Sport
Share this on:

Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions

  • Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions
  • Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions

JAKARTA - Dua ganda putra Indonesia mendapat nasib berbeda pada babak kedua Thailand Open 2018. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melaju ke perempatfinal. Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dipaksa angkat koper untuk angkat koper dari turnamen level super 500 tersebut.

Kevin/Marcus yang menjadi unggulan pertama di ajang tersebut menjaga asa juara usai menang atas Zhang Nan/Ou Xuan Yi pada babak kedua di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, Kamis (1/8) kemarin. Kendati menang, pasangan yang dijuluki The Minions itu dipaksa bermain rubber game game dalam waktu 45 menit sebelum akhirnya menang dengan skor, 16-21, 21-13 dan 21-14.

Bahkan, di game pertama pukulan Kevin/Marcus yang tidak seperti biasanya mampu dimanfaatkan lawan. "Tadi di game pertama kami belum siap saat masuk lapangan, kami merasa belum dapat feel-nya. Kami juga merasa kalah-menang angin di lapangannya terasa sekali. Di game pertama itu kami belum dapat cara mainnya," ungkap Marcus seperti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN) dari situs resmi PBSI, Kamis (1/8) kemarin.

Ini menjadi kemenangan kedua, Kevin/Marcus atas Xuan/Zhang. Sebelumnya mereka bertemu di ajang Indonesia Open 2019, beberapa waktu lalu. Saat itu, Kevin/Marcus menang dua game langsung 21-12 dan 21-16.

"Sebetulnya permainan lawan kurang lebih sama saja dengan di Indonesia Open kemarin. Mungkin kali ini dari kaminya yang nggak langsung in, nggak siap dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Tadi tempo mainnya juga masih terlalu pelan," tutur Kevin.

Selanjutnya, pasangan peringkat satu dunia itu bakal berhadapan dengan Hiroyuki Endo/Yuta Watabane. Melihat dari rekor pertemuan mereka, Kevin/Marcus masih unggul 2-1 atas unggulan keilma asal Jepang tersebut. Akan tetapil di pertemuan terakhir, Kevin/Marcus harus mengakui keunggulan Yuta/Endo 18-21 dan 3-21 pada ajang Asia Championship 2019.

Sayangnya hasil gemilang pasangan kecil mungil itu tak mampu dikuti oleh rekan senegaranya, Fajar/Rian yang harus tersingkir di babak kedua usai dikalahkan wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dalam dua game langsung 17-21 dan 19-21.

Kekalahan Fajar/Rian yang kini menempati peringkat tujuh dunia itu, terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, dari dua pertandingan sebelumnya, Fajar/Rian belum pernah sekalipun kalah dari pasangan yang kini menduduki peringakt 16 dunia tersebut.

Dengan hasil ini, Kevin/Marcus menjadi satu-satunya wakil ganda putra Indonesia yang lolos ke babak perempat final Thailand Open 2019. Sementara itu, di sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga berhasil mengamankan tiket babak perempat final Thailand Open 2019. Hasil itu didapt usai mereka mengehentikan wakil Perancis, Delphine Delrue/Lea Palermo, dengan skor 22-20 dan 21-19.

"Lawan bermain bagus dan kami di bawah tekanan. Pertahanan mereka cukup rapat, sedangkan pengembalian-pengembalian kami kurang matang, jadi kami ketekan mereka," tuturnya Greysia.

"Pemain Eropa itu percaya diri, bukan cuma mereka, tapi hampir semua pemain dari Eropa begitu. Walaupun dapat atau nggak dapat mainnya, walaupun bisa poin atau enggak, yang penting pede dulu. Pada akhirnya kami kaget dan itu nggak boleh, mestinya kami harus wasapada lagi dengan pola main mereka," sambung Greysia.

Selanjutnya, Greysia/Apriyani bakal berhadapan dengan wakil Korea, Chang Ye Na/Kim Hye Rin di babak perempatfinal. Meski dari segi peringkat Greysia/Apriyani dengan lawannya itu terpaut cukup jauh.

Di mana, Greysia/Apriyani kini menempati peringkat lima dan lawannya menududuki rangking 90 dunia, namun, pasangan non unggulan tersebut telah memberika kejutan dengan berhasil mengalahkan unggulan kedua asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 21-15 dan 21-19 di babak kedua.

"Kami hadapi saja, kami lebih ke fokus ke pikiran kami, antara rileks dan tegang harus balance. Kami harus bisa kontrol supaya bisa ada di tengah-tengah, nggak boleh tegang tapi rileks, ngga boleh terlalu rileks tapi tetep ada gregetnya," tegas Greysia.

Sama halnya dengan Kevin/Marcus, Greysia/Apriyani juga menjadi satu-satunya wakil Indonesia dari nomor ganda putri yang lolo ke babak delapan besar tersebut. Selanjutnya, babak perempatfinal akan berlangsung, Jumat (2/8) hari ini. (gie/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Taufik Hidayat Diperiksa KPK
Taufik Hidayat Diperiksa KPK

Berita Sejenis

Lolos ke Babak Kedua, Siti/Ribka Jumpa Ganda Malaysia

Lolos ke Babak Kedua, Siti/Ribka Jumpa Ganda Malaysia

Pasangan ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto sukses melewati hadangan pertama di kejuaraan Macau Open 2019.


Kevin/Marcus Sudah Raih 7 Gelar Super Series

Kevin/Marcus Sudah Raih 7 Gelar Super Series

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali mempersembahkan trofi juara untuk Indonesia.


Minions dan Praveen/Melati Juara di Denmark

Minions dan Praveen/Melati Juara di Denmark

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mempertahankan gelar juara ganda putra Denmark Open setelah mengalahkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan,


Greysia/Apri Mulus, Tunggal Putri Habis

Greysia/Apri Mulus, Tunggal Putri Habis

Pasangan ganda putri andalan Indonesia, Greysia Poli/Apriyani Rahayu berhasil melangkah ke babak kedua Denmark Open 2019.


Indonesia Hanya Bawa Satu Gelar dari Ken Arok

Indonesia Hanya Bawa Satu Gelar dari Ken Arok

Indonesia hanya meraih satu gelar juara di final Indonesia Masters 2019, Minggu (6/10) kemarin.


Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

Meski duel hari ini masih mempertandingkan babak perempatfinal, namun sektor ganda putra Indonesia sudah memastikan satu tiket semifinal Korea Open 2019.


Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Nada pesimistis meluncur dari mulut Marco Giampaolo, kemarin. Sang juru taktik AC Milan itu mengakui skuatnya hanya membutuhkan waktu untuk kembali pada trek ke


Kevin/Marcus Jumpa Goh/Tan Lagi

Kevin/Marcus Jumpa Goh/Tan Lagi

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil melangkah ke babak kedua, Korea Open 2019.


Indonesia Berharap Gelar Lagi di Korea Open 2019

Indonesia Berharap Gelar Lagi di Korea Open 2019

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow gagal melangkah ke babak kedua Korea Open 2019.


Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Indonesia, Tommy Sugiarto tak berdaya saat melawan Kento Momota pada putaran kedua China Open 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!