Sport
Share this on:

Fokus Lawan Pertama Dulu

  • Fokus Lawan Pertama Dulu
  • Fokus Lawan Pertama Dulu

NANJING - Kejuaraan dunia 2018 dimulai hari ini (30/7). Beberapa pemain Indonesia sudah harus bertanding pada hari pertama.

Mereka adalah dua tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani, serta ganda putra Wahyu Nayaka/Ade Yusuf Santoso. Plus dua pasang ganda campuran Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami dan Ronald Alexander/Annisa Saufika.

Kemarin, mereka telah menjalani sesi latihan Nanjing Youth Olympic Games Sport Park Arena, Nanjing, Tiongkok. Dengan skuad berisi mayoritas pemain junior, PP PBSI tidak memasang target khusus.

Hanya ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya yang diproyeksikan menjadi juara. Nomor lain diharapkan membuat kejutan. Misalnya ganda putri dan ganda campuran.

''Kami akan fokus ke lawan pertama dulu,'' jelas Gischa, pemain ganda campuran.

Dia dan Yantoni bakal berhadapan dengan pasangan Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue. Mereka belum pernah saling bertemu. ''Pemain Eropa tipe mainnya berbeda dengan Asia. Mereka biasanya lebih suka bermain dengan bola-bola ke belakang,'' lanjut dia.

Wajar jika Gischa enggan berbicara tentang peluang mereka lebih lanjut di turnamen elite ini. Sebab, dia dan Yantoni berstatus debutan. Dia tentu happy dan bertekad memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Sementara itu, Gregoria dan Fitriani bakal bertemu dengan lawan-lawan yang setara. Gregoria yang berperingkat 22 BWF menghadapi Kirsty Gilmour.

Pebulu tangkis asal Skotlandia itu hanya dua peringkat di bawahnya. Sedangkan Fitriani, si peringkat 41, berjumpa Linda Zetchiri asal Bulgaria yang di posisi 42 BWF. Keempatnya sama-sama belum pernah bertemu.

Di sisi lain, dari ajang Akita Masters di Jepang, bayangan merebut tiga gelar melayang. Dari tiga yang masuk final, Indonesia hanya mampu meraih satu gelar. Yakni lewat ganda putra yang diwakili Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi. Mereka menumbangkan wakil tuan rumah Hirokatsu Hashimoto/Hiroyuki Saeki dua game langsung 21-16, 21-6.

''Senang, bersyukur tentunya bisa menang. Melawan pemain senior Jepang tidak mudah,'' tutur Akbar dalam pesan yang diterima Jawa Pos.

Pemain 22 tahun itu mengaku sempat grogi di awal pertandingan melihat dukungan penonton Jepang yang memadati CNA Arena. ''Padahal jika dibandingkan serunya suporter Indonesia masih kalah,'' candanya.

Di sektor tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa tampil antiklimaks. Dia belum mampu menjawab harapan publik tanah air untuk meraih juara di turnamen BWF Tour 100 itu.

Pebulu tangkis asal Tasikmalaya itu kandas di tangan pemain Thailand Sitthikom Thammasin straight game 10-21, 13-21. Sedangkan ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Angelica Wiratama juga kalah dari pasangan tuan rumah Kohei Gondo/Ayane Kurihara. (han/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Tiket Mahal, Tapi Lebih Murah
Tiket Mahal, Tapi Lebih Murah

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Batal Ikut Estafet, Zohri Fokus di 100 Meter

Batal Ikut Estafet, Zohri Fokus di 100 Meter

Pelari jarak pendek Indonesia Lalu Muhammad Zohri batal ikut nomor estafet 4x100 meter pada kejuaraan atletik Asia di Doha, Qatar, 21-24 April mendatang.


Jelang Lawan Borneo, Persib Sedang Bermasalah

Jelang Lawan Borneo, Persib Sedang Bermasalah

Persib Bandung akan membawa 19 pemain ke markas Borneo FC untuk berlaga di babak 8 besar Piala Indonesia.


Maung Bandung Siap Hadapi Pesut Etam

Maung Bandung Siap Hadapi Pesut Etam

Persib Bandung bakal melakoni laga tandang menghadapi Borneo FC pada leg pertama babak delapan besar Piala Indonesia.


Lawan Persija, Teco dan Matos Siap Reuni

Lawan Persija, Teco dan Matos Siap Reuni

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar undian atau drawing babak delapan besar Piala Indonesia 2018.


Hadapi Momota, Ginting: Recovery Dulu

Hadapi Momota, Ginting: Recovery Dulu

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berhasil melangkah ke babak final Singapore Open 2019.


Singkirkan Unggulan Delapan asal China, Ronald/Annisa Tantang Ricky/Pia

Singkirkan Unggulan Delapan asal China, Ronald/Annisa Tantang Ricky/Pia

Ganda campuran Indonesia, Ronald Alexander/Annisa Saufika memberikan kejutan di babak pertama Singapore Open 2019 .


Singkirkan Kento Momota, Jonathan Christie ke Semifinal

Singkirkan Kento Momota, Jonathan Christie ke Semifinal

Luar biasa Jonatan Christie. Tampil sabar, Jojo (sapaan akrab Jonathan) berhasil menyingkirkan unggulan pertama Malaysia Open 2019 Kento Momota 22-20, 21-15, Ka


Gol Jalilov Jaga Asa Persebaya

Gol Jalilov Jaga Asa Persebaya

ersebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan di leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2019.


Singkirkan Juara India Open, Minions Tak Terbendung

Singkirkan Juara India Open, Minions Tak Terbendung

Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak menemui hambatan berarti di babak pertama Malaysia Open 2019.


Leclerc Tercepat di Latihan Bebas 1 GP Bahrain

Leclerc Tercepat di Latihan Bebas 1 GP Bahrain

Pembalap baru Ferrari Charles Leclerc mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan bebas pertama (FP1) Formula 1 GP Bahrain di Sirkuit Sakhir, Jumat (29/3).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!