Sport
Share this on:

Dua Tim F1 Tolak Pergantian Tes

  • Dua Tim F1 Tolak Pergantian Tes
  • Dua Tim F1 Tolak Pergantian Tes

BARCELONA - Cuaca ekstrim menggangu jalannya tes pra musim Formula 1 hari ketiga di Sirkuit Catalunya, Barcelona kemarin. Salju tebal menyelimuti permukaan lintasan. Meski demikian, rapat darurat tim memutuskan untuk tidak mengganti jadwal uji coba di hari lain.

Tes tidak bisa dimulai sampai tiga jam dari jadwal semula. Penyebabnya adalah helikopter tidak bisa diterbangkan dalam kondisi membeku tersebut. Faktor itu sangat penting, bahkan wajib hukumnya karena helikopter diperlukan untuk mengevakuasi pembalap ke rumah sakit terdekat jika terjadi kecelakaan.

Akhirnya, perwakilan tim bertemu untuk memutuskan langkah selanjutnya. Butuh suara bulat untuk memutuskan apakah waktu yang sudah hilang tersebut akan diganti pada hari lain. Sayangnya, ada dua tim yang tidak setuju. Uji coba pun tetap dilaksanakan.

Sampai dua jam pertama uji coba dimulai hanya tiga pembalap yang turun. Mereka adalah Fernando Alonso (McLaren), Daniel Ricciardo (Red Bull), dan Marcus Ericsson (Sauber). Itupun mereka hanya melakukan lap instalasi dan kemudian masuk lagi ke garasi, Tidak ada waktu lap yang tercatat.

Penolakan dua tim untuk mengganti sesi uji coba di hari lain membuat Direktur Balap McLaren Eric Boullier meradang. Dia menyebut dua tim tersebut egois dan hanya membuang-buang uang. ''Kami menghabiskan banyak uang untuk bisa berada di sini. Sirkuit ini kan disewa untuk dua minggu, jadi ada peluang untuk menggeser jadwal tes ke lain hari,'' katanya kesal seperti dilansir Crash.

Namun Boullier tidak menjelaskan secara detail dua tim yang mem-veto keputusan tersebut. Padahal dari perkiraan cuaca diketahui bahwa pada Minggu (4/3) dan Senin (5/3) cuaca akan membaik. Suhu udara diperkirakan berada pada posisi 15-17 derajat. Bandingkan dengan kemarin yang sampai minus.

''Ini benar-benar pemborosan dan mereka (dua tim) hanya mementingkan diri sendiri,'' imbuhnya.

Dengan demikian untuk tes pertama pra musim kali ini hanya tersisa satu hari. Yakni hari ini (1/3). Tes akan dilanjutkan lagi pekan depan di sirkuit yang sama 6-9 Maret. Namun dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti ini, tes kedua masih dibayangi kekhawatiran. ''Padahal kami kita (semua tim F1) sangat butuh memaksimalkan delapan hari uji coba untuk memberikan pertunjukan terbaik bagi fans di Melbourne (seri pertama) nanti,'' tandasnya.

Sampai berita ini ditulis tadi malam, ada empat pembalap yang turun dalam kondisi trek yang licin. Mereka adalah Riccirdo, Alonso, Ericcson, dan Robert Kubica (pembalap cadangan Williams) yang semuanya menggunakan ban basah. Tapi mereka hanya melakukan lap instalasi. Tidak ada catatan waktu yang ditorehkan. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Soal Pengembangan, Yamaha Terpecah
Soal Pengembangan, Yamaha Terpecah

Berita Berikutnya

Hamilton Ingin ''Sakiti'' Vettel
Hamilton Ingin ''Sakiti'' Vettel

Berita Sejenis

Jakarta Garuda Patut Diwaspadai

Jakarta Garuda Patut Diwaspadai

Tim putra pendatang baru Jakarta Garuda jadi tuan rumah seri kedua putaran pertama Proliga 2019.


Greysia/Apriyani Tersingkir Lebih Awal

Greysia/Apriyani Tersingkir Lebih Awal

Seperti yang diprediksi sebelumnya, dua wakil Indonesia harus susah payah berjuang di BWF Tour Finals 2018.


Sudah, Lupakan Saja Statistik

Sudah, Lupakan Saja Statistik

Dua wakil Indonesia langsung berjumpa lawan berat dalam pertandingan perdana BWF World Tour Finals hari ini (12/12).


Kalah Lagi, Bulls di Titik Nadir

Kalah Lagi, Bulls di Titik Nadir

Dalam sejarah 52 tahun tim Chicago Bulls, hasil pertandingan kemarin menjadi yang paling menyakitkan.


Label Timnas Bukan Jaminan

Label Timnas Bukan Jaminan

Ungkapan ''Bola itu bundar'' dan ''Apa pun bisa terjadi di lapangan'' biasanya diucapkan tim underdog untuk menyemangati diri sendiri.


Pensiun dari MotoGP, Pedrosa Dapat Hadiah Dua Motor

Pensiun dari MotoGP, Pedrosa Dapat Hadiah Dua Motor

Dedikasi Dani Pedrosa selama 18 tahun membela Honda membuat pabrikan asal Jepang itu ingin berterima kasih kepadanya semaksimal mungkin.


Popovich Masih Kebingungan

Popovich Masih Kebingungan

Markas Utah Jazz, Vivint Smart Home Arena, menjadi mimpi buruk bagi San Antonio Spurs. Tim Asuhan Gregg Popovich itu kalah telak 105-139 kemarin.


Hamilton Masih Idaman Bos F1

Hamilton Masih Idaman Bos F1

Autosport meneruskan tradisi di akhir musim. Mereka meminta setiap bos tim Formula 1 untuk membuat ranking sepuluh pembalap terbaik.


Duo Honda Jalani Operasi

Duo Honda Jalani Operasi

Dua pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Jorge Lorenzo menjalani operasi di waktu yang hampir bersamaan.


Draw, Wilder-Fury Sama-sama Minta Rematch

Draw, Wilder-Fury Sama-sama Minta Rematch

Deontay Wilder memukul jatuh Tyson Fury dua kali di depan 17.698 penonton yang memadati Staples Center kemarin.



Berita Hari Ini

IKLAN ARIP

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!