Sport
Share this on:

Hanya Bertumpu pada Marcus/Kevin

  • Hanya Bertumpu pada Marcus/Kevin
  • Hanya Bertumpu pada Marcus/Kevin

ODENSE - BWF Tour seri Eropa sejatinya sudah dimulai pekan lalu (6/10). Tepatnya di Belanda Terbuka yang berkategori Super 100. Ganda putra Ade Yusuf Santoso/Wahyu Nayaka Sukses menjadi juara. Minggu malam lalu (14/10), keduanya mengalahkan pasangan Belanda Jelle Mas/Robin Tabeling 21-19, 17-21, 21-11.

Nah, mulai hari ini hingga dua pekan ke depan, tur bergeser ke level yang lebih tinggi. Yakni Denmark Terbuka (16-21/10) dan Prancis Terbuka (23-28/10). Keduanya berkategori Super 750. Sejak Minggu malam WIB, pasukan merah putih sudah tiba di Odense, Denmark, dan menjalani latihan perdana kemarin.

Melihat kondisi terkini tim, yang paling diandalkan pelatnas untuk membawa pulang gelar (setidaknya dari Denmark Terbuka) tetaplah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Sebagai ganda putra terbaik di dunia saat ini, mereka otomatis menjadi unggulan pertama di turnamen ini.

''Target kami satu gelar dulu, itu yang paling realistis,'' kata Susy Susanti, kabidbinpres PP PBSI.

Dari segi persaingan, memang peluang mereka terbuka lebar. Pada babak pertama besok, mereka bakal menghadapi ganda Tiongkok He Jiting/Tan Qiang. Bukan lawan ringan, memang. Tapi di atas kertas, harusnya bisa diatasi. Kali terakhir kedua pasangan itu bertemu di semifinal Jepang Terbuka September lalu. Marcus/Kevin menang susah payah 21-16, 14-21, 21-13.

Namun, jika lawan berat itu berhasil disingkirkan, Marcus/Kevin bisa santai setidaknya sampai perempat final. Di delapan besar, ada kemungkinan mereka bertemu ganda tuan rumah Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding yang menempati peringkat 7 BWF.

Selain Marcus/Kevin, Indonesia sejatinya mengirim empat pasangan lain. Yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Berry Angriawan/Hardianto, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sayang, pasangan yang terakhir disebut batal bertanding. Tidak hanya di Denmark Terbuka, tapi juga di Prancis Terbuka nanti. Penyebabnya, keluarga Fajar ada yang sakit.

''Fajar sudah sampai di Odense sama (pemain) yang lainnya. Tapi pulang lagi. Rian tetap di sini untuk melapor pada referee,'' jelas Aryono Minarat, asisten pelatih ganda putra.

Peraturan BWF menyebutkan, pemain ganda yang ada di peringkat 10 besar dunia tidak bisa mengikuti turnamen, pasangannya harus hadir dan melapor ke komite wasit. Itu berlaku di turnamen level Super 750 dan Super 1000.

Karena itu Rian akan tetap tinggal di Eropa dan ikut rombongan ke Prancis pekan depan. Juga untuk melapor ke wasit. Setelah itu, barulah dia pulang ke Indonesia. Bersiap untuk menjalani tur di Asia. Tanpa ganda putra nomor dua itu, praktis memang tinggal Marcus/Kevin yang bisa diandalkan. Hendra/Ahsa mungkin bisa melaju, tapi tidak jauh.

''Tapi sebenarnya selain ganda putra saya berharap sektor lain mampu memberikan kejutan. Berjuang bersama aja lah,'' kata Susy. Melihat sejumlah handicap dan hasil drawing yang dihadapi skuad Indonesia, tampaknya ini akan menjadi pekan yang berat. (nap/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Djokovic Sempurna di Tiongkok
Djokovic Sempurna di Tiongkok

Berita Berikutnya

Raih Gelar Ketiga ATP Challenger 
Raih Gelar Ketiga ATP Challenger¬

Berita Sejenis

Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Indonesia, Tommy Sugiarto tak berdaya saat melawan Kento Momota pada putaran kedua China Open 2019.


Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Hasil berbeda diterima dua tunggal putra andalan Indonesia, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie pada babak pertama ajang China Open 2019 di Olympic Sports Cente


Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Pasangan ganda putri Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta sukses meraih gelar juara pada ajang Vietnam Open 2019.


Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Bhayangkara FC berhasil mematahkan rentetan delapan kemenangan beruntun Bali United pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia.


Tegur KPAI Lewat Video Medsos

Tegur KPAI Lewat Video Medsos

Kekecewaan terhadap putusan KPAI yang meminta audisi Djarum Foundation dihentikan tidak hanya dirasakan oleh pencinta badminton.


Pemerintah Tak Sigap Atasi Polemik Djarum

Pemerintah Tak Sigap Atasi Polemik Djarum

Penghentian pencarian bakat atlet bulu tangkis oleh Djarum Foundation pada 2020 disesalkan Wakil Ketua Komisi X DPR Reni Marlinawati.


KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

Lampu latar yang begitu semarak, ditambah dukungan penonton, membuat Khabib Nurmagomedov tampil percaya diri di The Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dini hari,


Audisi Djarum Dihentikan, Pembinaan Bulutangkis Pemula Terancam Mandek

Audisi Djarum Dihentikan, Pembinaan Bulutangkis Pemula Terancam Mandek

Program Olahraga Djarum Foundation dengan terpaksa mengehentikan audisi beasiswa bulu tangkis pada 2020.


Soal Penonton, Persebaya Surabaya Jagonya

Soal Penonton, Persebaya Surabaya Jagonya

Kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 telah merampungkan putaran pertama pada pekan ke-17, Minggu (1/9) lalu.


Tak Ada Kejutan di Akhir Bursa Transfer

Tak Ada Kejutan di Akhir Bursa Transfer

Meski sejumlah kepindahan tak terduga terjadi pada detik-detik akhir jelang penutupan bursa transfer, tapi tak ada kejutan yang mencolok..



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!