Sport
Share this on:

Entry Point Rampung Akhir Tahun

  • Entry Point Rampung Akhir Tahun
  • Entry Point Rampung Akhir Tahun

JAKARTA - Kemenpora mendapatkan dua pekerjaan rumah dari Presiden Joko Widodo yang harus segera diselesaikan. Pertama, mereka harus menyelesaikan Olympic center yang ada di Cibubur. Kedua yakni berkaitan dengan yayasan dana olahraga yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah pendanaan buat atlet dalam mengikuti turnamen ataupun berkatan dengan apresasi bonus.

Gatot S. Dewa Broto, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora menegaskan bahwa saat ini pihaknya masih menilai kekurangan dan kelebihan antara yayasan dana olahraga ataupun BUMN olahraga. Khusus untuk BUMN olahraga Kemenpora sebelumnya tergerak untuk mengusulkan pembentukan badan tersebut saat Rio Haryanto tersandung masalah dana kala mengikuti ajang balap Formula1 tahu ini.

?Jadi kalau bentuknya yayasan memang bisa relatif cepat, kalau BUMN sifatnya kompleks, butuh waktu lama,? terangnya. Dalam hal ini, Gatot menilai bahwa kemungkinan untuk membentuk badan khusus yang akan mengurusi anggaran atlet pelatnas menjadi konsentrasi utama pemerintah.

Terlebih jika mengaca dalam persiapan Olimpiade Rio 2016 lalu. Sejumlah cabor yang menjalani pelatnas mengaku kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Meskipun jatah anggaran dari Satlak PRIMA juga tetap mereka dapatkan.

?Hal-hal seperti itulah yang akan kami kejar setidaknya hingga akhir tahun ini,? beber pria asal Jogjakarta itu. Sehingga untuk masa anggaran 2017 nanti bisa dikejar untuk merealisasikan rencana itu.

Terpisah, legenda tenis putri Yayuk Basuki mengatakan kalau dirinya akan membantu mengawal langkah yang diambil Kemenpora. ?Seharusnya program seperti ini bisa dijalankan sejak lama,? ujar wanita yang juga menjadi anggota Komisi X DPR RI tersebut.

Menurut Yayuk, apresiasi yang cukup baik buat atlet menjadi langkah bijak yang diwujudkan pemerintah. Hanya, dia mengingatkan supaya aka nada payung hokum yang lebih tegas supaya rencana tersebut bisa terlaksana dengan konsisten di tahun berikutnya. (nap/zul/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!