Sport
Share this on:

Hadapi Momota, Ginting: Recovery Dulu

  • Hadapi Momota, Ginting: Recovery Dulu
  • Hadapi Momota, Ginting: Recovery Dulu

Foto: the straits times

SINGAPORE - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berhasil melangkah ke babak final Singapore Open 2019. Pria berdarah Karo ini berhasil menyingkirkan pemain unggulan kedua asal Taiwan, Chou Tien Chen.

Namun, dalam pertarungan yang berlangsung di Singapura Indoor Stadium, Sabtu (13/4) kemarin, butuh kerja ekstra menaklukkan Chou. Anthony dipaksa bermain rubber game dalam termpo waktu satu jam 19 menit oleh pemain peringkat empat dunia itu dengan skor 21-17, 18-21 dan 21-14.

Di awal pertandingan game pertama, Anthony sempat teringgal jauh oleh Chou. Namun usai jeda interval game pertama, Anthony terus mengejar keteritnggalannya dengan mengubah sedikit tempo permainnnya untuk mendapatkan game pertama dengan skor 21-17.

Sama hal-nya di game pertama, di set kedua juga pertarungan sengit tersaji dari kedua pemain. Namun sayang, di poin-poin kritis Anthony gagal memberikan permainan yang tepat untuk menyudahi pertandingan. Hasilnya, Chou malah sukses menutup set kedua dengan 18-21.

"Awal game pertama saya terlalu banyak ngangkat bola, jadi lawan lebih enak. Pas menyusul tadi saya ubah tempo mainnya. Game pertama kondisi lapangan bisa dibilang diunggulkan karena kalah angin," ungkap Anthony seperti dikutip situs resmi PBSI, Sabtu (13/4) kemarin.

"Jadi mainnya nggak ada ragu sama sekali. Game kedua juga sebenarnya ketat dari awal sampai akhir, tapi di poin-poin menentukan saya kurang bisa menggunakan cara main yang tepat. Jadi Chou Tien Chen bisa balik unggul," sambungnya.

Pada set penentuan, Atnhony mengambil inisiatif untuk melakukan serangan sebelum pindah tempat saat jeda interval. Strategi itu-pun berhasil dijalankan dan Anthony menutup kemenangan di game ketiga dengan skor 21-14. "Di game ketiga mikirnya sebelum interval sebisa mungkin ambil poin yang banyak, jadi saat pindah lapangan tinggal diterapkan lagi pola main di game kedua saat ramai poinnya," jelas Anthony.

Kemenangan atas Chou ini mengantarkan Anthony meraih tiket babak final Singapore Open 2019. Selain itu hasil ini juga sekaligus membuat Anthony memimpin catatan pertemuannya dengan Chou mejadi 5-4. "Puji Tuhan bisa menyelesaikan pertandingan ini dengan baik, seperti kemarin. Pastinya senang banget bisa menang hari ini, bisa masuk ke final. Apalagi lawan hari ini lawan yang bagus juga. Jadi senang bisa menang," terang Anthony.

Di partai puncak, Anthony akan berhadapan dengan lawan berat yang merupaka unggulan pertama asal Jepang, Kento Momota. Pemain peringkat satu dunia itu berhasil tembus ke final usai mengalahkan unggulan ketiga asal Denmark Victor Axelsen degan skor 21-15 dan 21-18.

"Perasaannya tentu senang kemarin mengalahkan Chen Long, hari ini Chou Tien Chen. Tapi perjuangan belum berakhir, besok masih ada lawan yang lebih tangguh lagi dari hari ini dan sebelumnya. Tetap jaga fokusnya dan recovery lagi," tukas Anthony.

Sayang hasil manis Anthony tak mamapu diikuti oleh ganda campuran Indonesia, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. Ya, mereka hanya mampu menjadi semifinlasi usai dikalahkan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dengan skor 16-21, 22-20 dan 20-22.

Kekalahan yang diteima Hafiz/Gloria ini sebenarnya diluar perkiraan. Pasalnya, ini merupakan kali pertamanya Hafiz/Gloria kalah dari Tan/Lai dari dua kali pertemuan sebelumnya, pasangan peringkat sembilan dunia itu selalu menang.

"Kalau untuk hari ini lawan mereka, mungkin faktor lucky-nya kurang. Tapi kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Mereka banyak ketemu celah kami di game pertama. Kami kecolongan. Di dua pertemuan sebelumnya, kami nggak sampai kaya gitu mainnya, kami tetap fokus sama pola permainan kami," tutur Gloria.

"Mungkin karena game pertama kalah, jadi di game kedua agak tegang-tegang untuk dapet poin. Game terakhir miss sedikit, salahnya karena mati sendiri, kurang kontrol diri," tambah Gloria.

Lebih lanjut, Hafiz/Gloria juga mengaku kekalahan ini tak lepas dari kurang tenangnya permainan mereka saat berhadapan dengan Tan/Lai. Bahkan diakui, Hafiz, banyak kesalahan yang kerap dilakukannya sehingga membautnya kehilangan poin.

"Hari ini saya lebih tegang mainnya daripada kemarin. Saya banyak mati sendiri. Kalau game pertama kami lebih tenang mungkin kami tinggal jaga pukulan saja. Mereka lumayan kelihatan sedikit berbeda dari sebelumnya. Tapi sebenarnya kalau kami main kaya biasanya, kami nggak akan sesulit tadi," tandas Hafiz.

Dengan kalahnya Hafiz/Gloria, membuat Indonesia tak mengirimkan wakil di babak final Singapore Open 2019. Hafiz/Gloria merupakan ganda campuran terakhir dari Indonesia yang berhasil menembus babak semifinal. (gie/fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Hamilton Hattrick Podium di Shanghai
Hamilton Hattrick Podium di Shanghai

Berita Sejenis

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Nasib berbeda diterima dua tunggal putra Indonesia di babak pertama French Open 2019, Selasa (22/10) kemarin..


Singkirkan Kevin/Marcus, Fajar/Rian Hadapi Li/Liu

Singkirkan Kevin/Marcus, Fajar/Rian Hadapi Li/Liu

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangkan duel perang saudara melawan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.


Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Anthony Sinisuka Ginting menunjukkan perlawanan yang begitu keras dalam duel kontra unggulan pertama Kento Momota di partai final tunggal putra Victor China Ope


Kalahkan Sai Praneeth, Anthony Ginting Buka Asa ke Final

Kalahkan Sai Praneeth, Anthony Ginting Buka Asa ke Final

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berhasil melangkah ke babak semifinal China Open 2019, Jumat (20/9) malam.


Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Indonesia, Tommy Sugiarto tak berdaya saat melawan Kento Momota pada putaran kedua China Open 2019.


Hadapi Thailand, Timnas Harus Menang

Hadapi Thailand, Timnas Harus Menang

Kekalahan atas Malaysia 2-3 memang menyayat hati fanatisme timnas. Terlebih timbulnya insiden yang tak mengenakan di tribun penonton.


Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru

Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19 dipastikan melakoni dua laga uji coba menghadapi Iran U-19.


Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Ada kabar gembira untuk pencinta Barcelona jelang duel sang juara bertahan kontra Real Betis di pekan kedua La Liga, akhir pekan ini.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Hadapi Thailand, Timnas U15 Optimis ke Final

Hadapi Thailand, Timnas U15 Optimis ke Final

Timnas U-15 akan menghadapi tuan rumah Thailand di semifinal Piala AFF U-15, Rabu (7/8) sore ini.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!