Sport
Share this on:

Garuda Muda Masih Punya Banyak Pekerjaan Rumah

  • Garuda Muda Masih Punya Banyak Pekerjaan Rumah
  • Garuda Muda Masih Punya Banyak Pekerjaan Rumah

**JAKARTA ** - Kurang dari satu bulan, Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19 bakal menjalani Piala AFF U-18 di Vietnam, 4 Agustus mendatang. Persiapan demi persiapan pun terus digalakan oleh pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini untuk menghadapi kejuaraan tersebut.

Bahkan, sejak 1 Juli ini, Fakhri Husaini memanggil 33 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) tahap akhir. Tetapi, sudah satu pekan menjalani Pelatnas di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Fakhri Husaini menilai masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukannya untuk para pemain tersebut.

Hal itu dinilai Fakhri Husaini setelah dalam dua hari belakangan ini David Maulan dan kawan-kawan menjalani laga uji coba mengahadapi Barito Putera U-20 dan Bhayangkara U-20. Meski meraih kemenangan 2-1 di laga uji coba pertama menghadapi Barito Putera U-20, Minggu (7/7) kemarin, namun dalam laga uji menghadapi Bhayangkara U-20, Senin (8/7) kemarin, skuad Gauruda Muda kalah 1-0.

Meski Fakhri menilai penampilan anak asuhnya sudah cukup baik dalam laga uji coba menghadapi Bahayangkara U-20. Namun dinilainya masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh tim pelatih satu persatu.

"Seperti yang saya katakan kemarin (masih banyak hal yang menjadi evaluasi kami), tim ini masih memiliki pekerjaan rumah. Dan itu bisa diketahui dan diselesaikan dengan uji coba seperti ini," ungkap Fakhri seperti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN) dari situs resmi PSSI, Senin (8/7) kemarin.

"Dengan begitu, saya dan staf pelatih mengetahui apa saja yang harus di perbaiki dari tim ini," sambung mantan pemain nasional Indonesia Era 90-an itu.

Lebih lanjut, hal yang paling disoroti Fakhri adalah kekompakan dan koordinasi antar sesama pemain yang dinilainya masih belum terjalin dengan baik.

"Koordinasi yang saya maksud adalah kekompakan tim, komunikasi antar sesama pemain juga belum terjalin dengan baik. Inilah tugas utama kami, bagaimana menyatukan para pemain agar menjadi satu tim. Hal teknis lain pasti nanti akan mengikuti apabila mereka sudah padu lebih dahulu," jelasnya.

Oleh sebab itu, Fakhri mengharapkan uji coba seperti ini terus dilakukan demi mengetahui kekurnagan yang masih dialami oleh anak asuhnya. Menurut Fakhri, masih ada dua laga uji coba yang akan dijalani timnya. Selain itu ia juga berharap adanya uji coba internasional.

"Tanggal 14 dan 15 Juli 2019 saya usahakan dapat lawan seperti ini (dua kali). Setelah itu, menurut jadwal, pada tanggal 18 Juli 2019 kami ke Surabaya, akan ada uji coba di sana. Kalau uji coba Internasional, sejauh ini belum ada, tetapi saya berharap sebelum ke Piala AFF bisa dapat satu," tukasnya.

Sebagai informasi, seleksi tahap ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFF U-18 yang akan berlangsung di Vietnam, 4 Agustus 2019, mendatang.

Dalam ajang tersebut, Garuda Nusantara tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Indonesia sendiri akan mulai bertanding pada 6 Agustus 2019, menghadapi Filipina.

Selain ajang tersebut, Garuda Junior itu juga dipersiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang bakal berlangsung pada September atau Oktober, mendatang.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-16 juga sudah menjalani pelatnas di Bogor, Jawa Barat sejak, Minggu (7/7) kemarin. Hal pertama yang diterapkan oleh pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti di pelatnas kali ini adalah membangun kekompakan tim.

"Saya bicara dengan para pemain sebelum TC berlangsung. Ini hal biasa yang kami lakukan dalam mengawali TC, melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan tim kepelatihan untuk menginformasikan program kami dalam dua minggu ini," ungkap Bima Sakti.

"Setelah itu kami makan malam bersama pemain dan ada sedikit motivasi kembali yang untuk menumbuhkan semangat setiap pemain. Hal ini tentu untuk mengembalikan kembali energi kami sebagai kesatuan tim agar lebih solid lagi," sambungnya.

Untuk diketahui, pelatnas tahap akhir Timnas Indonesia U-16 ini sebagai salah satu persiapan menjelang Piala AFF U-15 2019 yang akan berlangsung di Chonburi, Thailand, pada 27 Juli 2019, mendatang.

Dalam tahap pelatnas kali ini, Bima Sakti sendiri telah memanggil 25 pemain. Menurut Bima, 25 nama yang dipanggilanya itu merupakan pemain-pemain terbaik dari seleksi dan pelatnas timnas Indonesia U-16 sebelumnya. **(gie/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Valentino Rossi Semakin Lamban
Valentino Rossi Semakin Lamban

Berita Berikutnya

Rossi Minta Yamaha Segera Berbenah
Rossi Minta Yamaha Segera Berbenah

Berita Sejenis

Dimulai Pekan Ini, Juventus Masih Favorit Juara Serie A

Dimulai Pekan Ini, Juventus Masih Favorit Juara Serie A

Genderang perang Serie A Italia akan ditabuh, Minggu (25/8) dinihari. Juventus masih favorit scudetto, namun mereka akan mendapatkan perlawanan lebih sengit mus


Balapan di Silverstone, Peluang untuk Mengkudeta Marquez

Balapan di Silverstone, Peluang untuk Mengkudeta Marquez

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez punya beban berat. Ia harus kerja keras menjaga tren positifnya jelang race MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (25


Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih mencari celah agar bisa naik podium di seri MotoGP Inggris.


Trek Silverstone Masih Diragukan

Trek Silverstone Masih Diragukan

Penuh Genangan air dan licin menjadi gambaran menakutkan para rider dalam seri Silverstone dalam gelaran MotoGP Inggris musim lalu.



Gegar Otak, Dimas Ekky Kembali Absen

Gegar Otak, Dimas Ekky Kembali Absen

Gegar otak yang menimpa Dimas Ekky Pratama masih belum pulih. Kondisi itu memaksanya harus istirahat total.


Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar

Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 gagal menadapatkan tiket babak final Piala AFF U-15 2019.


Hadapi Thailand, Timnas U15 Optimis ke Final

Hadapi Thailand, Timnas U15 Optimis ke Final

Timnas U-15 akan menghadapi tuan rumah Thailand di semifinal Piala AFF U-15, Rabu (7/8) sore ini.


Satria Muda Pede Tatap Grand Final IBL 3x3

Satria Muda Pede Tatap Grand Final IBL 3x3

Babak Grand Final IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019 bakal digelar di Cilandak Town Square, Jakarta, 3-4 Agustus nanti.


Dovi Sambat esulitan Jinakkan Desmosedici di Tikungan

Dovi Sambat esulitan Jinakkan Desmosedici di Tikungan

Andrea Dovizioso menyatakan problem Ducati saat memasuki sektor tikungan masih belum terpecahkan hingga saat ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!