Sport
Share this on:

Ginting Pasang Target Tinggi, Tunggal Putri Tetap Berat

  • Ginting Pasang Target Tinggi, Tunggal Putri Tetap Berat
  • Ginting Pasang Target Tinggi, Tunggal Putri Tetap Berat

SIDNEY - Tidak ada rehat buat para penghuni pelatnas Cipayung. Hari ini (4/6), mereka mulai berjuang di Australian Open 2019. Masing-masing mengusung misi sendiri. Ada yang murni ingin mengumpulkan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Ada pula yang berniat habis-habisan demi mendongkrak peringkat. Terutama setelah kegagalan di Piala Sudirman 2019 lalu.

Salah satu yang ngotot ingin juara adalah Anthony Sinisuka Ginting. Tahun ini, dia memang belum meraih gelar. Di turnamen ini, peluang dia cukup terbuka. Musuh-musuh top seperti Kento Momota, Shi Yuqi, dan Chen Long absen. Dia diunggulkan di tempat kedua. Satu-satunya lawan yang peringkatnya lebih tinggi adalah Chou Tien-chen (Taiwan).

Rasa penasaran juga membuat Ginting makin termotivasi. Ketika kualifikasi Olimpiade 2020 dibuka di New Zealand Open April lalu, dia hanya sampai perempat final. "Pokoknya kali ini harus juara. Kesempatannya ada," tegas Ginting.

Meski begitu, dia berjanji akan tetap berhati-hati. Dia tidak mau meremehkan siapa pun. "Dilihat dari lawan, babak pertama ketemu Korea. Tidak gampang juga. Lalu dari situ sampai seterusnya juga tidak mudah,'' ucap pemain 22 tahun tersebut.

''Jadi fokus babak pertama dulu. Saya melihatnya (harus) satu-satu dulu," imbuh juara China Open 2018 tersebut.

Di Australian Open, Indonesia diwakili tiga pemain. Selain Ginting, ada Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, serta Shesar Hiren Rhustavito. Jojosapaan Jonatanada di unggulan ketiga. Langkahnya diprediksi sangat mulus hingga perempat final. Sebab, di babak pertama besok (5/6), dia hanya menghadapi Lu Guangzu, pemain Tiongkok yang menempati peringkat 19.

Jika lolos, Jojo bakal ditantang pemain jebolan kualifikasi. Barulah di delapan besar, ada kemungkinan dia bakal berhadapan dengan mantan juara dunia Lin Dan. Meski saat ini peringkatnya jauh di bawah Jojo (Lin kini peringkat 16 dunia), Jojo jarang beruntung jika bertemu peraih emas Olimpiade 2008 dan 2012 tersebut.

Sementara itu, ambisi pelatih tunggal putri Rionny Mainaky untuk membawa anak didiknya jadi juara sudah pasti tidak akan mudah. Malah bisa dibilang impossible. Sebab, berbeda dengan tunggal putra, para pemain top berdatangan di event berlevel super 300 ini. Sebut saja Chen Yufei (peringkat 2 dunia), Nozomi Okuhara (3), Pusarla V. Sindhu (4), dan Ratchanok Intanon (7).

Rionny sangat kecewa dengan hasil sektor asuhannya di Piala Sudirman. Dari empat laga, Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani hanya menang sekali. Meskipun dikepung nama-nama besar, dia tetap ingin anak buahnya pasang target juara. Kalaupun sulit, setidaknya mindset mereka siap melaju hingga semifinal.

"Kemarin sebelum Piala Sudirman sudah saya latih keras. Jadi saat kembali tinggal nyambung," kata Rionny.

Dari hasil drawing, tiga pemain Indonesia berpotensi bertemu di babak awal. Kata Rionny, ini bisa mempermudah langkah Gregoria dkk ke babak tinggi. Namun, tetap saja dia tidak melihatknya sebagai hal yang menguntungkan. "Untuk target juara memang enak karena banyak bertemu teman sendiri. Tapi kalau disebar lebih enak, karena bisa saling mendukung," imbuh eks pelatih ganda putra Jepang itu. (gil/na/ful/zul)

Berita Sebelumnya

Honda Makin Jago di Track Lurus
Honda Makin Jago di Track Lurus

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Greysia Ingin Fokus, Hendra Lebih Excited

Greysia Ingin Fokus, Hendra Lebih Excited

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berusaha fokus menikmati permainan mereka di Blibli Indonesia Open 2019 pekan ini.


Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Tunggal putra Jepang Kento Momota, walaupun menjadi unggulan pertama di turnamen Blibli Indonesia Open 2019, tidak akan lengah.


Jojo Target Tembus Delapan Besar

Jojo Target Tembus Delapan Besar

Jonatan Christie menargetkan bisa tembus hingga ke babak delapan besar di ajang Indonesia Open 2019.


Tim Ganda Putri Lakukan Recovery

Tim Ganda Putri Lakukan Recovery

Menjelang perhelatan Indonesia Open 2019 yang tinggal menghitung hari, mematangkan persiapan tentu bakal dilakukan seluruh peserta.


Tenis Meja Bidik Emas di ASG 2019

Tenis Meja Bidik Emas di ASG 2019

Tim Tenis Meja dan Basket Putri Indonesia menargetkan meraih medali emas pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) di Semarang.


Honda Pertahankan Lorenzo hingga Tahun Depan

Honda Pertahankan Lorenzo hingga Tahun Depan

Direktur Tim HRC yaitu Tetsuhiro Kuwata menegaskan timnya tetap mempertahankan Jorge Lorenzo hingga tahun 2020 mendatang.


Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia

Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia

Teka-teki nasib pelatih asal Indonesia Hendrawan di Malaysia terjawab sudah.


BAM Ingin Pensiunkan Hendrawan

BAM Ingin Pensiunkan Hendrawan

Federasi Badminton Malaysia (BAM) mempertimbangkan untuk memutus kontrak pelatih tunggal putra Hendrawan.


Hendra/Ahsan Target Tembus Semifinal Indonesia Open

Hendra/Ahsan Target Tembus Semifinal Indonesia Open

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan membeberkan target mereka di Indonesia Open 2019.


PBSI Terus Dongkrak Kemampuan Tunggal Putri

PBSI Terus Dongkrak Kemampuan Tunggal Putri

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) terus berupaya mendongkrak kemampuan tunggal putri Tanah Air.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!