menjadi kampiun pada 2017. ’’Syukur kalau bisa tembus semifinal,’’ kata Umar. (feb/c19/cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Westbrook Perpanjang Rekor
Westbrook Perpanjang Rekor

Berita Berikutnya

Samator Wujudkan Final Ideal vs BNI 46
Samator Wujudkan Final Ideal vs BNI 46

Berita Sejenis

Stapac Waspadai Kebangkitan SM

Stapac Waspadai Kebangkitan SM

Hari ini akan menjadi hari penentuan bagi Stapac Jakarta untuk ditasbihkan sebagai juara Indonesian Basketball league (IBL) 2018-2019.


Singkirkan Singapura, Indonesia Tantang Jepang

Singkirkan Singapura, Indonesia Tantang Jepang

Tim Bulu tangkis Indonesia berhasil lolos ke babak empat besar atau semifinal Badminton Asia Mixed Team Championships 2019.


Indonesia Ditantang Singapura di 8 Besar

Indonesia Ditantang Singapura di 8 Besar

Tim bulutangkis Indonesia lolos ke babak perempat final kejuaraan Badminton Asia Mixed Team Championships 2019.


Mati-matian di Final IBL tanpa Jamarr

Mati-matian di Final IBL tanpa Jamarr

Satria Muda Pertamina Jakarta bakal menjalani laga perdana babak final Indonesian Basketball League (IBL) musim 2018-2019 menghadapi Stapac Jakarta, Kamis (21/3


Indonesia Satu Grup dengan Denmark dan Inggris

Indonesia Satu Grup dengan Denmark dan Inggris

Undian kejuaraan beregu campuran bulu tangkis paling bergengsi di dunia, Sudirman Cup sudah digelar di Nanning, China, Selasa (19/3) kemarin.


Menunggu Duel Panas SM versus Stapac

Menunggu Duel Panas SM versus Stapac

Indonesian Basketball League (IBL) musim 2018-2019 telah memasuki babak final.


Juara di Swiss, Fajar/Rian Langsung ke Hong Kong

Juara di Swiss, Fajar/Rian Langsung ke Hong Kong

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyelamatkan muka Indonesia di ajang Swiss Terbuka 2019.


Hendra/Ahsan Diidolai dan Panutan yang Baik

Hendra/Ahsan Diidolai dan Panutan yang Baik

Usai menjadi juara All England 2019, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus sudah fokus ke turnamen berikutnya.


Juarai All England, Ahsan/Hendra Selamatkan Muka Indonesia

Juarai All England, Ahsan/Hendra Selamatkan Muka Indonesia

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menyelamatkan muka Indonesia, usai meraih satu-satunya gelar di All England 2019.


MotoGP Qatar Maverick Vinales Start Terdepan, Marquez Ketiga

MotoGP Qatar Maverick Vinales Start Terdepan, Marquez Ketiga

Rider Yamaha Movistar Maverick Vinales akan membalap dari start terdepan di seri pembuka MotoGP Qatar 2019, Minggu (10/3) malam.



Berita Hari Ini

sekda

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!