Sport
Share this on:

Fokus Lawan Pertama Dulu

  • Fokus Lawan Pertama Dulu
  • Fokus Lawan Pertama Dulu

NANJING - Kejuaraan dunia 2018 dimulai hari ini (30/7). Beberapa pemain Indonesia sudah harus bertanding pada hari pertama.

Mereka adalah dua tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani, serta ganda putra Wahyu Nayaka/Ade Yusuf Santoso. Plus dua pasang ganda campuran Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami dan Ronald Alexander/Annisa Saufika.

Kemarin, mereka telah menjalani sesi latihan Nanjing Youth Olympic Games Sport Park Arena, Nanjing, Tiongkok. Dengan skuad berisi mayoritas pemain junior, PP PBSI tidak memasang target khusus.

Hanya ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya yang diproyeksikan menjadi juara. Nomor lain diharapkan membuat kejutan. Misalnya ganda putri dan ganda campuran.

''Kami akan fokus ke lawan pertama dulu,'' jelas Gischa, pemain ganda campuran.

Dia dan Yantoni bakal berhadapan dengan pasangan Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue. Mereka belum pernah saling bertemu. ''Pemain Eropa tipe mainnya berbeda dengan Asia. Mereka biasanya lebih suka bermain dengan bola-bola ke belakang,'' lanjut dia.

Wajar jika Gischa enggan berbicara tentang peluang mereka lebih lanjut di turnamen elite ini. Sebab, dia dan Yantoni berstatus debutan. Dia tentu happy dan bertekad memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Sementara itu, Gregoria dan Fitriani bakal bertemu dengan lawan-lawan yang setara. Gregoria yang berperingkat 22 BWF menghadapi Kirsty Gilmour.

Pebulu tangkis asal Skotlandia itu hanya dua peringkat di bawahnya. Sedangkan Fitriani, si peringkat 41, berjumpa Linda Zetchiri asal Bulgaria yang di posisi 42 BWF. Keempatnya sama-sama belum pernah bertemu.

Di sisi lain, dari ajang Akita Masters di Jepang, bayangan merebut tiga gelar melayang. Dari tiga yang masuk final, Indonesia hanya mampu meraih satu gelar. Yakni lewat ganda putra yang diwakili Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi. Mereka menumbangkan wakil tuan rumah Hirokatsu Hashimoto/Hiroyuki Saeki dua game langsung 21-16, 21-6.

''Senang, bersyukur tentunya bisa menang. Melawan pemain senior Jepang tidak mudah,'' tutur Akbar dalam pesan yang diterima Jawa Pos.

Pemain 22 tahun itu mengaku sempat grogi di awal pertandingan melihat dukungan penonton Jepang yang memadati CNA Arena. ''Padahal jika dibandingkan serunya suporter Indonesia masih kalah,'' candanya.

Di sektor tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa tampil antiklimaks. Dia belum mampu menjawab harapan publik tanah air untuk meraih juara di turnamen BWF Tour 100 itu.

Pebulu tangkis asal Tasikmalaya itu kandas di tangan pemain Thailand Sitthikom Thammasin straight game 10-21, 13-21. Sedangkan ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Angelica Wiratama juga kalah dari pasangan tuan rumah Kohei Gondo/Ayane Kurihara. (han/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Tiket Mahal, Tapi Lebih Murah
Tiket Mahal, Tapi Lebih Murah

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Balapan Match Point Pertama Honda

Balapan Match Point Pertama Honda

Duel sengit antara pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan pembalap Ducati Andrea Dovizioso diprediksi bakal benar-benar tersaji pada GP Jepang.


Pebulutangkis Pelapis Masih Menjanjikan

Pebulutangkis Pelapis Masih Menjanjikan

Pebulu tangkis ganda pelapis Indonesia memperlihatkan kualitas terbaiknya pada babak pertama Denmark Open 2018 kemarin (17/10).


Jalan Terjal Menanti Jorji

Jalan Terjal Menanti Jorji

Gregoria Mariska Tunjung menjadi pemain Indonesia pertama yang lolos ke 16 besar kemarin.


Medali dari Syuci

Medali dari Syuci

Indonesia Raya berkumandang untuk pertama kalinya di Stadion Akuatik Senayan, Jakarta tadi malam.


Tersingkir di Babak Pertama, Ihsan Bisa Didegradasi dari Pelatnas

Tersingkir di Babak Pertama, Ihsan Bisa Didegradasi dari Pelatnas

Indonesia meloloskan 12 wakil ke babak kedua Taiwan Terbuka 2018.


Di Sirkuit Chang, Ducati Berpeluang Tunda Pesta Honda

Di Sirkuit Chang, Ducati Berpeluang Tunda Pesta Honda

Akhir pekan ini Thailand bakal mencatat sejarah sebagai penyelenggara balapan MotoGP kali pertama.


Konferensi Pers Langsung Panas

Konferensi Pers Langsung Panas

Konfersi pers pertama duel Deontay Wilder kontra Tyson Fury di London dini hari kemarin langsung panas.


Rio Haryanto kembali Balapan

Rio Haryanto kembali Balapan

Pebalap Formula 1 pertama asal Indonesia, Rio Haryanto akhirnya secara resmi bakal kembali turun ke lintasan.


Potensi Bentrok Sesama Indonesia di Perempat Final

Potensi Bentrok Sesama Indonesia di Perempat Final

Indonesia hanya menyisakan dua wakilnya di sektor ganda campuran Korea Open 2018. Kemarin, dua pasangan muda Merah Putih keok di babak pertama.


Tampil Lepas dan Fokus

Tampil Lepas dan Fokus

Hari ini sektor ganda campuran dan kualifikasi tunggal putra mulai bertanding. Indonesia menurunkan empat pasangan ganda campuran Indonesia.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!