Sport
Share this on:

Final Piala Indonesia, Persija Jakarta Jadi Tuan Rumah Dulu

  • Final Piala Indonesia, Persija Jakarta Jadi Tuan Rumah Dulu
  • Final Piala Indonesia, Persija Jakarta Jadi Tuan Rumah Dulu

**JAKARTA ** - Drawing babak Final Piala Indonesia 2018 yang mempertemukan Persija Jakarta menghadapi PSM Makassar sudah digelar di Garuda Store, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Selasa (9/7) kemarin. Drawing yang dihadiri masing-masing perwakilan tim itu akhirnya menghasilkan bahwa Persija akan lebih dulu menjamu PSM di leg pertama babak final Piala Indonesia 2018, 21 Juli mendatang.

Sepekan kemudian, giliran PSM yang bakal menjamu Persija di Stadion Andi Matallata Makassar, 28 Juli. Selain itu, penyerahan trofi juara juga akan digelar di Makassar yang merupakan tempat penyelenggaraan babak final leg kedua.

Berbeda dengan PSM yang sudah memastikan tempat pertandingan babak final tersebut, Persija masih belum bisa menentukan di mana babak final leg pertama itu akan digelar. Menurut manajer Persija Jakarta, Marsma Ardhi Tjahjoko yang hadir dalam drawing, dirinya belum bisa memastikan penggunaan stadion yang akan dipakai untuk laga final tersebut. Meski demikian, ia berharap laga tersebut bisa digelar di SUGBK.

"Kalau saya sih berharap mudah-mudahan di GBK. Saya sangat berharap itu," ungkap Ardhi kepada wartawan pada acara drawing tersebut.

Untuk memuluskan harapannya, Ardhi mengaku harus melakukan koordinasi dulu dengan pihak kepolisian guna mendapatkan izin. Ditambah dirinya juga belum mengetahui apakah di hari yang sama SUGBK dipakai atau tidak.

"Kami sudah sounding (untuk memakai Stadion GBK). Namun untuk masalah izinnya belum, yang kaitannya dengan keamanan. Jadwal GBK juga saya belum tahu," tutur Ardhi.

Namun, Ardhi menegaskan bahwa Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat akan menjadi alternatif utama timnya untuk menjamu PSM di pada babak final leg pertama tersebut. "Kalau tidak bisa (di SUGBK), di Patriot, Bekasi," ungkapnya.

Terkait Persija lebih dulu menjamu PSM di babak final Piala Indonesia 2018 ini, Ardhi mengaku tak mempermasalahkan. Namun,Ardhi berjanji saat menjamu PSM lebih dulu, pihaknya akan menjadi tuan rumah yang baik.

"Bagi kita tidak ada masalahan mau away atau home terlebih dahulu, yang penting kita bisa bermain di Jakarta dan menjadi tuan rumah yang baik," ujar Ardhi.

"Seperti yang pernah saya bilang, sepak bola itu adalah alat pemersatu bangsa. Oleh sebab itu dalam laga ini kami ingin menjamu PSM dengan baik dan saya berharap ketika away pun diperlakukan yang sama," tambahnya.

Hal yang sama juga ingin dilakukan oleh PSM. Dikatakan CEO PSM, Munafri Arifuddin setiap tim yang bertamu ke Makassar akan dianggapnya sebagai tamu terhormat. "Kita sudah berkelana di Piala Indonesia ini dan hasilnya kita bisa sampai ke final. Kita juga berjanji akan memperlakukn mereka (Persija) dengan baik," tutur pria yang akrab disapa Appi itu ditempat yang sama.

"Kita berharap laga final ini juga menjadi motivasi bagi tim lainnya untuk mengembangkan sepak bola Indonesia. Sampai jumpa di final (Persija)," tambahnya.

Disinggung mengenai hasil drawing, Appi mengaku senang. Menurutnya, jadi tuan rumah di leg kedua akan mempermudah untuk melakukan perayaan juara. "Sangat bagus kami main diluar lebih dulu, baru pulang. Agar, pada saat kami memenangkan pertandingan, tidak usai menunggu lagi piala datang dengan pesawat, karena sudah ada di Makassar," beber Appi.

Hal yang diungkapkan Appi itu bukan semata-mata merasa jumawa. Hal itu dikatakannya karena timnya saat ini memang bertekad untuk bisa meraih gelar juara pada kejuaraan sepak bola paling bergengsi di Tanah Air tersebut. "Kami harus menghadirkan piala di kota Makassar," tutupnya.

Seperti diketahui, Persija maupun PSM berhasil melangkah ke final usai menyingkirkan lawan-lawannya di babak semfinal Piala Indonesia 2018. Persija sendiri lolos usai menang agregat 3-2 atas Borneo. Sedangkan, PSM melangkah ke final setelah menang agresivitas gol kandang lawan Madura United. Untuk Borneo dan Madura dipastikan akan memperbutkan tempat ketiga kejuaraan ini.

Nantinya, sang juara Piala Indonesia kali ini akan mendapatkan hadiah sebesar Rp2 miliar, sementara runner-up akan mendapatkan Rp1,25 miliar. Dan untuk peringkat ketiga bakal mendapatkan hadiah sebesar Rp500 juta. (gie/zul/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Rossi Minta Yamaha Segera Berbenah
Rossi Minta Yamaha Segera Berbenah

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menambah etape kejuaraan balap sepeda internasional Tour d'Indonesia (TdI) pada tahun 2020 menjadi e


Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie gagal melaju kaki ke babak semifinal World Championships 2019.


Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua tunggal putri Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung tampil gemilang di laga awal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.


Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

27 pemain bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal meramaikan ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss.


Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Tim Merah Putih menargetkan meraih satu gelar juara pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss, 19-25 Agustus mendatang.


Lawan Laos, Timnas U18 Turunkan Skuad Terbaik

Lawan Laos, Timnas U18 Turunkan Skuad Terbaik

Timnas U-18 bakal melakoni laga keempat babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.


Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.


Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas Indonesia U-15 tengah bersiap untuk menghadapi Vietnam U-15 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 2019 di Stadion IPE 1, Chonburi, Thailand, Jumat



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!