Sport
Share this on:

Empat Lifter Tembus Ranking 8 Besar Dunia

  • Empat Lifter Tembus Ranking 8 Besar Dunia
  • Empat Lifter Tembus Ranking 8 Besar Dunia

JAKARTA - Tim angkat Indonesia sudah mendarat di tanah air tadi malam. Kedatangan mereka disambut alngsung Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta didampingi Wakil Ketua PB PABBSI Djoko Pramono bersama lifter pelatnas junior di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Wajah Eko Yuli Irawan terlihat semringah. Di lehernya menggantung tiga medali emas kejuaraan dunia angkat besi 2018 yang digelar di Ashgabat pada 1-10 November lalu. Tiga medali tersebut diraih usai mencatatkan angkatan snatch terbaik, clean and jerk terbaik, dan total angkatan terbaik (lihat grafis).

Isnanta bersama pengurus PB PABBSI lainnya mengalungkan karangan bunga kepada Eko diikuti lifter lainnya sebagai bentuk apresiasi sekaligus ucapan selamat. "Syukur Alhamdulillah bisa meraih emas," ucap Eko gembira.

Meski begitu, lifter kelahiran Metro, Lampung tersebut tidak lantas cepat berpuas diri. Menurut dia, perjalanan menuju Olimpiade 2020 Tokyo masih panjang. Masih ada enam seri kejuaraan dunia yang harus diikutinya selama 2019. Plus, kejuaraan Asia 2020 yang akan digeber di Kazakhstan.

Manajer tim angkat besi Sony Kasiran menuturkan, kemenangan Eko kali ini tidak lepas dari keberuntungan. "Karena lawan-lawan Eko di Olimpiade 2016 memilih naik kelas di 67 kg," ungkap Sony. Dua pesaing yang dimaksud adalah jawara olimpiade Oscar Figuerora asal Kolombia dan peraih perunggu olimpade Farkhad Kharki.

Berdasarkan hasil kejuaraan dunia 2018 Ashgabat, saat ini ada empat lifter Merah Putih yang bertengger di peringkat delapan besar. Selain Eko, ada Deni (kelas 67 kg putra), Sri Wahyuni (kelas 49 kg putri), dan Acchedya Jagaddhita (kelas 59 kg putri).

Sony mewanti-wanti keempat lifternya itu untuk bisa tampil konsisten di sisa turnamen kedepan. Dia menyadari cukup sulit memang untuk selalu tampil dengan angkatan terbaik di setiap pertandingan. "Ya tapi sejeblok-jebloknya minimal finis di posisi lima besar di setiap pertandingan," terangnya.

Pelatih kepala Dirdja Wihardja menilai, hasil tersebut merupakan awalan yang bagus bagi tim Indonesia menuju pesta olahraga dunia 2020. Untuk menjaga performa anak asuhnya, Dirdja menyebut meniru periodisasi latihan tim bulu tangkis Indonesia.

"Mereka setiap tahun ikut tur kejuaraan dunia. Dan prestasinya konsisten. Masa mereka bisa, kami tidak," katanya.

Peraih perunggu kelas 56 kg Asian Games 1986 itu hanya memberi libur dua hari untuk atletnya terhitung kemarin. Jumat (9/11), Eko Yuli dkk sudah kembali memulai latihan untuk persiapan jelang seri kejuaraan dunia di Thailand dan Tiongkok pada Februari 2019 mendatang. (han/jpg)

Berita Sebelumnya

Jordan Buat Stapac Lebih Garang
Jordan Buat Stapac Lebih Garang

Berita Berikutnya

Jojo-Ginting Siapa yang Terbaik?
Jojo-Ginting Siapa yang Terbaik?

Berita Sejenis

Singkirkan Singapura, Indonesia Tantang Jepang

Singkirkan Singapura, Indonesia Tantang Jepang

Tim Bulu tangkis Indonesia berhasil lolos ke babak empat besar atau semifinal Badminton Asia Mixed Team Championships 2019.


Indonesia Ditantang Singapura di 8 Besar

Indonesia Ditantang Singapura di 8 Besar

Tim bulutangkis Indonesia lolos ke babak perempat final kejuaraan Badminton Asia Mixed Team Championships 2019.


Indonesia Satu Grup dengan Denmark dan Inggris

Indonesia Satu Grup dengan Denmark dan Inggris

Undian kejuaraan beregu campuran bulu tangkis paling bergengsi di dunia, Sudirman Cup sudah digelar di Nanning, China, Selasa (19/3) kemarin.


Kalahkan Garcia, Spence Siap Hadapi Paquiao

Kalahkan Garcia, Spence Siap Hadapi Paquiao

Petinju Errol Spence Jr mempertegas statusnya sebagai salah satu petinju pound-for-pound terbaik di dunia setelah menang angka, Minggu (17/3) kemarin.


Rebut Pole, Hamilton Berpeluang Juarai GP Australia

Rebut Pole, Hamilton Berpeluang Juarai GP Australia

Juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton merebut pole position di GP Australia, Sabtu (16/3).


Punya Tujuh Klub Sepakbola, City Semakin Menggurita

Punya Tujuh Klub Sepakbola, City Semakin Menggurita

Jejaring Manchester City di level dunia semakin besar. Bendera City Football Group (CFG) kini menaungi tujuh klub dari berbagai benua maupun level kompetisi.


Ancaman Spirit Ganda King Ciro

Ancaman Spirit Ganda King Ciro

Sevilla beruntung mereka berhasil menang 1-0 di leg pertama 32 besar Liga Europa di kandang Lazio (15/2).


Osaka Akhiri Kerjasama dengan Bajin

Osaka Akhiri Kerjasama dengan Bajin

Petenis ranking satu dunia tunggal putri Naomi Osaka mengirim kabar mengejutkan kemarin.


Akibat Omong Besar

Akibat Omong Besar

Keluarga Mayweather memang dikenal sebagai klan tinju. Floyd Mayweather Jr, saat ini merupakan pemegang rekor sempurna 50 kemenangan.


Rossi Kagumi Kecepatan Ducati

Rossi Kagumi Kecepatan Ducati

Pasca menyelesaikan tes pra musim di Sepang, juara dunia sembilan kali Valentino Rossi langsung menaruh kagum kepada mantan timnya yakni Ducati.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!