Sport
Share this on:

Fisik Pemain Timnas U-19 Belum Oke

  • Fisik Pemain Timnas U-19 Belum Oke
  • Fisik Pemain Timnas U-19 Belum Oke

**JAKARTA ** - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19 sudah mulai menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) atau Training Camp (TC) tahap akhir di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Senin (1/7) kemarin.

Di awal pelatnas tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini menguji kemampuan fisik 33 pemain yang dipanggilnya dalam TC yang dipersiapkan untuk ajang Piala AFF U-18 2019 tersebut. Meski dalam beberapa tahap pelatihan fisik yang diberikan oleh Fakhri seluruh pemain mampu mengikutinya, namun pelatih berkumis tebal itu mengaku ada beberapa yang belum membuat dirinya puas.

"Ya, kita melakukan tes fisik, aerobic, serta endurance. Kemudian ada speed dan agility. Kami bekerja sama dengan temen-temen dari UNJ karena mereka punya perangkatnya dan timnya," ungkap Fakhri di situs resmi PSSI, Selasa (2/7) kemarin.

"Alhamdulillah semua pemain dapat mengikuti, meski hasilnya untuk Aerobic Endurance kurang memuaskan," sambung mantan pemain timnas Indonesia era 90-an itu.

Lebih lanjut, Fakhri menilai anak asuhnya cukup baik dalam menjaga kebugaran fisik. Menurutnya, fisik para pemain bisa terus meningkat seiring berjalannya pelatnas ini.

"Meski saya belum mendapatkan hasil sesunguhnya, tapi dari beberapa monitor saya di beberapa tes, mereka cukup baik dan mereka bisa menyelesaikan tes ini dengan sangat baik. Terpenting, semua pemain tidak ada yang tak melaksanakan item-item tes ini. Semua ikut menyelesaikan dengan baik dan tidak ada yang gagal di tengah jalan," jelasnya.

Seperti diketahui dalam pelatnas kali ini, Fakhri memanggil 33 pemain. Sebanyak 33 nama yang dipanggil dalam TC tahap akhir ini merupakan gabungan dari hasil seleksi dan TC tahap satu dan dua.

Namun, sebagian besar pemain yang dipanggil merupakan alumni timnas U-16 terdahulu dan juga beberapa di antaranya merupakan pemain skuat Garuda Select yang menjalani pelatihan di Inggris beberapa waktu lalu. Pelatih kelahiran Lhokseumawe, Aceh, 27 Juli 1965 yang kini berusia 53 tahun itu berharap 33 pemain yang dipanggil olehnya mampu memperlihatkan kemampuan terbaiknya dalam TC tahap akhir tersebut.

Ia menambahkan, dalam hal itu ia menginginkan pemain yang memiliki kemampuan mumpuni di ajang Piala AFF U-18 di Vietnam nanti. "Saya memang perlu panggil 33 pemain. Ini normal agar ada kompetisi antar mereka, meskipun nanti akan ada memilih 23, sesuai dengan aturan turnamen AFF. Artinya, 33 ini harus bersaing untuk dapat tempat di 23 pemain," tegasnya.

Sebagai informasi, seleksi tahap ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFF U-18 yang akan berlangsung di Vietnam, 4 Agustus 2019, mendatang. Selain ajang tersebut, Garuda Junior itu juga dipersiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang bakal berlangsung pada September atau Oktober, mendatang.

Di sisi lain, Timnas Wanita Indonesia juga terus menjalani pelatnas di Sleman, Jogjakarta. Rencananya, dalam TC tahap akhir ini, Garuda Pertiwi diagendakan melakukan lima kali laga uji coba, di mana satu pertandingan akan menghadapi tim putri dan 4 laga lainnya melawan tim putra U-15.

"Dua pekan awal pemusatan latihan memang lebih dititikberatkan pada latihan fisik, sedikit principal of play atau prinsip bermain dan organisasi permainan. Namun pekan ini pemusatan latihan akan berfokus pada taktikal. Uji coba perdana nanti akan menghadapi tim Asprov DIJ, tujuannya tak lain untuk menguji organisasi permainan yang sudah ditanamkan kepada pemain" tutur Asisten Pelatih Timnas Wanita, Yopie Riwoe.

Yopie menjelaskan lima lawan yang menjadi lawan Timnas Putri itu adalah, DIJ Putri (7 Juli), Astara Sleman Putra U-15 (14 Juli), Sleman Putra U-15 (20 Juli), Baturetno Bantul Putra U-15 (24 Juli), Raga Putra Menoreh Kulon Progo Putra U-15 (27 Juli). Yopie menjelaskan, empat laga kontra tim putra tersebut disesuaikan dengan kekutan tim yang akan dihadapi nanti.

"Tidak mungkin mencari tim wanita di Indonesia yang kekuatannya setara dengan timnas, karena belum ada kompetisi berkesinambungan yang berpengaruh pada kualitas pemain. Jika menghadapi pria, meski rentang u15, sebenarnya hal ini setara seperti kekuatan tim sepak bola wanita di negara lainnya," terang Yopie.

"Kekuatan antara pria dan wanita menyangkut skill, kecepatan dan kekuatan tidaklah sama, pria jauh lebih siap di usia muda. Dengan lawan seperti ini, tujuannya untuk melatih mereka agar supaya berani saat duel-duel. Fisik yang sudah dibentuk harus diuji pada rangkaian uji coba ini," tukasnya.

Skuad Garuda Pertiwi akan menetap di daerah Kaliurang, Sleman, Jogjakarta dari 30 Juni-29 Juli mendatang untuk pemantapan latihan tim. Timnas Wanita akan bertolak ke Jakarta pada 29 Juli-4 Agustus nanti dan melanjutkan perjalanan ke Chonburi, Thailand pada 5 Agustus mendatang untuk mengikuti AFF Women Championship 2019. (gie/zul/fin/wsa)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Belum Juga Teken Jontrak, David De Gea Bikin Cemas MU

Belum Juga Teken Jontrak, David De Gea Bikin Cemas MU

David De Gea membuat cemas Manchester United. Meskipun sudah menyetujui kesepakatan baru, kiper tim nasional Spanyol tersebut belum juga menandatangani kontrak


Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Dua belas seri berlalu, namun Ferrari belum pernah mengangkat trofi juara hingga balapan Formula 1 mengambil jeda musim panas setelah GP Hungaria pada awal bula


Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

27 pemain bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal meramaikan ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss.


Lawan Laos, Timnas U18 Turunkan Skuad Terbaik

Lawan Laos, Timnas U18 Turunkan Skuad Terbaik

Timnas U-18 bakal melakoni laga keempat babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.


Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.


Gegar Otak, Dimas Ekky Kembali Absen

Gegar Otak, Dimas Ekky Kembali Absen

Gegar otak yang menimpa Dimas Ekky Pratama masih belum pulih. Kondisi itu memaksanya harus istirahat total.


Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas Indonesia U-15 tengah bersiap untuk menghadapi Vietnam U-15 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 2019 di Stadion IPE 1, Chonburi, Thailand, Jumat


Tanpa Sejumlah Pilar Inti, Timnas U18 Cukur Timor Leste 4-0

Tanpa Sejumlah Pilar Inti, Timnas U18 Cukur Timor Leste 4-0

Timnas U18 menang 4-0 atas Timor Leste pada macthday kedua Grup A Piala AFF U-18 2019 di di Go Dau Stadium, Hanoi, Kamis (8/8) kemarin.


Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar

Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18.


Bima Sakti: Ini Bukan Akhir Perjalanan Timnas U15

Bima Sakti: Ini Bukan Akhir Perjalanan Timnas U15

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 gagal menadapatkan tiket babak final Piala AFF U-15 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!