Sport
Share this on:

Ducati Dobel Podium di Brno

  • Ducati Dobel Podium di Brno
  • Ducati Dobel Podium di Brno

BRNO - Perseteruan duo pembalap Ducati di luar sirkuit berujung duel di lintasan. Di GP Republik Ceko tadi malam, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo terlibat pertarungan sengit dalam tiga lap terakhir. Hasilnya, kali kedua pada musim 2018 tim pabrikan Italia tersebut meraih dobel podium di kelas para raja.

Tak seperti biasanya, Lorenzo seakan sudah merancang serangan pada lap-lap akhir. Jika dalam beberapa balapan sebelumnya juara tiga kali MotoGP tersebut panas di awal tetapi loyo di akhir, kemarin justru sebaliknya. Pembalap Majorca itu menahan diri untuk tidak agresif di awal, lalu menyerang saat yang tepat.

Waktu yang tepat itu datang pada tiga lap penghabisan. Dovizioso yang memulai lomba dari pole position sudah berhasil mengatasi perlawanan Valentino Rossi pada lap kesepuluh. Sang legenda hidup MotoGP tersebut salah memilih ban. Saat rider top lainnya memilih hard-hard, Rossi nekat memasang medium-hard. Padahal, suhu di lintasan sangat menyengat. Kompon medium terlalu lunak.

Setelah mengatasi Rossi, Dovizioso praktis memimpin lomba. Ancaman datang dari Marc Marquez (Repsol Honda). Keduanya beberapa kali berganti posisi sebagai pemimpin lomba. Tetapi, Dovi memiliki pace lebih dari cukup untuk menghadapi Marquez.

Hingga tiga lap terakhir, Lorenzo yang sudah menghemat ban di awal lomba menyerang. Manuver klasiknya pada lap ke-18 mengagetkan Marquez sekaligus Dovi.

Mantan rider Yamaha itu menunjukkan kelasnya sebagai juara dunia tiga kali MotoGP dengan menusuk dari bagian dalam tikungan 13 untuk menyalip Marquez. Dia kemudian menemukan ruang untuk menelusup bagian luar tikungan 14 dan bertarung dengan Dovi.

Pada lap berikutnya, manuver yang sama diulang di tikungan 4. Namun, kali ini dia melebar. Marquez sempat mencuri posisi kedua di tikungan 3 pada lap pemungkas, tetapi tak berlangsung lama. Lorenzo tak mengendurkan serangannya hingga finis 0,178 detik lebih lambat dari Dovi.

’’Ini adalah balapan spektakuler. Banyak sekali duel terjadi di akhir balapan. Hari ini (kemarin, Red) aku memilih menahan diri di awal lomba untuk menghemat ban,’’ beber Lorenzo dalam wawancara di parc ferme. Meski gagal menumbangkan Dovizioso di akhir balapan, Lorenzo menyatakan senang dengan hasil 1-2 Ducati di Brno.

Ducati layak berpesta di Brno karena itu dobel podium kedua mereka pada musim ini. Yang pertama terjadi di balapan kandang GP Italia pada 3 Juni lalu. Saat itu Lorenzo juara. Bagi Dovi, ini kemenangan keduanya sejak seri pembuka GP Qatar Maret lalu.

’’Akhir pekan yang luar biasa. Aku sama sekali tidak memprediksinya. (Meraih) pole position dan sekarang (kemarin, Red) ini (kemenangan),’’ tandasnya.

Lorenzo terlihat lebih kalem di akhir lomba dengan mendatangi Dovi di parc ferme. Dia mengajak rekan setimnya itu bersalaman. Malah Dovi yang tampak ogah-ogahan menyambut tangan Lorenzzo. Keduanya akan berpisah musim depan setelah Lorenzo memastikan hengkan ke Repsol Honda.

Bagi Marc Marquez, tak banyak poin yang didapat dari Brno. Jika diakumulasi, dia hanya menambah tiga poin di klasemen. Itu terjadi lantaran Rossi berhasil finis di posisi keempat. Meski demikian, Marquez makin jauh meninggalkan Rossi di klasemen pembalap. Kini jarak keduanya membentang 49 poin.

’’Biasanya kami memang kesulitan di sini (Brno). Jadi, menambah jarak menjadi 49 poin adalah hasil yang bagus,’’ ucapnya.

Seri berikutnya berlangsung di Red Bull Ring, Austria, 12 Agustus mendatang. Di sirkuit tersebut Ducati biasanya tampil dominan. (c4/cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Ricciardo Ke Renault Musim Depan
Ricciardo Ke Renault Musim Depan

Berita Berikutnya

Rio Tambah Kekuatan Trek
Rio Tambah Kekuatan Trek

Berita Sejenis

Lorenzo Juara, Marquez Semakin Tak Terkejar

Lorenzo Juara, Marquez Semakin Tak Terkejar

Ducati dengan susah payah mempertahankan statusnya sebagai Raja Red Bull Ring tadi malam.


Marquez Berkuasa saat Hujan

Marquez Berkuasa saat Hujan

Dengan permukaan sirkuit Red Bull Ring yang basah akibat hujan lebat di latihan bebas kedua (FP2), Marc Marquez memecahkan dominasi duo Ducati.


Yamaha Diupgrade, Ducati Yakin Kompetitif Sejak Awal

Yamaha Diupgrade, Ducati Yakin Kompetitif Sejak Awal

Yamaha biasanya tampil lebih kuat di paro kedua musim.


Kejar Rekor Megah Di Brno

Kejar Rekor Megah Di Brno

Melanjutkan kembali musim balap MotoGP 2018 usai jeda musim panas, dua pembalap penghuni klasemen teratas memasuki satu fase sejarah dalam karir mereka.


Rossi Butuh Bantuan Jepang

Rossi Butuh Bantuan Jepang

Dua pembalap Yamaha berdiri di podium itu capaian luar biasa di tengah lambannya pengembangan motor YZR-M1 tahun ini.


Ducati-Yamaha Tak Gentar di Sachsenring

Ducati-Yamaha Tak Gentar di Sachsenring

Balapan GP Jerman di sirkuit Sachsenring akhir pekan ini (15/7) bakal menjadi pembuktian sebenarnya untuk Ducati dan pembalap mereka Jorge Lorenzo.


Ubah Bentuk Tangki, Yamaha Ikuti Jejak Lorenzo

Ubah Bentuk Tangki, Yamaha Ikuti Jejak Lorenzo

Sukses Jorge Lorenzo memenangi dua balapan MotoGP secara beruntun bersama Ducati tak lepas dari perubahan bentuk tangki bahan bakar.


Marquez Tak Perhitungkan Lorenzo

Marquez Tak Perhitungkan Lorenzo

Kemenangan bintang Ducati Jorge Lorenzo di dua balapan terakhir membuat namanya kini masuk dalam bursa calon juara dunia 2018.


Lorenzo ke Honda, Petrucci Tunggangi Ducati

Lorenzo ke Honda, Petrucci Tunggangi Ducati

Tidak butuh waktu lama bagi Repsol Honda menemukan pengganti Dani Pedrosa.


Ricciardo Ambil Penalti di Kanada

Ricciardo Ambil Penalti di Kanada

Pasca merengkuh podium tertinggi di GP Monako (27/5), pembalap Red Bull Daniel Ricciardo bakal sulit kembali meraih hasil apik.



Populer

KPU kab

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!