Sport
Share this on:

Enam Tunggal Merah Putih Tembus Babak Kedua

  • Enam Tunggal Merah Putih Tembus Babak Kedua
  • Enam Tunggal Merah Putih Tembus Babak Kedua

AUKLAND - Enam wakil Indonesia dari sektor tunggal putra dan putri berhasil melangkah ke babak kedua turnamen New Zealand Open 2019. Hasil itu diraih setelah mengalahkan lawan-lawannya.

Keenam tunggal putra dan putri yang berhasil melangkah ke babak kedua adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto (putra), Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan dan Fitriani (putri). Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting melaju lebih dulu ke babak kedua usai mengalahkan Brice Leverdez dengan skor 21-19 dan 21-17.

Dalam pertarungan yang berlangsung di Event Finda Stadium Auckland, New Zealand, Rabu (1/5) kemarin, Anthony yang menempati unggulan pertama berhasil mengalahkan wakil Prancis itu dalam waktu 43 menit. Di babak selanjutya, Anthony akan berhadapan dengan wakil Malaysia, Chong Wei Feng yang mengalahkan Ihsan Maulana Mustofa di babak pertama dengan skor 17-21, 21-13 dan 21-16.

Pertarungan dengan Feng akan menjadi pertemuan keempat bagi keduanya sejak tahun 2016. Namun, hingga kini Anthony masih unggul 2-1 atas Feng. Terakhir Anthony-pun berhasil mengalahkan Feng dengan skor 21-11 dan 21-14 di China Open 2018.

Pencapaian baik Anthony juga diikuti oleh wakil tunggal putra Merah Putih lainnya yakni Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto. Bertanding di tempat yang sama, keduanya berhasil menyingkirkan lawan-lawanya demi mendapatkan tiket ke babak kedua.

Jonatan sendiri berhasil melangkah ke babak kedua usai mengalahkan rekan senegara, Shesar Hiren Rhustavito, dengan skor 21-12 dan 21-10 melalui pertandingan berdurasi 26 menit. Kemenangan atas Shesar ini sekaligus menambah keunggulan Jonatan dari rekor pertemuan mereka menjadi 2-0. Sebelumnya, Jonatan berhasil mengalahkan Shesar di Malaysia Masters 2017 dengan skor 22-24 dan 16-21.

Selanjutnya, pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu bakal menghadapi wakil Taiwan Wang Tzu Wei. Melihat dari rekor pertemuannya sejak 2015, Jojo sudah kalah empat kali dan menang sekali atas Wang. Terakhir mereka bertemu di Hong Kong Open 2017, saat itu Jojo kalah 21-17 dan 21-13.

Namun, melirik peringkat dunia keduanya saat ini, Jojo unggul jauh atas Wang. Ya, Jojo kini menempati peringkat sembilan dunia dan menjadi unggulan ketiga di turnamen ini. Sedangkan Wang masih menduduki peringkat 32 dunia. Mampukah Jojo membalas kekalahannya?

Tommy Sugiarto lolos ke babak kedua usai menyingkirkan wakil China Lu Guangzu, dengan skor 21-11 dan 21-15 dalam pertandingan selama 38 menit. Menariknya, kemenangan Tommy yang merupakan unggulan kedua itu menjadi yang pertama kalinya didapat, setelah empat kali bertemu di tahun 2019 ini.

Terakhir, Tommy kalah di ajang Badminton Asia Championship 2019 pekan lalu dengan skor 18-21 dan 19-21. Pada babak kedua, Tommy akan berhadapan dengan wakil India, Prannoy HS. Tommy sendiri tercatat pernah dikalahkan oleh Prannoy saat di All England 2018 dengan skor 10-21 dan 19-21.

Sementara itu di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung lebih dulu melangkah ke babak kedua usai menyingkirkan wakil China, Zhang Yimnan dengan skor 21-17 dan 21-19 dalam waktu 39 menit. Di babak kedua, Gregoria yang kini menempati peringkat 17 dunia dan menjadi unggulan kelima di turnamen ini, bakal kembali menghadapi wakil China lainnya yakni, Li Yun. Ini menjadi pertemuan pertama mereka.

Setelah Gregoria, Fitriani menyusul ke babak kedua New Zealand Open 2019. Fitriani yang kini menduduki peringkat 30 dunia itu sukses melangkah ke babak kedua usai mengalahkan wakil Australia Louisa MA dengan skor sama 21-12 dan 21-12.

Setelah dihadapkan dengan lawan yang terbilang cukup mudah di babak pertama. Namun di babak kedua, Fitriani bakal menghadapi unggulan ketujuh asal Jepang, Aya Ohori. Pertarungan ini dipastikan berjalan menarik lantaran keduanya belum pernah saling bertemu.

Jejak Gregoria dan Fitriani juga diikuti oleh Ruselli Hartawan. Ya, Ruselli juga berhasil melangkah ke babak kedua usai menyingkirkan wakil tuan rumah, Sally FU dengan skor 21-5 dan 21-16 dalam waktu 24 menit. Sama halnya dengan Fitriani, di babak kedua Ruselli juga bakal dihadapkan lawan tangguh yang merupakan unggulan keenam asal China, Li Xuerui.

Dari rekor pertemunanya kedua masih imbang 1-1. Namun terakhir, Ruselli berhasil mengalahkan Li di Uber Cup 2018 dengan skor 15-21, 21-19 dan 21-18.

Dengan hasil ini, Indonesa mengirimkan enam wakil di nomor tunggal putra da putri. Sebenarnya, Indonesia mengirimkan 10 wakilnya di nomor tunggal putra dan putri pada babak utama kejuaraan ini. Namun sayang keempat lainnya harus tersingkir di babak pertama.

Selain, Ihsan Maulana Mustofa dan Shesar Hiren Rhustavito dari sektor tunggal putra, Yulia Yosephin Susanto dan Lyanny Alessandra Mainaky juga gagal merebut tiket babak kedua usai dibungkam lawan-lawannya di babak pertama. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco memilih mengundurkan diri dari MotoGP 2019 disaat race masih tersisa enam balapan lagi, Kamis (19/9) kemarin.


Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Indonesia, Tommy Sugiarto tak berdaya saat melawan Kento Momota pada putaran kedua China Open 2019.


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 bakal menjalani laga kedua babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Rabu (18/9) malam ini.


Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Hasil berbeda diterima dua tunggal putra andalan Indonesia, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie pada babak pertama ajang China Open 2019 di Olympic Sports Cente


kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

Timnas Sepakbola Indonesia U-16 tampil gemilang dalam laga perdana babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Pelatih kepala skuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku optimis, menatap perhelatan babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup


Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Timnas Indonesia U-16 bersiap mengarungi babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G.


Priska Gagal tembus Semifinal US Open Junior

Priska Gagal tembus Semifinal US Open Junior

Upaya petenis Indonesia Priska Nugroho untuk mendapatkan gelar Grand Slam junior pertamanya kembali gagal.


Legenda Timnas Sebut Indonesia Lemah di Semua Lini

Legenda Timnas Sebut Indonesia Lemah di Semua Lini

Kekalahan Timnas Indonesia 2-3 saat menjamu Malaysia di laga perdana putaran kedua Grup G Piala Dunia 2019, Kamis (5/9) lalu masih menyisakan luka.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!