Sport
Share this on:

Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar

  • Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar
  • Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 gagal menadapatkan tiket babak final Piala AFF U-15 2019. Hasil itu didapat usai skuat Garuda Muda menelan kekalahan atas Thailand di babak semifinal.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Institute of Physical Education (IPE) Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Thailand, Rabu (7/8) kemarin, Indonesia kalah oleh tuan rumah dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Thailand itu diciptakan Niphitphon Wongpanya (52' dan 70').

Meski bertanding di hadapan pendukung lawan, Timnas Indenesia U-15 tampil tak gentar. Hal itu dibuktikan pada awal babak pertama, dimana skuat Garuda Muda tampil menekan pertahana Thailand.

Bahkan, beberapa kali Muhammad Valeron dan kawan-kawan kerap mengancam gawang Thailand yang dikawal Kasidej Rungkitwattananukul. Namun, beberapa kali sepakan pemain Indonesia dari luar kotak penalti masih mampu di halau pemain Thailand.

Marselino Ferdinan juga memberika ancaman berarti kepada penjaga gawang Thaialand. Di mana sepakannya dari sudut sempit sebelah kanan gawang membuat Kasidec bersusah payah untuk menepisnya.

Thailand baru bisa membuat ancaman berarti pada menit ke-16. Saat itu Anucha yang meneka dari sisi kiri melepaskan tembakan first time, yang arah bolanya masih sedikit melebar dari gawang I Made Kaicen.

Tak lama berselang, giliran Valeron yang memberikan ancaman kepada penjaga gawang Thailand. Namun, sundulannya usai menerima umpan silang dari sisi kiri masih melebar ke atas gawang.

Jual beli serangan terus tersaji di sisa laga. Namun, terlihat Indonesia lebih mendominasi serangan ke jantung pertahan Thailand. Akan tetapi, hingga babak pertama berakhir, skor imbang 0-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Thailand mencoba tampil menekan lebih dulu. Alhasil, Thailand mampu melepas kebuntuan itu pada menit ke-52. Dimana, Niphitphon Wongpanya berhasil mencetak gol ke gawang Indonesia usai menerima umpan silang mendatar Pornsawn dari sisi kanan serangan.

Tertinggal satu gol, Indonesia mencoba untuk balik menyerang demi menyamakan kedudukan. Bukan, gol yang didapat, Indonesia malah kembali kebobolan. Lagi-lagi Niphitphon berhasil mencetak gol kedua untuk Thailand dengan tembakan cungkil, setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang Indonesia di menit ke-70.

Thailand nyaris mencetak gol ketiganya pada menit ke-78. Lewat kerjasama apik pemain Thailand, membuat Thanawar mendapatkan peluang emas. Bagus, sepakannya masih melambung. Di sisa laga Indonesia tidak bisa merobek jala gawang Thailand. Hingga akhirnya, peluit panjang berbunyi tanda berakhirnya pertandingan. Skor 2-0 untuk tua rumah tetap bertahan.

Dengan hasil ini, Indonesia gagal melangkah ke babak final Piala AFF U-15 2019. Selain itu, kekalahan ini juga membaut Indonesia gagal mempertahankan gelar yang sebelumnya didapat pada tahun 2018.

Meski demikian, Indonesia masih memiliki kesemaptan untuk bisa menjadi peringkat ketiga ajang tersebut. Pasalnya, setelah ini Indonesia bakal berhadapan dengan Vietnam untuk memperebutkan tempat ketiga, Jumat (9/8) besok.

Di hari yang sama, Thailand juga bakal menjalani pertandingan babak final menghadapi Malaysia. Sebelumnya, Indonesia kontra Vietnam dan Thailand lawan Malaysia sudah tersaji. Pasalnya, mereka berada dalam grup yang sama pada babak peyisihan. (gie/zul/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Andi Farid Gantikan Dimas Ekky

Andi Farid Gantikan Dimas Ekky

Andi Farid Izdihar akan menggantikan Dimas Ekky Pratama yang gagal bersinar bersama Honda Team Asia di pentas Moto2 World Championship..


Tribute untuk Pembalap Muda Indonesia

Tribute untuk Pembalap Muda Indonesia

Maverick Vinales tampil dominan sepanjang balapan MotoGP Malaysia, Minggu (3/11) kemarin.


Kevin/Marcus Sudah Raih 7 Gelar Super Series

Kevin/Marcus Sudah Raih 7 Gelar Super Series

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali mempersembahkan trofi juara untuk Indonesia.


Motor Dimas Ekky Terpelanting Hebat

Motor Dimas Ekky Terpelanting Hebat

Pembalap Idemitsu Honda Asia Dimas Ekky Pratama gagal mengaspal di sesi latihan bebas kedua (FP2) Moto2 Australia 2019, Jumat (25/10) kemarin.


Gelar Pertama Praveen/Melati

Gelar Pertama Praveen/Melati

Indonesia kembali unjuk gigi di Eropa. Hasil menggembirakan datang dari pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Denmark Open 2019.


Minions dan Praveen/Melati Juara di Denmark

Minions dan Praveen/Melati Juara di Denmark

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mempertahankan gelar juara ganda putra Denmark Open setelah mengalahkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan,


Indonesia Hanya Bawa Satu Gelar dari Ken Arok

Indonesia Hanya Bawa Satu Gelar dari Ken Arok

Indonesia hanya meraih satu gelar juara di final Indonesia Masters 2019, Minggu (6/10) kemarin.


Satria Muda Gaet Pelatih Asal Serbia

Satria Muda Gaet Pelatih Asal Serbia

Satria Muda Pertamina (SM Pertamina) membuat gebrakan dengan menggaet pelatih anyar asal Serbia, Milos Pejic.


Indonesia Berharap Gelar Lagi di Korea Open 2019

Indonesia Berharap Gelar Lagi di Korea Open 2019

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow gagal melangkah ke babak kedua Korea Open 2019.


16 Pebulutangkis Indonesia Turun di Korea Open 2019

16 Pebulutangkis Indonesia Turun di Korea Open 2019

Setelah menyelesaikan pertarungan di China Open 2019, tim bulu tangkis Indonesia kini kembali berburu gelar di ajang berikutnya.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!