Sport
Share this on:

Dovizioso Jatuh, Marquez Teratas

  • Dovizioso Jatuh, Marquez Teratas
  • Dovizioso Jatuh, Marquez Teratas

WINA - Performa Marc Marquez (Repsol Honda) memang patut diacungi jempol. Kemarin (9/8) ia berhasil memuncaki sesi latihan bebas FP2 GP Austria. Sementara rivalnya, Andrea Dovizioso (Ducati) terjatuh di Tikungan 3 sirkuit Red Bull Ring.

Marquez mencatatkan waktu satu menit 23,916 detik, lebih cepat 0,302 detik dari waktu yang ia raih di FP1, demikian laman resmi MotoGP. Maverick Viales (Monster Energy Yamaha MotoGP) juga mampu memperbaiki catatan waktunya untuk finis runner-up terpaut 0,066 detik dari Marquez.

Dovizioso, yang tampil tercepat di FP1, harus puas finis peringkat sembilan di sesi latihan siang dengan selisih waktu 0,495 detik. Marquez langsung memimpin catatan waktu di FP2 ketika dia turun dengan ban belakang soft untuk menggeser Dovi ke P2 di catatan waktu kombinasi latihan.

Rekan satu tim Dovi, Danilo Petrucci tampil di bawah radar ketika finis P14 di FP1. Namun pebalap asal Italia itu mampu memperbaiki catatan waktunya untuk menduduki peringkat delapan di catatan waktu kombinasi.

Ingin mengulangi kesuksesan di FP1, Dovi tampil menekan setelah menjadi yang tercepat di sektor pertama trek, namun terjatuh di Tikungan 3 di lima menit terakhir sesi FP2 dan gagal memperbaiki catatan waktunya.

Hampir semua pebalap memperbaiki catatan waktunya, salah satu yang tampil lebih baik adalah Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu). Pebalap Jepang itu finis P9 di FP1 namun melesat di sesi latihan siang untuk finis di peringkat tiga diikuti oleh pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Marquez memuncaki waktu kombinasi latihan diikuti oleh Viales dan Dovizioso. Sementara Nakagami berada di P4 diikuti oleh Quartararo di P5. Pebalap Pramac Racing Jack Miller memiliki waktu 0,392 detik lebih lambat dari Marquez untuk mengamankan peringkat keenam dan Miguel Oliveira menjadi (Red Bull KTM tech 3) menjadi pebalap KTM tercepat hari itu di P7 mengalahkan Petrucci di P8.

Cal Crutchlow (LCR HOnda Castrol) dan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) melengkapi dua peringkat terakhir di 10 besar waktu kombinasi untuk mengamankan tiket sementara lolos ke Q2.

Sementara itu dalam sesi jumpa pers pra-lomba GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, diwarnai pembahasan rumor tentang kemungkinan Jorge Lorenzo (Repsol Honda) akan kembali ke Ducati bersama Pramac Racing.

Pebalap Pramac Ducati Jack Miller, yang belum menyelesaikan kontraknya dengan Pramac untuk musim depan, menanggapi rumor itu dan menjelaskan situasi yang dihadapinya sekarang. "Aku kira kami sedang menunggu berkas-berkas tapi jelas itu bukan persoalannya, mungkin ada sesuatu yang lain di balik itu aku belum tahu," kata pebalap Australia itu seperti dikutip di laman resmi MotoGP.

"Kami akan lihat ketika Jorge kembali dari Maldives atau di mana pun dia sekarang berada, dan kita akan ketahui apa yang aku lakukan. Di saat ini, aku mencoba memberikan yang terbaik, aku tidak stress. Aku pikir jika aku tetap membalap seperti sekarang aku akan berada di sini tahun depan dan kita akan lihat bagaimana," paparnya.

Miller, yang telah mengemas dua finis podium musim ini, mengatakan bahwa Ducati sedang mempersiapkan motor tahun 2020 untuk dirinya dan rekan satu tim, Francesco Bagnaia. "Aku tidak sama sekali (bicara tentang rumor pindahnya Lorenzo ke Pramac) hingga akhir pekan ini tapi setelah mendapat umpan balik ada benarnya juga rumor tersebut."

"Seperti yang aku katakan, Pramac ingin mempertahankan aku, aku telah bicara lewat facetime dengan Paolo pagi ini dan dia 100 persen yakin untuk mempertahankanku jadi kami harus maklum apa yang kami perlukan adalah finalisasi kontrak," jelasnya.

Sementara itu rekan satu tim Lorenzo, Marc Marquez (Repsol Honda) mengatakan jika kompatriot senegaranya itu adalah pebalap yang memiliki ambisi juara. "Apa yang aku tahu adalah Jorge masih punya satu tahun lagi bersama Honda," timpalnya.

"Jorge adalah Jorge dan apa yang ia katakan adalah 'ia bukan lah pebalap hebat, tapi seorang juara', dan jika ia seorang juara, dia bersama motor pemenang jadi dia harus kembali dan menunjukkan potensinya di atas motor Honda dan menjadi yang terbaik bersama Honda," kata Marquez.

"Dengan ego dan ambisinya, dia akan mencoba melakukannya, karena jika tidak maka ambisi dan mimpinya tak akan tercapai. Ketika kalian tiba di HRC, itu karena kalian ingin menang lomba dan bertarung untuk kejuaraan," paparnya.

Mantan rekan satu tim Lorenzo di Yamaha, Valentino Rossi, mengakui jika Lorenzo saat ini berada di masa-masa yang sulit. "Jika kita bicara tentang situasi di trek, hasilnya bisa masuk akal karena Jorge memiliki banyak masalah dengan Honda. Tahun lalu dia kuat bersama Ducati, setelah sejumlah kecelakaan dan kesialan atau cedera tapi dia muncul dengan kecepatan yang bagus, tapi dalam sudut pandang ini hal itu ada benarnya. Aku tak tahu secara pasti, tapi Lorenzo sekarang bersama Honda," kata Rossi.

Tahun pertamanya di Honda, Lorenzo dirudung sejumlah cedera dan telah absen di beberapa balapan. "Saat ini adalah situasi yang sulit tapi dia bersama pabrikan Honda jadi dengan sedikit waktu dia bisa kompetitif," pungkas juara dunia sembilan kali itu. (reu/zul/afp/ful)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Marquez-Quartararo Saling Puji

Marquez-Quartararo Saling Puji

Sejak sesi kualifikasi rider Repsol Honda Marc Marquez tengah dilanda kegelisahan.


Overtake Kunci Kemenagam Marquez di San Marino

Overtake Kunci Kemenagam Marquez di San Marino

Rider Spanyol kembali menjadi kampiun di MotoGP San Marino 2019, Minggu (15/9).


Unggul Jauh, Kans Marquez Juarai MotoGP Lebih Awal

Unggul Jauh, Kans Marquez Juarai MotoGP Lebih Awal

Gelaran MotoGP tinggal tujuh seri lagi. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih memuncaki klasemen rider MotoGP dengan 250 poin.


Dovi Alami Geger Otak Ringan

Dovi Alami Geger Otak Ringan

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso harus mendapat sejumlah perawatan di rumah sakit usai menabrak pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo di race MotoGP Inggris


Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Alex Rins Juara di Silverstone

Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Alex Rins Juara di Silverstone

Alex Rins (Suzuki Ecstar) menjuarai balapan GP Inggris di Silverstone setelah mengalahkan Marc Marquez (Repsol Honda) di tikungan terakhir jelang finis, kemarin


Balapan di Silverstone, Peluang untuk Mengkudeta Marquez

Balapan di Silverstone, Peluang untuk Mengkudeta Marquez

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez punya beban berat. Ia harus kerja keras menjaga tren positifnya jelang race MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (25


Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih mencari celah agar bisa naik podium di seri MotoGP Inggris.


Sharapova Terjungkal, Barty Kehilangan Break Poin

Sharapova Terjungkal, Barty Kehilangan Break Poin

Petenis unggulan teratas Ashleigh Barty berhasil mengatasi dominasi Maria Sharapova 6-4, 6-1 pada bentrok kedua turnamen Cincinnati Masters


Tetap di Moto2, Alex Marquez Urung Bersaing dengan Marc

Tetap di Moto2, Alex Marquez Urung Bersaing dengan Marc

Sempat digadang-gadang menjadi rival sang kakak, Alex Marquez malah meneken kontrak baru Moto2 bersama Marc VDS hingga tahun 2020.




Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!