Sport
Share this on:

Djokovic dan Federer Berburu Trofi Ketujuh

  • Djokovic dan Federer Berburu Trofi Ketujuh
  • Djokovic dan Federer Berburu Trofi Ketujuh

MELBOURNE - Grand slam Australia Terbuka 2019 start Senin besok. Dari hasil drawing yang resmi dirilis kemarin, persaingan tunggal putra digaransi menarik sampai partai puncak pada 27 Januari mendatang.

Fokus nomor ini tertuju kepada ranking satu dunia Novak Djokovic dan ranking tiga dunia Roger Federer. Keduanya sama-sama berburu trofi ketujuh di Melbourne Park tahun ini.

Siapapun nantinya yang menjadi juara di antara keduanya, dia akan mengukir sejarah sebagai petenis dengan trofi Australia Terbuka terbanyak sepanjang masa.

Persaingan Djokovic dan Federer makin sempurna karena hasil drawing menempatkan keduanya tidak akan saling bersua sampai final. Pasalnya, Djokovic berada di section satu. Sementara Federer ada di section enam.

Sebagai juara bertahan dua edisi terakhir, Federer mengaku siap mengeluarkan seluruh kemampuannya. Di usia yang telah menginjak 37 tahun, Federer masih memiliki performa yang solid. Awal musim ini dia buka dengan apik pasca mampu mempersembahkan trofi untuk Swiss di ajang Hopman Cup pekan lalu.

Federer berburu raihan-raihan monumental di Australia Terbuka kali ini. Dia berharap mampu mendapatkan trofi grand slam ke-21 nya sepanjang karir. Selain itu, dia juga bermimpi mampu merengkuh gelar tunggal putra ke-100 nya sepanjang karir di turnamen mayor lapangan keras ini.

Federer bakal membuka pertandingan pertama melawan petenis Uzbekistan Denis Istomin. Ulangan final tahun lalu punya potensi diadakan di babak yang lebih awal tahun ini. Pasalnya, Marin Cilic runner up tahun lalu kali ini menduduki seeded enam untuk menempati section lima.

Jika sama-sama melaju, Federer dan Cilic bakal bersua di babak keempat. Federer juga punya peluang bersua unggulan kedua Rafael Nadal di semifinal.

Namun demikian, Federer memilih tidak mau memikirkan terlebih dahulu itu semua. Petenis Swiss itu hanya ingin fokus di pertandingan pertama terlebih dahulu. Tidak lebih dari itu. “Menjadi juara memang tujuan akhir. Tapi saya tidak ingin menaruh beban terlalu banyak ke diri saya sendiri,” ucap Federer dilansir ESPN.

Di lain sisi, Djokovic memulai pertandingan pertama melawan petenis kualifikasi yang baru dipastikan hari ini. Di babak kedua petenis Serbia itu punya peluang bertarung melawan finalsi 2008 Jo-Wilfried Tsonga.

Nah, di babak perempat final, Djokovic juga punya potensi bertarung kontra petenis Jepang Kei Nishikori. Unggulan keempat Alexander Zverev adalah kandikat kuat yang menunggu mereka semua di semifinal.

“Datang ke Australia selalu membuat saya antusias. Dalam dua pekan ke depan saya akan berusaha sefokus mungkin di atas lapangan,” ucap Djokovic dilansir The Sydney Morning Herald.

Djokovic berburu titel grand slam ke 15 nya di ajang ini. Sepanjang karir, petenis 31 tahun itu sudah mengumpulkan 72 titel tunggal putra.

Di lain sisi, ranking satu dunia tunggal putri Simona Halep bakal menduduki unggulan pertama di tunggal putri. Sementara itu, juara tahun lalu Serena Williams bakal datang dengan menduduki posisi unggulan ke-16. Serena punya peluang besar meraih titel grand slam ke-24 nya di Australia Terbuka kali ini. Saat turun di Hopman Cup pekan lalu, dia tak terkalahkan saat turun di sektor tunggal. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tsitsipas Pulangkan Federer

Tsitsipas Pulangkan Federer

Berhenti menganggap Stefanos Tsitsipas hanya jago di kelas junior. Petenis 20 tahun itu membuktikan dia sudah sangat siap bersaing di jajaran senior.


Jumpa Intanon, Jorji Harus Tampil Menekan

Jumpa Intanon, Jorji Harus Tampil Menekan

Bertahun-tahun menjadi sektor terlemah dan paling diremehkan, tunggal putri Indonesia menggebrak pada awal tahun ini.


Trofi Pertama setelah Sembilan Final

Trofi Pertama setelah Sembilan Final

Kei Nishikori akhirnya kembali mengangkat trofi.


Positif di Serena, Negatif di AS

Positif di Serena, Negatif di AS

Tim Amerika Serikat (AS) memang gagal total di ajang Hopman Cup tahun ini. Keinginan untuk meraih gelar ketujuh sudah punah.


Txingurri Mulai Tak Percaya Diri

Txingurri Mulai Tak Percaya Diri

Sapu bersih trofi domestik. Ya, Ernesto Valverde sudah melakukannya dalam musim pertamanya sebagai entrenador Barcelona musim lalu.


Dua Ganda Berpeluang Dirombak

Dua Ganda Berpeluang Dirombak

PP PBSI sudah menyiapkan promosi dan degradasi para pebulu tangkis pelatnas.


Federer Berharap Tuah Perth Lagi

Federer Berharap Tuah Perth Lagi

Selalu tampil di Hopman Cup dalam dua musim terakhir sudah terbukti membawa berkah untuk Roger Federer.


Comeback ke Tanah Liat

Comeback ke Tanah Liat

Di usia yang sudah menginjak 37 tahun, Roger Federer tetap enggan mencari aman dengan hanya tampil di turnamen-turnamen yang menjadi favoritnya.


Label Timnas Bukan Jaminan

Label Timnas Bukan Jaminan

Ungkapan ''Bola itu bundar'' dan ''Apa pun bisa terjadi di lapangan'' biasanya diucapkan tim underdog untuk menyemangati diri sendiri.


Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Upaya McLaren mewujudkan mimpi Fernando Alonso memenangi tiga balapan klasik “Trple Crown” (GP Monako, Le Mans 24 jam, dan Indy 500) makin all out.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!