Sport
Share this on:

Hari Pertama TC, Timnas U-16 Hanya Latihan Ringan

  • Hari Pertama TC, Timnas U-16 Hanya Latihan Ringan
  • Hari Pertama TC, Timnas U-16 Hanya Latihan Ringan

** JAKARTA - ** - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 sudah memulai pemusatan latihan nasional (pelatnas) atau training camp (TC) di lapangan National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, Bojongsari, Jawa Barat, Senin (13/5) kemarin. Dalam latihan di hari pertama tersebut para pemain Garuda Junior -julukan Timnas Indonesia U-16- hanya melakukan latihan ringan. Hal itu diungkapkan langsung kepala pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

"Untuk latihan hari pertama ini, kita lebih untuk beradaptasi training dulu. Lalu para pemain melakukan passing suport saja," ungkap Bima Sakti saat dihubungi Fajar Indonesia Network (FIN), Senin (13/5) kemarin.

Seperti dikatakan Bima Sakti sebelumnya, program latihan tahap pertama di bulan Ramadan ini, tim pelatih memberikan pengarahannya pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Namun, pelatih kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976 itu, mengatakan program latihan yang diberikan kepada para pemain yang berpuasa berbeda dengan yang tidak. Menurutnya, sejauh ini ada tujuh pemain yang tidak menjalankan ibadah puasa.

"Iya, sedikit berbeda porsi latihan yang diberikan kepada pemain yang berpuasa dan tidak. Tapi, hanya tujuh pemain saja yang tidak berpuasa," tegas Bima Sakti.

Lebih lanjut, mantan pelatih Timnas Indonesia senior itu juga mengatakan, 41 pemain yang hampir seluruhnya berasal dari klub-klub yang berlaga di kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 itu sudah hadir dalam latihan perdana tersebut.

"Alhamdulillah, seluruh nama yang dipanggil (41 pemain) sudah hadir untuk menjalani seleksi dan TC hari pertama ini," ungkap Bima Sakti.

Diakui, pelatih bernama lengkap Bima Sakti Tukiman itu, para pemain yang dipanggil begitu antusias untuk menjalani seleksi dan pelatnas kali ini. Hal itu terbukti, lantaran para pemain dikatakannya sudah mulai berdatangan sejak, Minggu (12/3) kemarin.

"Para pemain begitu semangat untuk mengikuti TC kali ini. Bahkan, para pemain juga sudah mulai hadir sejak Minggu, kemarin. Memang hal itu yang kita inginkan," tukas Bima Sakti.

Akan tetapi, Bima Sakti mengaku dalam pelatnas tahap pertama yang rencananya berakhir pada 25 Mei 2019 mendatang itu, dirinya akan menggunakan sistem promosi dan degradasi. Jadi, dari 41 pemain yang sudah dipanggil di tahap ini bisa saja di pulangkan ataupun dipertahankan.

"Seminggu pertama latihan kita akan langsung ada pencoretan. Karena kita memakai sistem promosi dan degradasi. Dengan kata lain, pemain yang kita panggil selama seleksi tahap pertama ini akan ada pengurangan dan bisa jadi ada penambahan pemain dari daftar yang sudah kita terima," terang Bima Sakti.

Untuk diketahui, TC ini digelar sebagai persiapan turnamen Piala AFF U-16. Dalam ajang yang bakal bergulir pada 27 Juli 2019 itu, Indonesia sendiri tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina. Laga perdana skuat Garuda akan berhadapan dengan Vietnam pada tanggal 27 Juli 2019 mendatang.

Selain untuk turnamen Piala AFF U-16 itu, Timnas Indonesia U-16 juga dipersiapkan untuk ajang Kualfikasi Piala AFC U-16 2020. Pada ajang ini, Indonesia sendiri bertindak sebagai tuan rumah.

Namun, dari hasil drawing atau undian pembagian grup yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5) kemarin, Indonesia tergabung dalam G bersama China, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepualauan Mariana Utara. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Indonesia, Tommy Sugiarto tak berdaya saat melawan Kento Momota pada putaran kedua China Open 2019.


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


PRSI Gelar Pemusatan Latihan Hingga ke AS

PRSI Gelar Pemusatan Latihan Hingga ke AS

Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) terus mempersiapkan atlet-atletnya untuk mengikuti SEA Games 2019 Filipina November, mendatang.


Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 bakal menjalani laga kedua babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Rabu (18/9) malam ini.


Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Hasil berbeda diterima dua tunggal putra andalan Indonesia, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie pada babak pertama ajang China Open 2019 di Olympic Sports Cente


kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

Timnas Sepakbola Indonesia U-16 tampil gemilang dalam laga perdana babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Pasangan ganda putri Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta sukses meraih gelar juara pada ajang Vietnam Open 2019.


Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Pelatih kepala skuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku optimis, menatap perhelatan babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup


Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Timnas Indonesia U-16 bersiap mengarungi babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!