Sport
Share this on:

Ferrari Siapkan Paket Khusus di Barcelona

  • Ferrari Siapkan Paket Khusus di Barcelona
  • Ferrari Siapkan Paket Khusus di Barcelona

Foto: fox sports

BARCELONA - Balapan seri kelima di sirkuit Barcelona-Katalunya akhir pekan ini biasanya digunakan sejumlah tim untuk membawa beberapa upgrade paket mobil balap mereka. Ini karena lokasi sirkuit dengan markas tim pabrikan itu cukup berdekatan.

Salah satu tim yang membawa upgrade paket mobil adalah Ferrari. Tim yang bermarkas di Italia itu mengumumkan, mereka akan membawa power unit baru ke balapan GP Spanyol untuk meningkatkan level kompetisi mereka.

"Kami saat ini tertinggal di kejuaraan dan kami harus segera mengejar. Itu berarti pekerjaan pengembangan kami akan menjadi kunci di musim ini," kata kepala tim Ferrari Mattia Binotto seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Musim ini Ferrari selalu dipecundangi oleh Mercedes yang memboyong finis 1-2 di empat balapan pertama musim ini. Dengan perubahan power unit baru berarti Sebastian Vettel dan Charles Leclerc harus bisa bertahan di 17 balapan tersisa dengan dua power unit dari spesifikasi terakhir.

Atau, mereka bisa kembali ke spesifikasi pertama, yang kemungkinan dipakai di balapan yang tidak membutuhkan tenaga lebih. Misalnya di Monaco, Hungaria, dan Singapura, mengingat setiap tim hanya diizinkan memakai tiga mesin per musim tanpa dikenai penalti.

Keputusan Ferrari itu menyusul performa buruk di awal musim. Hingga balapan keempat, tim Kuda Jingkrak itu terpaut 74 poin dari rival mereka, Mercedes yang berada di puncak klasemen konstruktor.

Sementara itu, pembalap Mercedes Lewis Hamilton difavoritkan menjadi juara untuk kali keempat, dan ketiga kali secara beruntun di Catalunya. Jika benar, maka Hamilton bisa mengambil alih pimpinan klasemen Formula 1 dari rekan satu timnya, Valtteri Bottas.

"Di empat balapan terakhir, rata-rata, kami tidak terlalu bagus. Jadi saya kira kami bukanlah yang favorit di Barcelona," terang Vettel, yang menjadi juara di Catalunya pada 2011 ketika bersama Red Bull.

Hingga saat ini, pembalap Mercedes Valtteri Bottas masih memimpin klasemen pembalap dengan unggul satu poin dari Hamilton. Walaupun tampil dominan di awal musim, kepala tim Mercedes Toto Wolff tetap mewaspadai kecepatan Ferrari, yang tampil cepat ketika tes pramusim di Barcelona pada Februari.

"Lawan-lawan kami sangat cepat di tes musim dingin, jadi Grand Prix Spanyol akan mudah bagi mereka," kata Wolff seperti dilansir Reuters.

Sementara itu Red Bull Racing yang menguntit Mercedes dan Ferrari akan mencoba kembali menaikkan level permainan mereka dengan membawa paket upgrade kunci pertama mereka ke Barcelona. Tim yang kini menggunakan power unit dari Honda itu dibuai dengan penampilan kuat di tes pra-musim dan finis podium di seri pembuka.

Di Baku, Max Verstappen dan Pierre Gasly menunjukkan peningkatan kecepatan di banding mobil Mercedes dan Ferrari untuk periode yang lebih lama. Tak pelak, kepala tim Christian Horner pun merasa optimistis dengan masa depan kemitraan mereka dengan Honda.

Red Bull pun akan membawa paket upgrade ke Barcelona. "Pada dasarnya ini sebuah evolusi jadi akan seperti biasa, upgrade sayap depan dan belakang. Lebih ke arah evolusi daripada revolusi. Pengembangannya akan fokus ke berbagai aspek yang berbeda dari keseimbangan, degradasi, semua hal itu." kata Horner.

Horner sudah cukup puas dengan performa mobil RB15 di tikungan sektor tengah sirkuit Baku yang berliku-liku. Barcelona juga menjadi ladang perburuan favorit bagi Red Bull, dengan Max Verstappen yang menjadi juara F1 termuda ketika finis pertama di sana pada 2016 silam. "Barcelona selalu menjadi yang spesial bagiku," kata pembalap berusia 21 tahun asal Belanda itu.

Red Bull saat ini berqada di posisi ketiga di klasemen konstruktor, Mereka defisit 35 poin dari Ferrari dan 109 poin dari Mercedes dengan 17 balapan tersisa.

Mantan rekan satu timnya di Red Bull, Daniel Ricciardo, yang sekarang bersama Renault, mendapat penalti turun tiga posisi start di Barcelona usai terlibat insiden tabrakan dengan pembalap Toro Rosso Daniil Kvyat di Baku. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Barcelona Bikin Serial Dokumenter

Barcelona Bikin Serial Dokumenter

Meski bergelimang dana, tak banyak klub besar dunia yang membuat film sekuel mengenai jeroan klubnya.


Sinyal Bahaya dari Vettel

Sinyal Bahaya dari Vettel

Ferrari sukses menghentikan pesta Mercedes dalam tiga balapan terakhir. Situasi itu memberikan sinyal bahaya bagi Tim Silver Arrows bila tidak segera melakukan


Ansu Fati Lewati Rekor Lionel Messi

Ansu Fati Lewati Rekor Lionel Messi

Anssumane Fati tak mengira akan melewati rekor bintang Barcelona, Lionel Messi.


Leclerc Podium, Akhirnya Ferrari Pesta di Rumahnya Sendiri

Leclerc Podium, Akhirnya Ferrari Pesta di Rumahnya Sendiri

Tifosi Ferrari akhirnya kembali berpesta di rumah sendiri. Mereka menyemut di area grid start Sirkuit Monza.


Ferrari Menanti Pesta di Kandang

Ferrari Menanti Pesta di Kandang

Tahun lalu Ferrari mengunci posisi start baris terdepan di Monza, Italia, dengan Kimi Raikkonen muncul sebagai yang tercepat di kualifikasi.


Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Ada kabar gembira untuk pencinta Barcelona jelang duel sang juara bertahan kontra Real Betis di pekan kedua La Liga, akhir pekan ini.


Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Dua belas seri berlalu, namun Ferrari belum pernah mengangkat trofi juara hingga balapan Formula 1 mengambil jeda musim panas setelah GP Hungaria pada awal bula


Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Jeda musim Formula 1 2019 menjadi momentum penting buat para tim untuk mengevalusi kinerja mobil mereka. Salah satu yang paling bersemangat adalah Ferrari.


Jelang Indonesia Open, Ganda Putri Jalani Persiapan Khusus

Jelang Indonesia Open, Ganda Putri Jalani Persiapan Khusus

Greysia/Apriyani menjadi andalan Indonesia untuk meraih hasil terbaik di Indonesia Open 16-21 Juli mendatang.


Tak ada Pilihan, kecuali Jaga Pace

Tak ada Pilihan, kecuali Jaga Pace

Tabrakan luar biasa yang terjadi pada lap kedua di GP Barcelona tidak akan pernah dilupakan seorang Jorge Lorenzo.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!