Sport
Share this on:

Hamilton Terbaik Empat Kali Beruntun

  • Hamilton Terbaik Empat Kali Beruntun
  • Hamilton Terbaik Empat Kali Beruntun

Lewis Hamilton. (Reuters)

LONDON - Tak selamanya seorang juara dunia Formula 1 dinilai sebagai pembalap terbaik. Namun, dalam empat musim terakhir nama Lewis Hamilton selalu dinobatkan sebagai yang terbaik versi bos tim F1.

Sementara, rekan satu timnya di Mercedes Valtteri Bottas hanya menduduki posisi ke-10. Majalah yang dijuluki alkitabnya olahraga otomotif, Autosport mempunyai tradisi melakukan poling di akhir musim.

Mereka meminta penilaian semua team principal untuk menentukan siapa pembalap terbaik. Penilaian itu berdasarkan performa pembalap di sepanjang 20 balapan.

Mereka diminta menilai pembalap menggunakan sistem poin yang berlaku seperti di balapan F1. Yakni, 25-18-15-12-10-8-6-4-2-1. Setelah itu diambil rata-rata nilai terbesar untuk menentukan yang terbaik.

Pemilihan tersebut dilakukan secara rahasia untuk memastikan bahwa semua bos tim mau ambil bagian dalam poling tersebut. Hasilnya, Hamilton meraih nilai luar biasa 233 poin. Poin maksimal adalah 250 poin. Meski perolehan poinnya menurun satu angka dari tahun lalu (232) Hamilton tetap tak tertandingi musim ini.

''Apalagi jika mengingat bahwa jumlah bos tim tahun ini berkurang satu orang, lantaran Manor tak lagi ada di grid,'' tulis Autosport.

Hamilton memenangi sembilan seri tahun ini. Pembalap Inggris tersebut menyegel gelar juara dunia keempatnya di Formula 1 di GP Amerika Serikat, tiga balapan sebelum bubaran musim.

Untuk keempat kalinya secara beruntun Hamilton dipilih para bos tim sebagai pembalap terbaik. Bahkan tahun lalu, ketika Nico Rosberg berhasil menjuarai F1, Hamilton juga dinilai sebagai yang terbaik.

Bintang yang sedang naik daun Max Verstappen terpilih sebagai pembalap terbaik kedua versi bos tim. Namun jarak poinnya sangat jauh dari Hamilton, 143 angka atau berjarak 90 poin. Pembalap Red Bull-TAG Heuer tersebut memenangi dua balapan tahun ini.

Di posisi ketiga ada jagoan Ferrari, Sebastian Vettel yang mendapat poin 141. Meski hanya menempati posisi ketiga, rangking pembalap Jerman itu naik dua tangga dibandingkan musim lalu. Vettel memenangi lima seri tahun ini.

Ambisinya meraih gelar juara dunia kelima rusak akibat insiden kecelakaan parah di tikungan pertama GP Singapura saat terjadi tabrakan dengan rekan satu timnya Kimi Raikkonen dan Verstappen.

Pindah ke Mercedes justru membuat Bottas tak mendapat apresiasi dari bos-bos tim. Dia berada di posisi terakhir 10 besar daftar pembalap terbaik. ''Posisi tersebut malah lebih buruk satu posisi dibandingkan tahun lalu saat pembalap Finlandia itu masih membela Williams,'' tambah Autosport.

Bintang muda Mercedes yang dititipkan ke Force India Esteban Ocon mendapat apresiasi besar dari bos tim. Dia mendidiki posisi kelima di musim pertamanya membalap satu musim penuh di F1.

Tahun lalu, Ocon menggantikan Rio Haryanto di Manor di seri ke-13. Musim ini, Ocon selalu meraih poin di semua balapan kedua dua seri saja. (cak/jpg)


Berita Sebelumnya

GP Malaysia Terbaik Musim 2017
GP Malaysia Terbaik Musim 2017

Berita Berikutnya

Hadiah Spesial untuk Martina
Hadiah Spesial untuk Martina

Berita Sejenis

Wuzzzzz... Stoner Beraksi Lagi

Wuzzzzz... Stoner Beraksi Lagi

Juara dunia MotoGP dua kali Casey Stoner bakal kembali beraksi di lintasan balap MotoGP.


Schumacher, Kami Tidak Melupakanmu

Schumacher, Kami Tidak Melupakanmu

Bagi penggemar juara dunia Formula 1 tujuh kali Michael Schumacher, pekan ini begitu penting.


Gara-gara Bercanda, Hamilton Dikecam Netizen

Gara-gara Bercanda, Hamilton Dikecam Netizen

Gara-gara bercanda, juara dunia F1 2017 asal Mercedes Lewis Hamilton menuai kecaman di dunia maya.


Gatlin Pecat Langsung Dua Pelatihnya

Gatlin Pecat Langsung Dua Pelatihnya

Sprinter terbaik Amerika Serikat Justin Gatlin langsung mengambil tindakan tegas kepada pelatih dan juga agennya yakni Dennis Mitchell dan Robert Wagner.


Skuad Davis Indonesia Bertumpu pada Petenis Muda

Skuad Davis Indonesia Bertumpu pada Petenis Muda

Singkatan dan terarah. Hanya dalam dua hari seleksi nasional, PP Pelti memutuskan empat petenis yang akan memperkuat Indonesia di Piala Davis 2016.


Luar Biasa, Marcus/Kevin Juara 7 Kali Setahun

Luar Biasa, Marcus/Kevin Juara 7 Kali Setahun

Di kolong jagat bulu tangkis dunia, sosok Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi fenomena tersendiri.


Mayweather vs McGregor di UFC?

Mayweather vs McGregor di UFC?

Floyd Mayweather memang tak terkalahkan di dunia tinju. Rekornya sebelum pensiun adalah 50 kali menang tanpa kalah.


Donnarumma, Reina, dan Sandiwara

Donnarumma, Reina, dan Sandiwara

Meski berulang kali membantah, AC Milan mulai bersiap melepas kiper Gianluigi Donnarummai. Manajemen Rossoneri (julukan Milan) tidak tinggal diam.


Tenaga Mulai Habis. Perenang Belum Dekati Waktu Terbaik

Tenaga Mulai Habis. Perenang Belum Dekati Waktu Terbaik

Hari keempat Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2017 nomor renang menjadi tantangan serius bagi perenang Indonesia.


On Fire, Rockets Catat Rekor Away Terbaik

On Fire, Rockets Catat Rekor Away Terbaik

Siapa tim NBA paling panas saat ini? Jelas, Houston Rockets! James Harden dkk kemarin baru saja mengakhiri tiga tournya ke kandang lawan dengan kemenangan.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!