Sport
Share this on:

Hamilton Terbaik Empat Kali Beruntun

  • Hamilton Terbaik Empat Kali Beruntun
  • Hamilton Terbaik Empat Kali Beruntun

Lewis Hamilton. (Reuters)

LONDON - Tak selamanya seorang juara dunia Formula 1 dinilai sebagai pembalap terbaik. Namun, dalam empat musim terakhir nama Lewis Hamilton selalu dinobatkan sebagai yang terbaik versi bos tim F1.

Sementara, rekan satu timnya di Mercedes Valtteri Bottas hanya menduduki posisi ke-10. Majalah yang dijuluki alkitabnya olahraga otomotif, Autosport mempunyai tradisi melakukan poling di akhir musim.

Mereka meminta penilaian semua team principal untuk menentukan siapa pembalap terbaik. Penilaian itu berdasarkan performa pembalap di sepanjang 20 balapan.

Mereka diminta menilai pembalap menggunakan sistem poin yang berlaku seperti di balapan F1. Yakni, 25-18-15-12-10-8-6-4-2-1. Setelah itu diambil rata-rata nilai terbesar untuk menentukan yang terbaik.

Pemilihan tersebut dilakukan secara rahasia untuk memastikan bahwa semua bos tim mau ambil bagian dalam poling tersebut. Hasilnya, Hamilton meraih nilai luar biasa 233 poin. Poin maksimal adalah 250 poin. Meski perolehan poinnya menurun satu angka dari tahun lalu (232) Hamilton tetap tak tertandingi musim ini.

''Apalagi jika mengingat bahwa jumlah bos tim tahun ini berkurang satu orang, lantaran Manor tak lagi ada di grid,'' tulis Autosport.

Hamilton memenangi sembilan seri tahun ini. Pembalap Inggris tersebut menyegel gelar juara dunia keempatnya di Formula 1 di GP Amerika Serikat, tiga balapan sebelum bubaran musim.

Untuk keempat kalinya secara beruntun Hamilton dipilih para bos tim sebagai pembalap terbaik. Bahkan tahun lalu, ketika Nico Rosberg berhasil menjuarai F1, Hamilton juga dinilai sebagai yang terbaik.

Bintang yang sedang naik daun Max Verstappen terpilih sebagai pembalap terbaik kedua versi bos tim. Namun jarak poinnya sangat jauh dari Hamilton, 143 angka atau berjarak 90 poin. Pembalap Red Bull-TAG Heuer tersebut memenangi dua balapan tahun ini.

Di posisi ketiga ada jagoan Ferrari, Sebastian Vettel yang mendapat poin 141. Meski hanya menempati posisi ketiga, rangking pembalap Jerman itu naik dua tangga dibandingkan musim lalu. Vettel memenangi lima seri tahun ini.

Ambisinya meraih gelar juara dunia kelima rusak akibat insiden kecelakaan parah di tikungan pertama GP Singapura saat terjadi tabrakan dengan rekan satu timnya Kimi Raikkonen dan Verstappen.

Pindah ke Mercedes justru membuat Bottas tak mendapat apresiasi dari bos-bos tim. Dia berada di posisi terakhir 10 besar daftar pembalap terbaik. ''Posisi tersebut malah lebih buruk satu posisi dibandingkan tahun lalu saat pembalap Finlandia itu masih membela Williams,'' tambah Autosport.

Bintang muda Mercedes yang dititipkan ke Force India Esteban Ocon mendapat apresiasi besar dari bos tim. Dia mendidiki posisi kelima di musim pertamanya membalap satu musim penuh di F1.

Tahun lalu, Ocon menggantikan Rio Haryanto di Manor di seri ke-13. Musim ini, Ocon selalu meraih poin di semua balapan kedua dua seri saja. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

GP Malaysia Terbaik Musim 2017
GP Malaysia Terbaik Musim 2017

Berita Berikutnya

Hadiah Spesial untuk Martina
Hadiah Spesial untuk Martina

Berita Sejenis

Vettel Sukses Kudeta Hamilton

Vettel Sukses Kudeta Hamilton

Tak seperti biasanya Niki Lauda sudah meninggalkan garasi Mercedes sebelum balapan GP Kanada usai dini hari kemarin.


Comeback, Serena Bukan Unggulan di Prancis Terbuka

Comeback, Serena Bukan Unggulan di Prancis Terbuka

Mantan ranking satu dunia tunggal putri Serena Williams memutuskan tampil untuk kali pertama di ajang grand slam tahun ini melalui Prancis Terbuka.


Fury Comeback 9 Juni

Fury Comeback 9 Juni

Teka-teki petinju yang bakal menjadi lawan Tyson Fury saat comeback kali pertama ke ring tinju pasca vakum sejak November 2015 akhirnya terjawab.


Fury Targetkan Tanding Lima Kali di 2018

Fury Targetkan Tanding Lima Kali di 2018

Mantan juara dunia kelas berat Tyson Fury tidak bercanda dengan rencananya comeback ke atas ring.


Hadapi Bulan Krusial untuk Tetap Nomor Satu

Hadapi Bulan Krusial untuk Tetap Nomor Satu

Sepanjang karirnya sejak 2001, Rafael Nadal tercatat sudah empat kali mengakhiri musim sebagai petenis nomor satu dunia.


Yamaha Desak Hukuman Lebih Keras

Yamaha Desak Hukuman Lebih Keras

Sudah lama padam, api pertikaian antara Valentino Rossi dan Marc Marquez kembali dipantik. Kali ini, Marquez yang menyulutnya.


Siapkan Empat Ban untuk GP Argentina

Siapkan Empat Ban untuk GP Argentina

Michelin tak mau setengah-setengah menyongsong balapan seri kedua MotoGP di Argentina akhir pekan ini.


Kesempatan Vettel Ungguli hamilton Lagi

Kesempatan Vettel Ungguli hamilton Lagi

Genderang perang sudah ditabuh dua rival terpanas di balapan Formula 1 saat ini Lewis Hamilton dan Ferrari Sebastian Vettel sejak mengawali musim balap 2018.


Dua Kali Tanding, Dua Kali Draw

Dua Kali Tanding, Dua Kali Draw

Kejadian seperti ini jarang terjadi. Dua petinju yang sama, bertarung dua kali, dan sama-sama berakhir draw.


Semakin Ketat, Proliga Hanya Sisakan Dua Tempat

Semakin Ketat, Proliga Hanya Sisakan Dua Tempat

Empat tim dipastikan lolos final four setelah seri II putaran kedua Proliga 2018 di PSCC, berakhir.



Populer

fikri lebaran

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!