Sport
Share this on:

Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia

  • Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia
  • Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia

KUALA LUMPUR - Teka-teki nasib pelatih asal Indonesia Hendrawan terjawab sudah. Federasi Badminton Malaysia (BAM) tetap mempercayai pelatih berusia 46 tahun ini untuk membimbing pemain peringkat 1 nasional Malaysia Lee Zii Jia.

Saat ini, Zii Jia kini berada di peringkat 18 dunia. Dia dipandang sebagai harapan terbaik sektor tunggal putra untuk Olimpiade Tokyo yang akan bergulir tahun depan.

Masa depan Hendrawan awalnya diragukan setelah pensiunnya Datuk Lee Chong Wei bulan lalu. Chong Wei memutuskan pensiun setelah menderita kanker hidung.

Setelah penetapan ini, Hendrawan memiliki kendali penuh karena dia juga akan menangani para pemain senior lainnya seperti Soong Joo Ven, Cheam June Wei dan Lim Chong King.

Joo Ven juga dinilai punya peluang untuk lolos ke Tokyo. Sementara Chong King yang masih berusia 19 tahun, disebut-sebut sebagai pemain yang yang mempunyai bakat besar menyusul penampilan apiknya di semifinal Malaysia International Series dua pekanlalu.

Sementara pelatih Misbun Sidek dan asistennya Indra Wijaya dipercaya untuk membimbing para pemain muda lainnya seperti Leong Jun Hao, Aidil Sholeh Ali Sadikin, Ng Tze Yong dan Tan Jia Wei. Dua pemain tunggal lainnya adalah Lim Chi Wing dan Muhd Ziyad Tah.

PresidenBAM, Datuk Seri Norza Zakaria mengatakan, Hendrawan yang bergabung di BAM pertama kali pada 2009 lalu masih memiliki peran besar di tim nasional. "Hendrawan senang bekerja di Malaysia dan kami ingin dia melanjutkan apa yang telah dia lakukan untuk Chong Wei," kata Norza setelah memimpin rapat dewan BAM di Akademi Badminton Malaysia seperti dilansir Badminton Planet.

Bagi Hendrawan yang kini berusia 46 tahun, mengaku siap mengambil tantangan yang diberikan kepadanya. "Saya punya tugas besar, tetapi saya harus menerima tantangan dan mencoba untuk membayar tanggung jawab BAM pada saya," kata mantan juara dunia 2001 dan peraih medali perak Olimpiade 2000 itu.

"Setelah pengunduran diri Chong Wei, saya pikir saya hanya akan membantu Misbun sampai kontrak saya berakhir tahun depan, saya tidak berharap diberi peran yang begitu penting," ungkap Hendrawan.

Ditanya apakah dia dapat mengubah pemain peringkat 18 dunia itu, Hendrawan menjawab, Zii Jia menjadi penantang medali di Olimpiade Tokyo, namun dia tidak berani memberikan jaminan. Menurut Hendrawan, Zii Jia masih muda dan masih banyak hal yang harus dia buktikan.

"Dia akan meningkat dengan pesat di tahun-tahun mendatang. Kami perlu bekerja pada kekuatan mental, sikap dan tekadnya untuk tugas negara. Ada pekerjaan yang harus dilakukan. Bisakah dia memenangkan medali Olimpiade? Bukan tidak mungkin. Itu semua bermuara pada kesiapan mental ketika datang ke turnamen besar. Tidak ada jaminan namun saya akan mempersiapkannya," tambah Hendrawan. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie gagal melaju kaki ke babak semifinal World Championships 2019.


PON Tetap Jalan Meski Papua Mencekam

PON Tetap Jalan Meski Papua Mencekam

Kerusuhan yang terjadi di berbagai wilayah porvinsi papua dan Papua Barat nampaknya tidak mengganggu persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.


Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua tunggal putri Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung tampil gemilang di laga awal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.


Zarco Buka Peluang ke Moto2

Zarco Buka Peluang ke Moto2

Johann Zarco mengatakan akan tetap berada MotoGP hingga musim depan, meski telah memutuskan kontrak bersama tim Red Bull KTM, awal bulan lalu.


Tetap di Moto2, Alex Marquez Urung Bersaing dengan Marc

Tetap di Moto2, Alex Marquez Urung Bersaing dengan Marc

Sempat digadang-gadang menjadi rival sang kakak, Alex Marquez malah meneken kontrak baru Moto2 bersama Marc VDS hingga tahun 2020.


Kevin/Marcus Tetap Konsisten

Kevin/Marcus Tetap Konsisten

Prestasi gemilang terus ditorehkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon di berbagai ajang belakangan ini.


Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions

Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions

Dua ganda putra Indonesia mendapat nasib berbeda pada babak kedua Thailand Open 2018.


Tiga Tunggal Putra Lolos ke Delapan Besar

Tiga Tunggal Putra Lolos ke Delapan Besar

Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto berhasil lolos ke babak perempatfinal Japan Open 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!