Sport
Share this on:

Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru

  • Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru
  • Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru

YOGYAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19 dipastikan melakoni dua laga uji coba menghadapi Iran U-19. Laga uji coba itu sendiri digelar sebagai persiapan menjelang Kualifikasi Piala AFC U-19, November mendatang.

Menariknya, untuk menghadapi dua laga uji coba internasional tersebut, pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini tak memanggil pemain baru. Pelatih berkumis tebal itu, masih menggunakan 23 pemain yang sebelumnya memperkuat timnya di ajang Piala AFF U-18, Vietnam.

Buka tanpa alasan, Fakhri tidak memanggil pemain-pemain baru dalam skuatnya. Ia menjelaskan, sudah melakukan pencarian pemain di beberapa Elite Pro Academy U18, namun sayang diakuinya belum ada pemain yang mampu menggelitik hatinya untuk bisa masuk ke tim asuhannya.

"Saya belum tergelitik untuk memanggil pemain baru di dua laga uji coba Internasional melawan Iran. Sebab, saat saya melakukan pencarian pemain di beberapa pertandingan Elite Pro Academy U18, para pemain yang saya incar, malah belum menunjukkan penampilan yang bisa meyakinkan saya untuk memboyong mereka ke timnas," ungkap Fakhri, Senin (2/9) kemarin.

"Karena itu, saya masih percayakan pemain-pemain yang ikut saya di Vietnam, kembali berlatih dan bertanding di dua uji coba nanti," tambahnya.

Laga uji coba Internasional pertama David Maulana dan kawan-kawan pasca Piala AFF U-18 di Vietnam ini akan berlangsung pada Sabtu (7/9) di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Sedangkan laga uji cob kedua digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (11/9).

Bagi Fakhri, dua laga uji coba ini cukup baik untuk anak asuhnya menambah pengalaman bertanding internasional. Fakhri juga meyakini, pertandingan ini akan berjalan menarik dan cukup ketat.

"Melawan Iran di dua laga uji coba Internasional akan menjadi pertandingan yang ketat, mereka lawan kuat, tapi bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Ini baik bagi anak-anak untuk menambah jam terbang dan pengalaman bertanding Internasional mereka," tuturnya.

Lebih lanjut, Fakhri mengaku bahwa dirinya memiliki telah memiliki catatan usai berlaga di Piala AFF U-18 Vietnam. Tentunya, sebagai bahan evaluasi tim pelatih mempersiapkan laga uji coba tersebut.

"Evaluasi kami lebih ke taktik, gol kemasukan timnas berasal dari set piece. Masalah sederhana tapi serius untuk masa depan tim ini. Posisi penjaga gawang, lini pertahanan dan ujung tombak mungkin adalah keperluan tim ini kedepannya," terangnya.

Terakhir, dirinya juga berharap, selain melawan Iran, timnya berkesempatan melawan tim dari negara lain yang lebih kompetitif. "Namun saya juga berharap usai melawan Iran, kami bisa kembali melawan tim-tim kuat lain seperti Cina dan Jepang. Karena tipikal mereka mirip dengan dua kontestan (Korea Utara dan Hongkong) yang ada di Grup K, selain itu juga ada Timor Leste," tuntasnya.

Untuk diketahui, dua laga uji coba ini sebenarnya mengalami perubahan jadwal. Sebelumnya, laga ini direncanakan digelar pada 4 September bakal digulirkan di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Hal itu, mengalami perubahan lantaran Iran terkendala tiket penerbangan dan baru sampai Indonesia pada 5 September.

Dua laga uji coba ini memang sangat penting bagi skuat Garuda Muda mempersiapkan diri untuk ajang Kualifikasi Piala AFC U-19. Di ajang tersebut Indonesia bakal menjadi tuan rumah Grup K, bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste.

Semua laga direncanakan bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, mulai 2 hingga 10 September 2019, mendatang. Nantinya juara grup dan empat runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Satu lagi negara peserta adalah tuan rumah yang lolos otomatis.

Saat ini negara tuan rumah putaran final belum ditentukan. Jika telah ditentukan dan negara itu lolos dari kualifikasi, maka jatahnya diberikan kepada runner-up terbaik posisi kelima. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Napoli Segel Llorente dari Spurs
Napoli Segel Llorente dari Spurs

Berita Sejenis

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Tim Tirai Bambu (sebutan Cina) menjadi lawan pertama Timnas U-23 Indonesia di laga pembuka CFA Team China Chongqing Gorges Bank Cup International Football Tourn


Arsenal Mulai Temukan Formulasi Terbaik

Arsenal Mulai Temukan Formulasi Terbaik

Arsenal baru saja menang dengan skor fantastis. Ya, The Gunners (julukan Arsenal) menang 4-0 atas Standard Liege di Emirates Stadium, Jumat (4/10) kemarin.


Cuaca Ekstrim Sambut Timnas di Dubai

Cuaca Ekstrim Sambut Timnas di Dubai

Cuaca ekstrim menyambut kedatangan Tim Nasional Indonesia di Dubai, Kamis (3/10) pagi.


Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas berangkat menuju Kota Dubai lebih awal, tadi malam, untuk bersiap jelang laga kualifikasi melawan Uni Emirat Arab di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 202


Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Indra Sjafri telah memanggil 30 pemain untuk menjalani training camp (TC) Timnas U23 di Bogor, Selasa (1/10).


Singkirkan Kevin/Marcus, Fajar/Rian Hadapi Li/Liu

Singkirkan Kevin/Marcus, Fajar/Rian Hadapi Li/Liu

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangkan duel perang saudara melawan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.


Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

ersatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mendaftarkan 40 pemain untuk perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.


Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang

Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang


Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!