Sport
Share this on:

Dua Tim F1 Tolak Pergantian Tes

  • Dua Tim F1 Tolak Pergantian Tes
  • Dua Tim F1 Tolak Pergantian Tes

BARCELONA - Cuaca ekstrim menggangu jalannya tes pra musim Formula 1 hari ketiga di Sirkuit Catalunya, Barcelona kemarin. Salju tebal menyelimuti permukaan lintasan. Meski demikian, rapat darurat tim memutuskan untuk tidak mengganti jadwal uji coba di hari lain.

Tes tidak bisa dimulai sampai tiga jam dari jadwal semula. Penyebabnya adalah helikopter tidak bisa diterbangkan dalam kondisi membeku tersebut. Faktor itu sangat penting, bahkan wajib hukumnya karena helikopter diperlukan untuk mengevakuasi pembalap ke rumah sakit terdekat jika terjadi kecelakaan.

Akhirnya, perwakilan tim bertemu untuk memutuskan langkah selanjutnya. Butuh suara bulat untuk memutuskan apakah waktu yang sudah hilang tersebut akan diganti pada hari lain. Sayangnya, ada dua tim yang tidak setuju. Uji coba pun tetap dilaksanakan.

Sampai dua jam pertama uji coba dimulai hanya tiga pembalap yang turun. Mereka adalah Fernando Alonso (McLaren), Daniel Ricciardo (Red Bull), dan Marcus Ericsson (Sauber). Itupun mereka hanya melakukan lap instalasi dan kemudian masuk lagi ke garasi, Tidak ada waktu lap yang tercatat.

Penolakan dua tim untuk mengganti sesi uji coba di hari lain membuat Direktur Balap McLaren Eric Boullier meradang. Dia menyebut dua tim tersebut egois dan hanya membuang-buang uang. ''Kami menghabiskan banyak uang untuk bisa berada di sini. Sirkuit ini kan disewa untuk dua minggu, jadi ada peluang untuk menggeser jadwal tes ke lain hari,'' katanya kesal seperti dilansir Crash.

Namun Boullier tidak menjelaskan secara detail dua tim yang mem-veto keputusan tersebut. Padahal dari perkiraan cuaca diketahui bahwa pada Minggu (4/3) dan Senin (5/3) cuaca akan membaik. Suhu udara diperkirakan berada pada posisi 15-17 derajat. Bandingkan dengan kemarin yang sampai minus.

''Ini benar-benar pemborosan dan mereka (dua tim) hanya mementingkan diri sendiri,'' imbuhnya.

Dengan demikian untuk tes pertama pra musim kali ini hanya tersisa satu hari. Yakni hari ini (1/3). Tes akan dilanjutkan lagi pekan depan di sirkuit yang sama 6-9 Maret. Namun dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti ini, tes kedua masih dibayangi kekhawatiran. ''Padahal kami kita (semua tim F1) sangat butuh memaksimalkan delapan hari uji coba untuk memberikan pertunjukan terbaik bagi fans di Melbourne (seri pertama) nanti,'' tandasnya.

Sampai berita ini ditulis tadi malam, ada empat pembalap yang turun dalam kondisi trek yang licin. Mereka adalah Riccirdo, Alonso, Ericcson, dan Robert Kubica (pembalap cadangan Williams) yang semuanya menggunakan ban basah. Tapi mereka hanya melakukan lap instalasi. Tidak ada catatan waktu yang ditorehkan. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Soal Pengembangan, Yamaha Terpecah
Soal Pengembangan, Yamaha Terpecah

Berita Berikutnya

Hamilton Ingin ''Sakiti'' Vettel
Hamilton Ingin ''Sakiti'' Vettel

Berita Sejenis

Pelicans bukan Underdog

Pelicans bukan Underdog

Berhenti sebut New Orleans Pelicans tim underdog di playoff 2018 ini.


Tantangan Besar buat Wakil Pelatnas

Tantangan Besar buat Wakil Pelatnas

Dari lima wakil ganda campuran pelatnas pratama, dua di antaranya harus rontok pada babak pertama Malaysia International Challenge (IC) 2018.


Thiem Lolos dari Lubang Jarum

Thiem Lolos dari Lubang Jarum

Dua tahun terakhir petenis Austria Dominic Thiem mencuri perhatian dengan selalu mencapai semifinal grand slam tanah liat Prancis Terbuka.


Ferrari Bisa Juara Tahun Ini

Ferrari Bisa Juara Tahun Ini

Pasca menyapu bersih kemenangan di dua balapan pertama, Ferrari mulai digadang-gadang mampu mencuri gelar juara musim ini.


Tiongkok Lawan Berat Tim Uber

Tiongkok Lawan Berat Tim Uber

Perjuangan Indonesia di kejuaraan Piala Thomas dan Uber diprediksi tidak mudah.


Jangan Kendur, Tetap Waspada

Jangan Kendur, Tetap Waspada

Sekali lagi Ferrari sukses mencuri kemenangan di balapan dimana tim rival Mercedes terlihat begitu kuat, GP Bahrain.


Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games

Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games

Badan Tim Nasional Pengurus Pusat Persatuab Bola Voli Seluruh Indonesia memilih Muhammad Ansori sebagai pelatih tim nasional voli putri Asian Games 2018.


Indonesia Berharap Tuah Christo

Indonesia Berharap Tuah Christo

Tim Putra Indonesia kembali menghadapi laga sulit pada relegation playoff Piala Davis 2018.


Kesempatan Vettel Ungguli hamilton Lagi

Kesempatan Vettel Ungguli hamilton Lagi

Genderang perang sudah ditabuh dua rival terpanas di balapan Formula 1 saat ini Lewis Hamilton dan Ferrari Sebastian Vettel sejak mengawali musim balap 2018.


Susy Masih Timang Kerangka Thomas-Uber Cup

Susy Masih Timang Kerangka Thomas-Uber Cup

Susy Susanti, Kabidbinpres PP PBSI menyatakan masih menimbang siapa saja pemain yang masuk dalam kerangka tim Thomas-Uber Cup 2018.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!