Sport
Share this on:

Enam Pembalap MotoGP Jajal KymiRing

  • Enam Pembalap MotoGP Jajal KymiRing
  • Enam Pembalap MotoGP Jajal KymiRing

KYMENLAAKSO - Selama dua hari, pembalap MotoGP menjajal Sirkuit KymiRing, Finlandia, Senin-Selasa (19-20/8). Ya, setelah 35 tahun absen, masyarakat Skandinavia (Finlandia, Norwegia dan Swedia) akhirnya bisa kembali menonton MotoGP secara langsung.

KymiRing merupakan sirkuit yang tengah dalam masa finishing tahun ini. Sirkuit berlokasi di Iitti, Kymenlaakso, Finlandia, berbatasan ibu kota regional Kouvola atau 110 kilometer dari ibukota Helsinki. KymiRing merupakan sirkuit pertama di Finlandia yang memiliki lisensi FIA Grade 1 yang akan menghelat Grand Prix MotoGP Finlandia 2020.

Selain MotoGP, Kymi Ring juga mendapat lisensi menyelenggarakan Formula 1. Pengujian oleh pembalap MotoGP dilakukan sejak pukul 10:00 hingga 17:00 waktu setempat (GMT +3). Kemudian, dilanjutkan oleh para pembalap lokal dimulai pukul 17:00 hingga 18:00 waktu setempat.

Juara Dunia Moto2 2011 Stefan Bradl menjadi pembalap Honda pertama yang menguji lintasan itu. Dilanjutkan rider Italia, Michele Pirro sebagai perwakilan Ducati. Kemudian Mantan Juara WorldSBK, Sylvain Guintoli akan mewakili Suzuki, sementara Yamaha datang bersama rider Jerman lainnya, Jonas Folger.

Sementara rider lokal diisi oleh pembalap KTM Mika Kallio yang antusias karena untuk pertama kalinya ia menjajal sirkuit baru di kandang sendiri. Sementara tim Aprilia diwakilkan oleh Bradley Smith.

KymiRing memiliki lintasan balap sepanjang 4,6 kilometer atau 2,86 mil. Selain itu, kompleks ini akan memiliki lintasan lintasan reli 1,56 kilometer (0,97 mi) dengan tikungan joker 0,1 kilometer (0,062 mi) hingga ke garis finish sirkuit utama.

Minggu (18/8) lalu, para pembalap MotoGP mempelajari trek dengan tim mereka sebelum menjajal aspal dengan motor masing-masing. Setiap trotoar dipasangi bendera Finlandia dengan latar belakang semburan pohon konifer raksasa yang menakjubkan dan langit musim panas utara yang jelas. Ini adalah momen yang perlu diingat untuk sirkuit baru MotoGP yang dikelilingi pemandangan indah tersebut.

Tes ini juga digelar bersama dua agenda konferensi pers. Dimulai dari perwakilan dari FIM, Dorna dan pihak berwenang setempat akan berbicara dengan media. Mereka diantaranya, Presiden FIM Jorge Viegas, Timo Pohjola, Direktur Sirkuit KymiRing, Tapio Nevala, Presiden Federasi Sepeda Motor Finlandia, Aki Ajo dari Ajo Motorsport, dan Direktur Olahraga dari Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, semuanya hadir. Kemudian, para pembalap akan ambil bagian dalam konferensi pers kedua untuk memberikan kesan pertama mereka tentang sirkuit tersebut.

Diketahui, Kymi Ring dan Dorna Sports , pemegang hak komersial MotoGP, menandatangani kontrak lima tahun untuk menggelar MotoGP Finlandia, Juli 2017 silam. Namun, karena masalah teknis kesepakatan ini buntu. Pihak penyelenggara mengumumkan bahwa Finlandia bisa menggelar balapan MotoGP pada tahun 2020. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Rossi Mulai Berumur, Yamaha Telat Panas
Rossi Mulai Berumur, Yamaha Telat Panas

Berita Berikutnya

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus
Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Berita Sejenis

Tribute untuk Pembalap Muda Indonesia

Tribute untuk Pembalap Muda Indonesia

Maverick Vinales tampil dominan sepanjang balapan MotoGP Malaysia, Minggu (3/11) kemarin.


Belasungkawa Pebalap MotoGP Terus Mengalir

Belasungkawa Pebalap MotoGP Terus Mengalir

Meninggalnya pembalap Indonesia asal Kota Tasikmalaya Afridza Munandar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11) lalu, memunculkan banyak ungkapan duka cita dar


Quartararo Lewati Rekor Pedrosa

Quartararo Lewati Rekor Pedrosa

Rider Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo tampil impresif di latihan resmi (FP2) MotoGP seri Malaysia 2019, kemarin.


Motor Dimas Ekky Terpelanting Hebat

Motor Dimas Ekky Terpelanting Hebat

Pembalap Idemitsu Honda Asia Dimas Ekky Pratama gagal mengaspal di sesi latihan bebas kedua (FP2) Moto2 Australia 2019, Jumat (25/10) kemarin.


Musim Perdana Luar Biasa Quartararo

Musim Perdana Luar Biasa Quartararo

Seri MotoGP Jepang masih milik Marc Marquez. Rider Repsol Honda keluar sebagai pemenang di Sirkuit Motegi, kemarin.


Marquez Bisa Berpesta Lebih Awal

Marquez Bisa Berpesta Lebih Awal

Tak sedikit yang membantah bahwa juara dunia MotoGP bakal direbut kembali Marc Marquez.


Kallio Gantikan Zarco, Oliveira Punya Kesempatan

Kallio Gantikan Zarco, Oliveira Punya Kesempatan

Test rider KTM, Mika Kallio akhirnya menggantikan pembalap Prancis, Johann Zarco di Red Bull KTM Factory Racing mulai seri Aragon pekan lalu.


Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Ada dua persamaan yang melekat antara Pembalap KTM, Johann Zarco dan rider Repsol Honda asal Spanyol, Jorge Lorenzo.


Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Isu "comeback" pembalap veteran Alvaro Bautista ke MotoGP bersama tim KTM tahun depan resmi terbantahkan.


Juara di Aragon, Marquez Semakin Tak Terkejar

Juara di Aragon, Marquez Semakin Tak Terkejar

Pembalap Repsol HondaMarc Marquez semakin mendekati gelar juara dunia motoGP tahun ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!